Ganja Baik untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Yakin? Penelitian Terbaru Ungkap Fakta Sebaliknya..

Ganja Baik untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Yakin? Penelitian Terbaru Ungkap Fakta Sebaliknya..

Ganja Baik untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Yakin? Penelitian Terbaru Ungkap Fakta Sebaliknya..---Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Penelitian terbaru menunjukkan ada hubungan antara penggunaan ganja dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Addiction, pengunaan ganja yang bermasalah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Para peneliti menggunakan lima database kesehatan Kanada untuk melihat apakah penggunaan ganja berdampak pada kesehatan jantung.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Menekan Pikiran Negatif Dapat Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Mereka juga mempertimbangkan dampak buruk seperti serangan jantung, stroke, gangguan irama jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian penyakit kardiovaskular lebih tinggi pada kelompok orang dengan gangguan penggunaan ganja dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan ganja secara bermasalah dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Namun, penulis studi Dr. Anees Bahji menyebutkan bahwa penelitian ini tidak dapat memastikan apakah gangguan penggunaan ganja secara langsung menyebabkan penyakit kardiovaskular yang merugikan.

BACA JUGA:Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata Secara Alami Lho!

Meski demikian, risiko penyakit kardiovaskular pada orang Kanada dengan gangguan penggunaan ganja tampaknya jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengalami gangguan tersebut.

Studi ini melibatkan hampir 60.000 peserta dari berbagai database, dengan setengah dari mereka memiliki diagnosis gangguan penggunaan ganja dan setengahnya lagi tidak.

Peserta dalam dua kelompok tersebut dipasangkan berdasarkan jenis kelamin, tahun kelahiran, dan waktu kunjungan ke layanan kesehatan.

Namun, peserta yang pernah mengalami penyakit jantung sebelumnya telah dikecualikan dari penelitian ini.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Semprotan Magnesium Oil Mengandung Banyak Manfaat Kesehatan, Ini Buktinya

Hasil penelitian ini penting dalam memahami dampak penggunaan ganja terhadap kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: