Hepatitis Habis

Hepatitis Habis

Baraclude--

Saya sudah satu minggu di Tiongkok. Baru sekarang bisa menulis perjalanan ini.

Hari-hari kemarin penuh gempita dengan gegapnya: soal calon presiden dan wakilnya. Begitu tersiksa mereka yang tidak suka berita politik itu-itu saja.

Saya harus ke Tianjin gara-gara ini: kehabisan Baraclude.

Dulu pernah ada dijual di Surabaya. Atau di Jakarta. Kini tidak ada lagi. Semua apotek besar sudah dihubungi Kang Sahidin: ''Tidak punya Baraclude''. Pun di Jakarta.

Obat ini mahal: satu bulan habis Rp 5 juta. Pembelinya sedikit. Hanya orang seperti saya. Untuk apa apotek punya stok Baraclude. Jarang lakunya.

Yang sedikit orang itu pun selalu punya stok sendiri di rumah. Seperti saya. Setiap enam bulan harus kontrol ke rumah sakit 天津第一中心医院 Tianjin. Tentu sekalian beli Baraclude. Dan obat lainnya. Untuk stok enam bulan ke depan.

Enam bulan lalu saya ke Tianjin. Lewat Beijing. Kali ini lewat Hong Kong.

Persediaan Baraclude terakhir saya minum di Hongkong. Habis. Toh sorenya sudah tiba di Tianjin. Bisa langsung beli untuk minum hari berikutnya.

Baraclude harus diminum setiap hari. Pada jam yang sama. Agar efektif. Itu untuk mencegah virus hepatitis B beranak-pinak. Agar tidak jadi hepatitis kronis: hati kena sirosis. Atau jadi kanker hati. Seperti yang menimpa saya dulu.

Meski hati saya ''baru'', virus hepatitis sudah ikut beredar di darah. Lalu masuk ke hati yang baru. Kalau dibiarkan bisa berkembang lagi. Jadi kronis. Maka saya harus mencegahnya: jangan berkembang lagi.

Setelah 10 tahun minum Baraclude, saya pernah ngotot ke dokter di Tianjin: bolehkah berhenti.

Pikiran saya: dalam 10 tahun seharusnya hati milik orang lain yang ada di tubuh saya sudah menyatu. Dokter ahli saya di Indonesia juga membolehkan dihentikan. Terutama setelah melihat hasil tes darah saya yang bagus.

Apa jawaban dokter di Tianjin?

''Tidak boleh berhenti,'' kata dokter itu. Tegas. Pasti. Tidak bisa ditawar.

''Takut apa?'' tanyanya.

Saya gelagapan menjawabnya. Harus cari alasan yang tepat. Tidak baik untuk mengatakan ''atas saran dokter saya di Indonesia''. Juga tidak masuk akal kalau saya beralasan ''Rp 5 juta sebulan''.

Saya temukan jawaban itu: ''Saya takut efek sampingnya,'' jawab saya sekenanya.

''Ini Baraclude dosis yang paling kecil. Hanya 0,5 mg. Tidak pantas ditakutkan,'' katanya.

Sejak itu saya meneguhkan tekad: tidak akan mengajukan usul seperti itu lagi. Tidak akan berhenti minum obat itu. Seumur hidup. Pun, setelah saya hitung: selama 17 tahun terakhir Baraclude yang saya minum sudah senilai sekitar Rp 1,2 miliar.

Dan itu masih belum obat yang termahal. Masih ada satu obat lagi yang harus saya minum seumur hidup: Immunosuppression. Untuk menurunkan imunitas. Agar hati orang lain itu tidak ditolak oleh badan saya.

Beda dengan Anda: imun saya tidak boleh tinggi. Pun masa Covid-19.

Penyakit hepatitis B memang tidak bisa disembuhkan. Belum ada obatnya. Yang bisa: dikendalikan. Lewat obat seperti Baraclude.

Baraclude adalah merek obat. Ditemukan tahun 1992. Isinya: Entecavir. Paten Baraclude dipegang oleh Bristol-Myers Squibb, perusahaan Amerika Serikat. Berpusat di New Jersey. Hak paten itu sudah berakhir tahun 2015 lalu. Beberapa perusahaan kini sudah memproduksi sejenis Baraclude.

Di Indonesia jumlah penyandang hepatitis B kini sekitar 15 juta orang. Angka itu sudah menurun drastis sejak Orde Baru: sejak ada gerakan imunisasi bayi. Belum ada imunisasi di masa kecil saya. Apalagi di desa.

Cara lain untuk mencegah meluasnya hepatitis adalah: Anda  yang mau menikah harus berani mengajak pasangan untuk sama-sama tes hepatitis B. Itu kalau pasangan tersebut belum telanjur melakukan ''itu'' menjelang nikah.

Kalau pasangan ketahuan punya hepatitis maka jangan batal nikah. Yang belum kena hepatitis saja segera imunisasi. Nikahnya ditunda dulu. Menunggu imunisasinya berhasil menumbuhkan kekebalan atas virus hepatitis B.

Penularan terbanyak dari ibu yang menderita hepatitis B. Saat melahirkan. Bisa juga dari air liur yang menempel di piring, sendok, atau gelas. Dipakai bergantian. Tapi juga bisa lewat hubungan badan.

Bagi yang sudah telanjur punya hepatitis B, janganlah membiarkan virus itu membiak. Obatnya memang mahal. Itulah sebabnya, ''ketika itu'', saya minta Kimia Farma cari terobosan. Agar bisa memproduksi sejenis Baraclude. Yang harganya terjangkau.

Kimia Farma berhasil: Entecavir bikinannya diberi merek Heplav –kalau tidak salah. Harganya hanya 10 persen Baraclude.

Kemarin saya ditawari Heplav. Saya tanya istri: disuruh ke Tianjin. Mumpung dia sendiri akan pergi ke Sangatta menengok adiknyi di sana. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 20 Oktober 2023: Istikharah Rupiah

mzarifin umarzain

ISTIKHOOROH MINIMALIS. 05.11. Sholaat Istikhooroh bisa dilakukan tiap hari, tiap saat. Tiap hari, tiap saat kita dihadapkan pd pilihan2. Tiap hari, tiap saat kita butuh pilihan dari Tuhan. Kita berusaha pakai akal kita, yg menentukan hasil nya tentu Tuhan. Sholaat Witir, Tahajjud, Istikhooroh, Chajat, dirangkap, 1 rokaat setelah sholaat 'Isyaa'. Tatkala terbangun saat sholaay Tahajjud, dirangkap lagi dg sholaat Istikhooroh, Chajat, 1 rokaat. Lantas sholaat Witir merangkap niyat sholaat Istikhooroh, sholaat Chajat 1 rokaat. Semoga berbarokah. Kalau mau lebih rokaat nya, boleh saja. 05.23.

 

Mbah Mars

Waktu ngaji di madrasah diniyah dulu guru saya bilang bahwa shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja asal bukan di waktu-waktu terlarang. Waktu terlarang ? Iya. Setelah shalat asar sampai matahari terbenam dan setelah shalat subuh sampai matahari terbit. Itu waktu-waktu terlarangnya. Adapun waktu afdhalnya di sepertiga akhir malam. Jadi tidak wajib di jam-jam 02.00 sd 04.00. Tapi itu kata guru saya. Mungkin gurunya Abah beda.

 

Zaenul Muhammad

Sholat istikharah tidak perlu harus nunggu tengah malam nunggu orang orang pada terlelap, kapan saja bisa dan tidak perlu juga harus ada bayangan.. Inti istikharah kan minta kemantapan hati.. Rasanya lebih mantap dimana.. Analoginya dengan musyawarah.. Setelah mendengar saran masukan lebih mantap kemana. Sebagaimana sebuah ungkapanماخابمناستخارولاندممناستشار Tidak rugi orang yang melakukan istikharah dan tidak menyesal orang yang bermusyawarah

 

imau compo

Salat istikharah dilaksanakan bila kita ragu dalam membuat keputusan. Kalau tidak ragu, putuskan saja. Allah Swt memberikan akal, putuskanlah menggunakan akal. Umat Islam mengklaim diri sebagai agama yg rasional karena mendahulukan akal. Akal yg dimaksud, dalam zaman modern, berupa kesimpulan dr analisa statistik yg rumit. Kadang, meskipun, sdh didapatkan kesimpulan dari analisa yg canggih, masih ada saja keraguan itu, saat itulah shalat istikharah dilakukan. Teman saya, almarhum, selama hari-hari kritis dalam aktivitas bisnisnya setiap hari melaksanakan salat istikharah. Kadang berkali-kali. Alasannya, "Allah Swt yg maha tahu apa yg akan terjadi di masa depan, agar Allah selalu membimbing kepada keputusan yg tepat, katanya. Jadi tidak menunggu ragu. Awalnya saya kaget dengan sikap itu, tapi merasa tercetahkan. Ternyata ijtihad sangat kaya....

 

Agus Suryono

HASIL SURVEY CAK LONTONG.. Ternyata 3 (tiga) Cawapres yang sekarang ada, ketiganya berasal dari partai yang "berbeda".. ### Humor ini tidak berlaku, kalau: "Tiba-tiba Gibran gabung ke Prabowo"..

 

KawaiChoco _003

Srupuuut_ Ban ban di = Sing ketiban dadi...

 

Alon Masz Eh

Rupiah tanpa Istikharah, Sombong... Istikharah tanpa Rupiah, Amsyong.... Lha, ga sesuai topik... Ini soal nilai tukar rupiah kan?

 

Mirza Mirwan

Ini berita tidak penting bagi publik Indonesia, tapi sekadar ilustrasi bagaimana hukum di AS ditegakkan. Masih ingat kasus "overturn the election results" di Georgia yang menjerat Donald Trump dan 18 terdakwa lain -- pernah ditulis di CHD kapan itu? Kamis kemarin Sidney Powell, salah satu pengacara Trump, sudah mengaku bersalah. Ia dikenai hukuman 6 tahun dalam masa percobaan dan denda US$6000. Ia juga merekam pernyataan dan bersedia memberi kesaksian untuk persidangan terdakwa lain. Ia juga harus menulis surat pengakuan bersalah untuk Georgia dan seluruh warganya. Ada yang kejadian lucu sebelum pengakuan bersalah Sidney kemarin. Saat itu Jaksa Daysha Young, asisten Fani Willis yang juga berkulit hitam, bertanya kepada Sidney: "How old are you, Ma'am?" "Oh...gosh," kata Sidney. "Sixty eight, despite my astonishingly youthful countenance." Kenyataannya di usia 68 memang terlihat masih muda. Dan cantik. Tiga pekan yang lalu, 29/9, terdakwa yang pertama disidangkan, Scott Graham Hall, juga mengaku bersalah. Ia dihukum 5 tahun percobaan dan juga bersedia memberi kesaksian untuk terdakwa lain. Dari 2 terdakwa yang telah disidangkan, dan semua mengaku bersalah, terlihat bahwa Jaksa Fani Willis tidak amatiran dalam bekerja. Sangat profesional. Ke depan mungkin dari 17 terdakwa lain masih banyak yang akan mengaku bersalah, kecuali mungkin Trump dan Rudy Giuilani.

 

Echa Yeni

Mungkin Pak Mirza kebayang bahasa jawa "ngGuilani" Hehehee

 

Komentator Spesialis

Sejak kapan sholat istikharah harus nunggu tengah malam ? Bisa kapan saja. Sesuka kita. Tentu bukan waktu waktu dilarangnya sholat yang mana itu hanya jedah waktu yang pendek. Kalaupun tengah malam mungkin lebih ke pemilihan suasana batin.

 

Komentator Spesialis

Sekali lagi tentang BREN. Seperti pernah saya ulas sebelumnya, ini IPO teraneh dimana otoritas OJK dan bursa memberikan lampu hijau untuk saham "Free float" alias jumlah saham ke publik yang jumlahnya hanya sekitar 3% nan. Padahal aset perusahaan diatas Rp 100T. Kondisi ini akan membuat saham berpotensi mengalami cornering naik ugal ugalan karena permintaan jumlah saham bisa melebihi jumlah saham yang ditawarkan ke publik. Dan ini sudah dan sedang terjadi. Dalam waktu singkat, kapitalisasi saham BREN terbang menjadi Rp 542T dan menduduki posisi nomer 4 saham dengan kapitalisasi terbesar melibas BMRI. Keluarga Prayogo kaya mendadak. Padahal sudah kaya ya, wkwkwk... Selamat Pak Prayogo jangan lupa bagi bagi ke perusuh ya.

 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Luka Tidak (Kam,19-10-2023)

#.Nama__(Komen)(Kata)AWARD [diReplyOrangLain]{meReplyOrangLain}

#1.1 hari__(1)(9) [1]

#2.ACEP YULIUS HAMDANI__(1)(93) [1]

#3.Agus Suryono__(4)(122)

#4.alasroban__(5)(90) [1]{1}

#5.Alex Ping__(1)(110) [1]

#6.Amat K.__(11)(167)★ {9}

#7.AnalisAsalAsalan__(3)(189) [10]{1}

#8.Atho^illah__(3)(73) [5]

#9.Beny Arifin__(1)(24)★

#10.bitrik sulaiman__(2)(22)

#11.didik sudjarwo__(1)(23)

#12.doni wj__(6)(365)★ [2]{4}

#13.Echa Yeni__(10)(153) {4}

#14.Edyanto__(1)(7) [1]

#15.Er Gham__(17)(456)★★ [11]

#16.Fantra Salahuddin__(1)(31) [2]

#17.Fra Wijaya__(2)(22) {1}

#18.Gregorius Indiarto__(4)(74) {3}

#19.Guslurah__(2)(2)< style="font-size: 11pt; font-family: 'Apple Color Emoji'; color: #333333; letter-spacing: 0.15pt;">⏰

#20.Handoko Luwanto__(6)(336)★★★ [4]{2}

#21.Hari Purwanto__(5)(237)★★ {3}

#22.Harun Sohar__(1)(61) [1]

#23.HONDA CBR150R__(1)(26) [2]

#24.imau compo__(13)(307) {13}

#25.Jimmy Marta__(5)(120)★★ [4]{3}

#26.Jo Neca__(3)(48) [2]{2}

#27.Johannes Kitono__(5)(726)

#28.Jokosp Sp__(7)(165) [5]{5}

#29.Juve Zhang__(8)(868)★ [7]{1}

#30.Kang Sabarikhlas__(2)(125)★ [2]

#31.KawaiChoco _003__(1)(1)

#32.Ketut Bagiarta__(1)(7)

#33.KEY__(1)(49) {1}

#34.Komentator Spesialis__(10)(354) [4]{5}

#35.Lagarenze 1301__(14)(339)★ [14]

#36.Leong Putu__(11)(200)★ [15]{2}

#37.Liam Then__(15)(795)★ [7]{9}

#38.Liáng - βιολί ζήτα__(10)(350)★★★★< style="font-size: 11pt; font-family: 'Apple Color Emoji'; color: #333333; letter-spacing: 0.15pt;">⭐️ [6]{4}

#39.M.Zainal Arifin__(4)(78)★

#40.Mahmud Al Mustasyar__(7)(213)★ [2]{4}

 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Luka Tidak (Kam,19-10-2023)</

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 360

  • JAZIROH NISAK
    JAZIROH NISAK
  • Fauzi Prayoga
    Fauzi Prayoga
  • Habib Hafid
    Habib Hafid
  • laila alfina
    laila alfina
  • Eciya Assemargandy
    Eciya Assemargandy
  • lailatul qodariyah
    lailatul qodariyah
  • hildanifa nazala
    hildanifa nazala
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Citra Cilia
    Citra Cilia
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • imau compo
    imau compo
    • imau compo
      imau compo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
  • Liam Then
    Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • JIM vsp
      JIM vsp
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • hoki wjy
    hoki wjy
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • doni wj
    doni wj
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Wilwa
      Wilwa
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Liam Then
      Liam Then
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Er Gham
    Er Gham
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Er Gham
    Er Gham
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Property Property
    Property Property
  • Citra Cilia
    Citra Cilia
  • Tuan Sumartan
    Tuan Sumartan
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Tuan Sumartan
    Tuan Sumartan
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • yea aina
      yea aina
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • Macca Madinah
      Macca Madinah
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Citra Cilia
      Citra Cilia
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • yea aina
    yea aina
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
  • Antonio Samaran
    Antonio Samaran
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
  • siswondo sadig
    siswondo sadig
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Tuan Sumartan
      Tuan Sumartan
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • adi Nugraha
    adi Nugraha
  • Ashan Bangka
    Ashan Bangka
  • imau compo
    imau compo
    • imau compo
      imau compo
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Tuan Sumartan
      Tuan Sumartan
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • imau compo
      imau compo
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Yuli Triyono
    Yuli Triyono
  • Tuan Sumartan
    Tuan Sumartan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Tuan Sumartan
      Tuan Sumartan
  • Tuan Sumartan
    Tuan Sumartan
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • imau compo
      imau compo
    • imau compo
      imau compo
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • # Darko
      # Darko
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Atho'illah
    Atho'illah
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Heiruddin Arafah
    Heiruddin Arafah
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • imau compo
      imau compo
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
  • Zaenul Muhammad
    Zaenul Muhammad
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Pangeran Jawa
    Pangeran Jawa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Er Gham
    Er Gham
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Er Gham
      Er Gham
  • Beny Arifin
    Beny Arifin
    • alasroban
      alasroban
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Wilwa
      Wilwa
    • alasroban
      alasroban
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Amat K.
      Amat K.
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Wilwa
      Wilwa
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • alasroban
    alasroban
  • Beny Arifin
    Beny Arifin
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Pangeran Jawa
      Pangeran Jawa
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • alasroban
      alasroban
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Amat K.
      Amat K.
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Atho'illah
      Atho'illah
  • pendatang baru
    pendatang baru
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • rid kc
    rid kc
  • Amat K.
    Amat K.
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Republik Print
      Republik Print
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • alasroban
      alasroban
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Er Gham
    Er Gham
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Er Gham
    Er Gham
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Amat K.
    Amat K.
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Atho'illah
      Atho'illah
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301

Berita Terkait