Ternyata Memang Fakta Sayur Wortel Bisa Meningkatkan Pengelihatan Mata 10 Kali Lipat

Ternyata Memang Fakta Sayur Wortel Bisa Meningkatkan Pengelihatan Mata 10 Kali Lipat

Ilustrasi/Wortel--Pixabay

Vitamin A bukan sekadar nutrisi; hal ini merupakan hal mendasar dalam menjaga kesehatan berbagai bagian mata kita, dengan retina dan sel-sel sensitif cahaya menjadi pusat perhatian. Selidiki seluk-beluk retina, dan Anda akan diperkenalkan dengan dua sel khusus: batang dan kerucut, masing-masing dengan tugas unik yang berpusat pada penglihatan.

Kisah Dibalik Batang: Batang menjadi hidup ketika lingkungan sekitar redup. Ini adalah sel yang kita syukuri karena memberi kita penglihatan dalam kondisi cahaya redup. Inti dari fungsinya adalah komponen yang disebut rhodopsin, sebuah fotopigmen.

Agar batang dapat menghasilkan rhodopsin, vitamin A sangat diperlukan. Kekurangan vitamin A menyebabkan penurunan produksi rhodopsin, dan akibatnya, penglihatan pada malam hari dapat terganggu, terkadang bermanifestasi sebagai rabun senja.

BACA JUGA:Video Mc Donald Bagikan Makan Untuk Tentara Israel, McD Indonesia Angkat Bicara

3. Mengungkap Kerucut

Kerucut memberi kita penglihatan warna yang cerah dan kejernihan di lingkungan yang banyak bermandikan cahaya. Meskipun kerucut tidak memanfaatkan vitamin A secara intensif seperti batang, kerucut tetap mengandalkan dukungannya, memastikan pengalaman visual kita di siang hari tetap tajam.

Menjaga Bagian Luar Mata: Vitamin A bukan hanya tentang seluk-beluk bagian dalam mata; itu juga merupakan pengelola fasad eksternal mata. Secara khusus, ini memperhatikan kesehatan jaringan permukaan seperti kornea dan konjungtiva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: