Tugas Kader HMI dan PMII dalam Pilpres 2024

Tugas Kader HMI dan PMII dalam Pilpres 2024

Dr. H.C. Ubaydillah Anwar--

Sinergi adalah sunnatullah yang harus dipatuhi manusia ketika ingin mencapai tujuan-tujuan penting atau besar. Tidak mungkin seseorang dapat melakukannya sendiri dan tidak mungkin juga dilakukan dengan orang yang sama. Inilah pembelajaran sosial yang sangat penting bagi para pemuda yang menjadi kader PMII dan HMI hari ini.

Sinergi adalah kerja sama di antara kekuatan yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama. “Dan  Tolong- menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran,” (QS. Al-Maidah: 2).

Soal model sinerginya harus ber-kooperasi (masing-masing independen namun saling membantu) maupun berkolaborasi (melebur menjadi cair), itu tergantung pilihan dan keadaan. Yang terlarang dalam sinergi adalah praktik aneksasi (saling mencaplok) dan saling mendzolimi. 

Intinya, para pemuda Indonesia memiliki alasan yang sangat kuat untuk memenangkan pasangan AMIN karena kepentingan masa depan pemuda untuk next-Indonesia. Lebih-lebih bagi para kader HMI dan PMII. (*)

*) Penulis adalah Direktur Sekolah Pendidikan Politik Bina Insan Mulia dan seorang Heart Intelligence & Soft skills Specialist.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: