Liga 1 Siap Gunakan VAR Mulai Februari 2024, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Liga 1 Siap Gunakan VAR Mulai Februari 2024, Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Cara Canggih Penggunaan Teknologi VAR untuk Kemajuan Sepak Bola Indonesia-@fcbhub_-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Resmi! PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyetujui bahwa Liga 1 musim depan akan mulai menggunakan teknologi video assistant referee (VAR).

Rencananya teknologi VAR baru akan digunakan oleh penyelenggara Liga 1 musim 2023/2024 mulai Februari 2024 mendatang. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Dirut PT LIB Ferry Paulus mengonfirmasi penggunaan teknologi VAR itu ketika menghadiri launching Liga 1 2023/2024 pada Kamis, 15 Juni 2023.

BACA JUGA:Erick Thohir Siapkan PSSI untuk Penggunaan Sistem VAR

Lantas bagaimana sih cara kerja penggunaan VAR?

Dengan kemajuan teknologi, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) ingin menerapkan sistem yang dapat menjadi cadangan bagi wasit jika mereka melakukan kesalahan.

Jadi apabila wasit membuat keputusan yang benar sekitar 95 persen dari keseluruhan waktu, diperlukan sistem yang dapat memperhitungkan dan memperbaiki 5 persen sisanya keputusan yang salah yang dapat langsung dilihat oleh penggemar dengan tayangan ulang instan.

Sebagai bagian dari inisiatif Wasit 2.0, Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) menerapkan VAR untuk uji coba tiruan selama kampanye Eredivisie 2012-13.

BACA JUGA:Canggih! Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Bakal Pakai VAR dan Goal Line Technology, VIP Production Emtek: Terobosan Baru

Kemudian, pada tahun 2014, KNVB mulai mengajukan petisi kepada IFAB agar sistem tersebut digunakan di liga dan kompetisi lain, dan pada tahun 2016 IFAB menyetujui penerapan VAR secara penuh.

Uji coba langsung pertama untuk VAR terjadi pada pertandingan persahabatan Juli 2016 antara PSV dan FC Eindhoven.

Uji coba langsung kedua untuk VAR dilakukan sebulan kemudian pada pertandingan Agustus 2016 antara tim USL New York Red Bulls II dan Orlando City B.

VAR digunakan dua kali dalam pertandingan tersebut.

BACA JUGA:Siap-siap! Chery Bakal Luncurkan Varian Baru OMODA 5, Punya Tampilan dan Teknologi Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: