Catat! Pemprov DKI Jakarta Hapus Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Catat! Pemprov DKI Jakarta Hapus Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Pemutihan pajak kendaraan bermotor.-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kabar gembira untuk para pengguna kendaraan bermotor di Ibukota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan keringanan untuk pemilik kendaraan yang ingin membayarkan pajak

Bukan hanya itu, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kedua dan seterusnya juga berlaku nol rupiah alias gratis. Program ini diadakan hingga akhir tahun 2023.

BACA JUGA:Kolaborasi Visa dan Online Pajak Hadirkan Solusi Pembayaran Pajak dan Tagihan

Hal tersebut tertulis dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 29 Tahun 2023 tentang Insentif Pajak Daerah Berupa Pengenaan Sebesar 0 persen untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya yang baru saja diterbitkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menertibkan data kepemilikan kendaraan bermotor dan mendorong wajib pajak untuk mendaftarkan penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya.

Dalam aturan tersebut, Gubernur DKI Jakarta memberikan insentif pajak daerah berupa pengenaan BBNKB untuk Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan Seterusnya sebesar nol persen dari dasar pengenaan BBNKB. 

BACA JUGA:Mudahnya Cara Bayar Pajak STNK Online Melalui Aplikasi Signal

Kebijakan diberikan secara otomatis tanpa perlu mengajukan permohonan kepada wajib pajak melalui penyesuaian sistem informasi pajak daerah.

Insentif ini berlaku hingga akhir tahun 2023. Jadi, jika pemilik kendaraan ingin melakukan perubahan kepemilikan kendaraan bermotor tanpa beban biaya yang signifikan, bisa langsung manfaatkan program pemutihan ini.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan mendorong kepatuhan pajak. Dengan insentif 0 persen ini,” tulis Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta.

BACA JUGA:Kabar Baik! Mulai Tahun Depan Pengisian SPT Pajak Dibuat Otomatis, Gak Ribet Lagi!

“Kami harap dapat membantu Anda menghemat tetapi tetap mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Jangan sia-siakan kesempatan ini! Manfaatkan insentif pajak daerah yang ini sebelum akhir tahun 2023," tambahnya.

Selain pembebasan BBNKB penyerahan kedua dan seterusnya, Pemprov DKI Jakarta juga masih memberlakukan pemutihan denda pajak kendaraan dan bea balik nama kendaraan bermotor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: