Tembus Balaraja, Proyek MRT Fase 3 Mulai Digarap Agustus 2024

Tembus Balaraja, Proyek MRT Fase 3 Mulai Digarap Agustus 2024

Sistem Kereta MRT yang telah beroperasi di Jakarta. Sistem serupa tengah direncanakan dibangun di kawasan metropolitan Surabaya-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - MRT bakal melanjutkan proyek lain yang juga tidak kalah penting yakni menghubungkan Balaraja hingga Cikarang, atau yang dinamakan proyek East-West.

Adapun MRT fase III koridor East-West akan menghubungkan Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten. 

Pembangunan MRT Fase III ini akan dimulai pada 2024 dan dibagi menjadi 2 fase, yakni Fase 1 (Kembangan - Medan Satria) dan Fase 2 (Kembangan - Balaraja dan Medan Satria - Cikarang) sepanjang 87 KM.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan, bahwa pembangunan MRT Fase III tidak langsung dilakukan dari Cikarang-Balaraja. Pembangunan awal dimulai dari Medan Satria-Tomang.

"Stage pertama dari Medan satria sampai Tomang 24 kilometer. (Itu) groundbreaking diperkirakan Agustus 2024. Sampai fase berikutnya kita kejar terus," kata Tuhiyat, saat peluncuran kampanye Green Economy & Green Environment.

BACA JUGA:Proyek MRT Dilanjut sampai Belaraja Tangerang, Ini 14 Stasiun yang Bakal Dibangun

Tuhiyat menambahkan, bahwa dalam proyek MRT Fase 3 akan dibagi dalam dua tahap. Fase pertama adalah Kembangan-Medan Satria dan Fase kedua adalah Kembangan-Balaraja serta Medan Satria-Cikarang.

Pembangunan awal dimulai dari Fase 1 Tahap 1 yakni dari Tomang-Medan Satria panjang 84,1 Km, mulai dari Cikarang, Jawa Barat, sampai Balaraja, Banten. Sebanyak 33,7 kilometer diantaranya pun melewati wilayah DKI Jakarta.

Selain itu dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, Tuhiyat juga menjelaskan bahwa MRT Jakarta bekerja sama dengan sejumlah operator transportasi lain seperti bus rapid transit (BRT) TransJakarta.

"Ini untuk meningkatkan ridership kita dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam rangka mengurangi polusi," ujarnya.

"Pembangunan infrastruktur MRT Fase II dari Bundaran HI hingga Jakarta Kota sudah mencapai 65%," sambungnya. 

BACA JUGA:Intip Rute Terbaru MRT Balaraja-Cikarang yang Akan Membelah Tangerang Raya

"Terowongan juga sudah tersambung dari Harmoni ke arah Kota," lanjutnya.

Sementara itu, untuk stage kedua dari tahap kedua ini akan dibangun jaringan MRT Jakarta menghubungkan kawasan Kembangan hingga ke Tomang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: