Sengit! Kesia Sihotang Sabet Juara Nomor 800 Meter Putri Energen SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Sengit! Kesia Sihotang Sabet Juara Nomor 800 Meter Putri Energen SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Kesia (depan) saat leading dalam babak final 800 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023, Minggu, 3 September 2023.--

Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers menjadi ajang unjuk kemampuan para student athlete di bidang atletik. Di nomor lari 800 meter putri untuk tingkat SMP yang berlangsung Minggu, 3 September 2023 di Stadion Unimed, Medan misalnya, lombanya berlangsung sengit. Kesia Sihotang dari SMPN Pegagan Hilir, Dairi menjadi pemenangnya.

Kesia berhasil menempati posisi teratas podium lari jarak menengah dengan catatan waktu 2 menit 41,75 detik. Kesia memang tidak menjadi lead di putaran pertama. Namun, ia berhasil mengejar memimpin di tikungan terakhir.

Kesia yang terbiasa lari jarak jauh merasa bahagia bisa menyabet gelar juara. "Nggak menyangka bisa juara. Karena biasanya saya lari 5k dan 10k. Tentunya senang dan bisa menjadi kebanggaan," ungkap Kesia.

Posisi kedua dan posisi ketiga podium lari jarak menengah putri bersaing sengit dengan selisih waktu yang sempit. Nur Hayati Laoli dari SMPN 3 Angkola Selatan  berada di posisi kedua dengan catatan waktu 2 menit 42,22 detik.

BACA JUGA:Ini 48 Pelajar Terbaik dari Sumatera Qualifiers yang Siap Bersaing di Energen Champion SAC Indonesia National Championship

Posisi ketiga ditempati oleh Nadhirah Keisyarah BR Regar dari MTSN Karo. Nadhirah adalah juara kedua dari North Sumatera Qualifiers 2022. Pada musim kali ini, ia mencatatkan waktu 2 menit 42,97 detik.

Selain Nadhirah, terdapat alumni North Sumatera Qualifiers 2022 lain yang turut berkompetisi di musim kali ini. Ia adalah Yaumil Fauziyah asal MTSN 3 Padang Sidimpuan. Yaumil mencatatkan waktu 2 menit 48,35 detik. Perolehan ini masih belum dapat mengalahkan catatan waktunya di musim lalu yaitu 2 menit 42,71 detik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers berlangsung pada 1-3 September 2023. Kompetisi ini diikuti oleh 6.023 pelajar dari 350 sekolah di seluruh Sumatra. Tidak hanya dari Sumatra Utara, peserta juga berasal dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Lampung.

BACA JUGA:Sara Kaize Juarai Tolak Peluru Putri Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers menjadi satu dari rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pula di West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Hebat! SMP Santa Maria Penen Deli Serdang Juga Dominasi Tolak Peluru di Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship. Juara dari babak National Championship dapat mengikuti training camp ke luar negeri.(Kezia Kevina Harmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: