Komnas HAM Temukan Selongsong Gas Air Mata di Atap hingga Halaman Sekolah SD Pulau Rempang

Komnas HAM Temukan Selongsong Gas Air Mata di Atap hingga Halaman Sekolah SD Pulau Rempang

Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah melakukan peninjauan lapangan terkait peristiwa kericuhan Pulau Rempang, Kepulauan Riau (Kepri).-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisioner Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemukan sejumlah barang bukti di Pulau Rempang, salah satunya selongsong gas air mata di beberapa lokasi.

Meski demikian, temuan ini masih didalami oleh Komnas HAM.

"Ada bukti video dari masyarakat yang kami masih dalami Kemudian itu juga ada bukti-bukti video yang diberikan oleh masyarakat yang masih kami dalami, perlu klarifikasi, dan selongsong gas air mata. Ini masih kami dalami juga. Karena masih membutuhkan klarifikasi dari berbagai pihak. Jadi itu barang bukti yang kami temukan di Pulau Rempang pasca peristiwa 7 September 2023," kata Koordinator Subkomisi Penegakan HAM Komnas HAM Uli Parulian Sihombing di kantornya, Jumat, 22 September 2023.

BACA JUGA:Bentrok di Pulau Rempang, Komnas HAM Jadwalkan Pertemuan Bahlil-Kapolri Pekan Depan

Sementara itu, Komisioner Mediasi Komnas HAM Prabianto Mukti Wibowo membeberkan lokasi penemuan selongsong gas air mata itu.

Ia mengatakan sejumlah selongsong itu ditemukan di atap dan halaman sekolah.

"Jadi kalau kita lihat ada di sekolah dasar, ada yang di atap dan ada yang di halaman. Tetapi tadi juga ada yang menyatakan barangkali perlu pendalaman apakah memang sengaja dipasang," ungkapnya.

Prabianto mengatakan berdasarkan keterangan dari aparat, menduga tak ada kesengajaan dalam menembakkan gas air mata.

Meski demikian, ia mengatakan temuan tersebut masih didalami dengan melakukan permintaan keterangan terhadap kepolisian dan para saksi. 

BACA JUGA:Komunikasi Rempang

"Sementara dugaan kami tidak ada kesengajaan untuk menembakkan ke sekolah karena kami tanyakan memang tidak ada aparat yang masuk ke halaman sekolah. Ini dugaan-dugaan tadi memang perlu didalami," ujar dia.

Sebelumnya, Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba membantah temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait adanya selongsong gas air mata di atap SDN 24 Galang di Pulau Rempang,, Kepulauan Riau, pasca bentrokkan pada 7 September 2023.

"Nggak ada (selongsong gas air mata), enggak mungkin. Orang udah tahu sekolah, emang gimana sih polisinya? Emang polisi enggak sekolah apa?" ucap Tigor kepada wartawan, Selasa, 19 September 2023. 

Tigor memastikan tidak ada selongsong gas air mata yang ditemukan di atap SDN 24 Galang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: