Mantap! Kawah Ijen Dinobatkan Jadi Unesco Global Geopark

Mantap! Kawah Ijen Dinobatkan Jadi Unesco Global Geopark

Mantap! Kawah Ijen Dinobatkan Jadi Unesco Global Geopark-X/@rphnabeel1-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Lewat Konferensi Internasional di Marrakech, Maroko, Kawasan Ijen di Jawa Timur (Jatim) resmi dikukuhkan sebagai Unesco Global Geopark pada Sabtu 9 September 2023.

Pengukuhan dilakukan dengan penyerahan sertifikat Geopark Ijen sebagai "Global Geopark Network Institutional Member" periode 2023-2026, kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiono, beserta sejumlah pejabat lainnya.

BACA JUGA:Pemuda yang Hilang di Kawah Ijen Ditemukan Hidup di Lubang Sedalam 8 Meter

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan menjaga kelestarian alam di Ijen. Capaian itu buah kerja keras mereka semua," kata Khofifah melalui keterangan tertulisnya, Senin 11 September 2023.

Menurut Khofifah, dengan dikukuhkan kawasan Ijen sebagai Unesco Global Geopark akan semakin membawa kekayaan alam Jatim mendunia.

"Kami optimistis dengan pengukuhan itu wisatawan dari berbagai penjuru dunia akan berbondong-bondong datang ke Ijen," ungkapnya.

BACA JUGA:Test Ride TVS Ronin: Buktikan Kenyamanan dan Ketangguhan di Jalur Banyuwangi- Bali

Khofifah juga mengungkapkan, bagi Jatim, Ijen unesco Global Geopark tidak hanya sekadar tempat wisata, melainkan sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.

"Terletak di dua wilayah kabupaten di Jatim, yakni Banyuwangi dan Bondowoso, Ijen Unesco Global Geopark memiliki nilai internasional yang luar biasa berupa keberadaan Bluefire dan Danau Terasam di dunia," jelasnya.

Didukung potensi keindahan sisa letusan Geologi, keberadaan flora fauna endemik dan budaya lokal, Ijen Unesco Global Geopark selalu menyerap banyak wisatawan setiap tahun.

BACA JUGA:Ini Daftar Destinasi Wisata Banyuwangi Paling Hits, Cocok Buat Liburan Bareng Keluarga dan Teman

Khofifah menegaskan, meski memiliki banyak keunggulan, tidak mudah untuk bisa meloloskan Ijen sebagai Unesco Global Geopark karena ada sejumlah kriteria ketat yang harus dipenuhi dalam nilai budaya dan pengelolaannya.

"Boleh dibilang penetapan Ijen Unesco Global Geopark menempuh perjuangan panjang. Proses pengajuannya kita mulai sejak penyampaian Letter of Intent ke sekretariat Unesco Global Geopark melalui keputusan Komite Nasional Geopark Indonesia pada 30 Juli 2020," tegasnya.

Khofifah juga telah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 188/144/KPTS/013/2023 tentang Pengelola Geopark Ijen periode tahun 2023-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: