Solo Jadi Tuan Rumah Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Solo Jadi Tuan Rumah Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Para juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship saat berlaga di Stadion Madya di kompleks GBK.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Anda penikmat olahraga atletik? Pekan ini datanglah ke Kota Solo. Sebab Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan babak final kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Energen Champion SAC Indonesia 2023.

Babak final itu digelar dengan nama Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Perhelatan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu dilakukan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, 18-20 Januari 2024.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Kompetisi ini sudah digelar untuk kedua kalinya.

Pada penyelenggaraan edisi perdananya tahun 2023, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers.

Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship mempertemukan para juara di regional qualifiers. Sebagaimana diketahui, Energen Champion SAC Indonesia 2023 digelar di enam qualifiers

Enam qualifiers Energen Champion SAC Indonesia 2023 adalah Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali-Nusra Qualifiers, Jakarta-Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers, dan East Java Qualifiers. 

Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan iternational training camp di Tiongkok. 

BACA JUGA:Pecah Rekor dan Back to Back Champion di Energen Champion SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers

Cara Nonton Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship dibuka untuk umum. Peserta bisa datang menonton di stadion legendaris, Stadion Sriwedari, Kamis-Sabtu, 18-20 Januari 2024.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak dari rangkaian regional qualifiers. 

Bagi Anda yang ingin menonton keseruan Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Anda bisa langsung hadir di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Yang bertempat di Jalan Bhayangkara No. 5, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. 

Harga tiket Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship sebesar Rp 10.000.

Tiket hanya dijual secara on the spot di bagian ticket box. Nantinya, sebelum menempati tribun penonton, akan ada petugas yang memeriksa tiket Anda. Termasuk memeriksa barang bawaan saat menonton Energen Champion SAC Indonesia 2023. 

Penonton Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship dilarang membawa barang-barang berbahaya. Termasuk benda tajam, alkohol, alat-alat yang dapat memancing provokasi. Nantinya, barang-barang tersebut dapat disita oleh petugas.

Jadwal dan Agenda Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tidak hanya menjadi babak puncak bagi juara regional qualifiers tingkat SMA/Sederajat. Panitia juga menggelar event pendukung lainnya di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Berikut sejumlah event yang digelar di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship:

1. Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

National Championship adalah impian bagi semua peserta Energen Champion SAC Indonesia. Ini merupakan babak lanjutan khusus bagi pelajar SMA/SMK setelah mereka meraih juara di babak regional qualifiers.

Karena, enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023 telah tuntas, maka National Championship juga akan segera dilaksanakan.

Final National Championship akan melombakan total 288 juara regional qualifiers di masing-masing nomor lomba. Mulai dari middle distance, sprint, relays, longjump, dan shot put.

Nantinya mereka akan memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC."

2. Pertamina Junior Challenge

Salah satu event yang akan digelar di National Championship adalah Pertamina Junior Challenge. Yakni kompetisi atletik pelajar bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Solo Raya.

Nantinya, para calon peserta dapat mengikuti beberapa perlombaan. Di antaranya kompetisi sprint 60 meter, relays 8x50 meter, Kanga's Escape dan Formula One untuk pelajar SD.

Digelar juga kompetisi sprint 80 meter, relays 5x80 meter dan middle distance 800 meter. 

3. Closing Ceremony

National Championship juga akan mengadakan closing ceremony. Sebagai tanda bahwa Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas.

Closing ceremony ini akan bersamaan dengan penganugerahan para juara National Championship. 

4. Colloring Challenge

Hadir di enam regional qualifiers, Colloring Challenge juga akan melengkapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Lomba mewarnai ini dapat diikuti oleh pelajar yang duduk di bangku TK/Sederajat di Surakarta. 

Itulah empat supporting event yang juga bakal hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: