Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut 7 Fakta Menarik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut 7 Fakta Menarik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko Widododijadwalkan bakal meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hari ini, Senin 2 Oktober 2023-Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan bakal meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung () alias Whoosh pada Senin, 2 Oktober 2023. 

Kabar peresmian Kereta Cepat WHOOSH ini sebelumnya disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Presiden besok itu akan meresmikan kereta cepat, tapi saya kira belum akan bayar karena butuh beberapa waktu," kata Luhut usai menghadiri acara di iDEAFest 2023 di JCC, Minggu 1 Oktober 2023.

BACA JUGA:Klasemen Sementara Perolehan Medali Asian Games 2 Oktober 2023: Indonesia Kembali Masuk 10 Besar, Malaysia Terlempar ke Posisi 14

Izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung diterbitkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Berikut Fakta-fakta Menarik yang Terdapat pada Kereta Cepat Jakarta - Bandung:

1. Tarif Kereta Cepat

Harga tiket kereta cepat Whoosh dalam sekali perjalanan yakni sekitar Rp250.000 untuk kelas termurah (ekonomi premium) sampai yang termahal adalah Rp350.000 (kelas utama).

2. Stasiun

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi melewati empat stasiun yakni Stasiun Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilengkapi dengan fasilitas keamanan seperti pemeriksaan menggunaakan sinar X dengan petugas yang kompeten. 

BACA JUGA:Setara Mati

3. Akses ke Stasiun

KCIC telah berkolaborasi dengan berbagai operator transportasi baik taksi, angkutan online, travel, bus, dan lainnya untuk mengkoneksikan KCJB dengan wilayah lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: