Deiya Kurnia Juara Sekaligus Pecah Rekor di Lompat Jauh Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Deiya Kurnia Juara Sekaligus Pecah Rekor di Lompat Jauh Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Deiya Kurnia happy setelah menyelesaikan lomba di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Jumat 19 Januari 2023.--

SOLO, DISWAY.ID - Deiya Kurnia menang besar di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Tak hanya menyandang gelar ratu lompat jauh. Siswi SPMA H Moenadi Ungaran ini juga berhasil memecahkan rekor terbaru di gelaran SAC Indonesia.

Deiya berhasil memuncaki podium lompat jauh dengan lompatan sejauh 5,02 meter. Wakil Central Java Qualifiers juga mencetak sejarah baru pada 19 Januari 2024. Stadion Sriwedari, Solo, jadi saksi rekor lompat jauh putri terjauh sepanjang penyelenggaraan SAC Indonesia.

Capaian Deiya ini berhasil menjadi kejutan. Pasalnya di babak penyisihan, namanya tidak memuncaki hasil. Ia konsisten mencapai jarak 4,5 meter dalam tiga kesempatan.

Hal ini berbeda dengan pemecah rekor sebelumnya, Aufar Fadilah Dwi Caksono, yang langsung mencetak lompatan sejauh 5 meter di percobaan pertama babak penyisihan.

“Ada rekor baru, Kak. Dari Central Java (Deiya Kurniya). Lompatannya selisih nol koma dua sama aku, keren,” kata Aufar sesuai berkompetisi. Meski tak berhasil mengalahkan Deiya, Aufar tetap menjadi Sejarah membanggakan dari SAC Indonesia.

Posisi kedua podium lompat jauh ditempati sang pemegang rekor terdahulu yaitu Aufar Fadilah Dwi Caksono dari East Java Qualifiers. Siswi SMAN 2 Madiun ini mencatatkan lompatan sejauh 5,00 meter.

Posisi ketiga diamankan oleh Eka Triamitha dari Central Java Qualifiers. Siswi SMAN 1 Pati ini berhasil mencatatkan lompatan sejauh 4,90 meter.

BACA JUGA:Apresiasi Kompetisi Atletik SAC Indonesia, Kemenpora: Selaras dengan DBON 2021-2045

Meskipun gagal menyalip Deiya, Aufar juga masuk dalam sejarah Energen Champion SAC Indonesia. Berkatnya ada begitu banyak peserta yang semakin giat untuk berlatih dan belajar.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak final dari rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023.

Sejumlah 288 juara regional qualifiers berkompetisi di National Championship untuk memperebutkan gelar Champion SAC. Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan apresiasi untuk mendapatkan international training camp.

BACA JUGA:Setelah MotoGP, Basket dan Voli, Pertamina Dukung Cabor Atletik Lewat SAC Indonesia 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia diikuti 31.215 pelajar lebih dari 2.135 sekolah di sembilan regional qualifiers di musim perdana.

Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.(Kezia Kevina Harmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: