Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB Butuh Dana Rp 1,6 Miliar untuk Gaza

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB Butuh Dana Rp 1,6 Miliar untuk Gaza

Badan bantuan PBB membutuhkan dana sekitar Rp 1,6 Miliar untuk pengungsi Palestina korban perang di Gaza-Instagram-

GAZA, DISWAY.ID- Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menyatakan tengah mencari dana $104 juta atau setara sekitar Rp 1,6 miliar. 

Kebutuhan tersebut berupa makanan, non-makanan, kesehatan, tempat tinggal, dan perlindungan, seperti dikutip dari Kantor Berita WAFA, Kamis 12 Oktober 2023. 

Dana itu dibutuhkan merespons tugas kemanusiaan multi-sektoral untuk 90 hari ke depan. 

BACA JUGA:7 Masjid Hancur Akibat Serangan Udara Israel di Jalur Gaza

Dana ini untuk menutupi kebutuhan mendesak hingga 250.000 orang yang berlindung di tempat penampungan UNRWA di seluruh Gaza. 

Dana itu juga digunakan untuk 250.000 pengungsi Palestina lainnya di komunitas tersebut.

Pertimbangan akan diberikan bagi kebutuhan kelompok rentan, termasuk perempuan, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lansia.

BACA JUGA:Lebih dari 1.000 Warga Palestina Jadi Korban Serangan Udara Militer Israel di Gaza

“Apa yang terjadi saat ini merupakan tragedi kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Apa pun kondisinya, peraturan berlaku pada saat konflik dan hal ini tidak terkecuali,” kata Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini dalam keterangan tertulis. 

"Bantuan kepada warga sipil yang tidak punya tempat untuk melarikan diri harus segera diberikan: air, makanan, obat-obatan. Sangatlah mendesak untuk menegakkan akses terhadap bantuan dan perlindungan kemanusiaan bagi semua warga sipil,” katanya.

UNRWA tengah mengalami krisis keuangan, dengan pendanaan saat ini hanya cukup melanjutkan layanan regulernya hingga akhir Oktober.

BACA JUGA:Perang Pejuang Palestina-Israel di Gaza Bergejolak, Tiongkok Buka Suara!

Ini termasuk pendidikan, layanan kesehatan, dan perlindungan sosial. 

“Agar upaya penyelamatan jiwa kami di Gaza dan di seluruh kawasan terus berlangsung dan tetap menjadi penolong bagi jutaan pengungsi Palestina di seluruh kawasan, saya mengimbau para donor dan mitra UNRWA untuk meningkatkan dukungan keuangan mereka,” kata Komisaris Jenderal Lazzarini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: