KUR Bank Mandiri 2023: 5 Jenis Pinjaman yang Harus Disesuaikan dengan Usaha Kamu!

KUR Bank Mandiri 2023: 5 Jenis Pinjaman yang Harus Disesuaikan dengan Usaha Kamu!

Cara Pinjam KUR Mandiri 2023 Sesuai Usaha yang Dimiliki-wirestock-Freepik

2. KUR Mikro adalah jenis KUR yang menawarkan kredit pinjaman dalam kisaran antara Rp. 10 Juta hingga Rp. 100 Juta dengan jangka waktu pinjaman antara 3 tahun (untuk KMK) dan 5 tahun (untuk KI).

Suku bunga KUR Mikro berkisar antara 6% hingga 9% efektif per tahun, tergantung pada jumlah penerimaan KUR sebelumnya. Dalam fasilitas ini, tidak ada agunan tambahan yang diperlukan. KUR Mikro dirancang untuk memberikan akses keuangan yang lebih besar bagi mereka yang ingin mengembangkan usaha kecil mereka dan meningkatkan pendapatan mereka.

3. KUR Kecil adalah jenis KUR yang menawarkan pinjaman dalam kisaran antara Rp. 100 Juta hingga Rp. 500 Juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 tahun (untuk KMK) atau 5 tahun (untuk KI).

Suku bunga KUR Kecil juga berkisar antara 6% hingga 9% efektif per tahun, tergantung pada jumlah penerimaan KUR sebelumnya. Namun, untuk mengajukan KUR Kecil, debitur harus menyediakan agunan tambahan berupa tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor. Selain itu, debitur juga harus memiliki usaha yang beroperasi selama minimal 6 bulan sebagai persyaratan. KUR Kecil memberikan peluang besar bagi usaha yang ingin meningkatkan skala dan mengembangkan potensi mereka.

BACA JUGA:Simulasi Angsuran KUR Mandiri 2023 Rp 100 Juta, Siapkan KTP dan NPWP

4. KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (d.h KUR TKI) atau KUR PMI adalah jenis KUR lainnya yang memiliki batas kredit maksimal Rp. 100 Juta dengan jangka waktu dan suku bunga tetap.

Peminjam dapat memilih antara jangka waktu 4 tahun (untuk KMK) atau 5 tahun (untuk KI), dengan suku bunga yang tetap sebesar 6% efektif per tahun.

KUR ini tidak memerlukan agunan pokok maupun tambahan. KUR PMI atau KUR TKI dapat menjadi pilihan yang sangat menarik bagi pekerja migran Indonesia yang ingin memanfaatkan dana pinjaman untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka di tanah air.

5. Terakhir, ada KUR Khusus yang memberikan batas kredit hingga Rp. 500 Juta tanpa jangka waktu tertentu dengan suku bunga 6% efektif per tahun.

BACA JUGA:Syarat Pengajuan KUR Mandiri Terbaru 2023 Bunga 6 Persen, Lengkap dengan Tabel Angsurannya

Dalam fasilitas ini, agunan pokok yang disyaratkan adalah usaha atau objek yang akan dibiayai, dan agunan tambahan dapat berupa tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor.

Selain itu, debitur harus memiliki usaha yang telah beroperasi selama minimal 6 bulan sebagai syarat pengajuan KUR Khusus. Fasilitas ini merupakan alternatif yang sangat menarik bagi usaha yang berpotensi besar dan ingin meningkatkan sumber daya mereka tanpa batasan plafon per debitur.

Itulah beberapa jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat membantu masyarakat mendapatkan akses keuangan yang lebih mudah dan terjangkau untuk mengembangkan usaha mereka.

KUR BANK MANDIRI ITU APA?


Ajukan Pinjaman Uang ke Bank Mandiri Tanpa Agunan---Bank Mandiri (website)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: