Luka Puan

Luka Puan

Puan Maharani menyalami Prabowo Subianto di sela acara peringatan Hari Santri.--

WAKTU akan menyembuhkan luka. Saya percaya.

Saya sendiri terluka. Minggu lalu. Kaki terkena tajamnya bambu. Pedih sekali. Luka itu pun saya bawa pergi. Jauh. Benar, di Tiongkok luka itu sembuh.

Tapi itu bukan luka politik. Sembuhnya cepat. Apalagi pakai obat. Bahkan luka di bibir saya pun ikut sembuh: kena gigit.

Belakangan saya memang suka makan tebu. Tanaman sendiri. Di dekat rumah bambu yang baru. Tebu jadi obat rindu masa lalu.

PDI-Perjuangan sedang memproduksi obat luka itu: seluruh kader dilarang bicara apa pun soal Gibran Rakabuming Raka. Bahwa Gibran kader PDI-Perjuangan itu sudah masa lalu. Bahwa ia baru bisa jadi wali kota Solo berkat jasa partai lupakan saja. 

Kini Gibran sudah dewasa. Sudah menjadi kader partai lain. Jadi cawapresnya Capres Prabowo Subiyanto. Biarkan. Seperti juga adiknya, Kaesang Pangarep, yang sudah menjadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Biarkan.

BACA JUGA:Luka Tidak

Rasanya sikap baru PDI-Perjuangan itu dewasa sekali. Bisa jadi obat sakit hati yang mujarab. Sambil menanti waktu yang akan lewat.

PDI-Perjuangan pilih kembali fokus pada diri sendiri: memenangkan pasangan kaipang Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Terutama memenangkan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Membicarakan terus luka itu hanya akan memperdalam luka. Jateng harus dimenangkan. Pun Jatim. Sadar, menang di Jabar sulit. 

Maka Jateng akan jadi palagan barsatayuda politik: antara Gibran dan Ganjar. Sama-sama muda. Dari satu kandang. 

Jatim juga jadi palagan: antara Muhaimin dan Mahfud MD. Hanya Mahfud pernah di HMI dan dekat dengan Muhammadiyah. Maka ada tokoh NU yang mengingatkan Mahfud agar kalau mengucapkan salam pakai salam khas NU. 

Tapi PDI Perjuangan punya plus-plus: wilayah Jatim sisi barat adalah milik merah. 

Wilayah barat ini juga jadi tanggung jawab Pak SBY: kalau ingin memberi sumbangan nyata bagi koalisi Prabowo.

SBY orang Pacitan. Punya basis di sini. Putranya, Mas Ibas, selalu kelebihan suara di dapil sini.

Kalau Prabowo-Gibran bisa menang di wilayah ini, AHY layak dapat jatah menteri. Dan kalau Prabowo menang di Jateng Gibran layak dapat kursi wapres yang bukan sekadar wapres.

BACA JUGA:Almas Gibran

Jabar? Anda sudah tahu: Jabar adalah palagan antara Anis dan Prabowo. Pun Banten. 

Berarti seluruh Jawa adalah palagan. Ini sekaligus berarti kali ini suara luar Jawa menjadi penting. Tumben.

Inilah Pilpres yang gempanya akan mencapai 15 skala richter.

Berita baiknya: peristiwa besar akan melahirkan tokoh besar.

Mungkin Gibran.

Mungkin Puan Maharani.

Mungkin Anies Baswedan.

Mungkin tiga-tiganya sekaligus.

Mungkin justru di luar tiga itu.

Baru dari peristiwa ini saya melihat Mbak Puan terasa matang, bijak, beraura, dan trampil dalam mengolah kata-kata. Satu loncatan jauh dari, misalnya, ketika membuat video viral saat Pak Jokowi menghadap Bu Megawati.

Dari peristiwa ini Mbak Puan seperti lahir sebagai tokoh berwajah baru. Masih harus terus dilihat sampai gempa mereda. 

Semua sedang menanti tokoh besar berhati besar dari peristiwa besar. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 Oktober 2023: BACA JUGA:Riuh Sepi

Agus Suryono

@pak Mirza Ruar biasa. Kamsia..

 

Mirza Mirwan

Kalau dari Kahlil Gibran, kutipan Pak Agus itu dari buku "The Garden of The Prophet" yang hanya tipis saja, 56 halaman. Buku itu saya lihat di toko buku ada versi terjemahan: "Taman Sang Nabi". Tapi apakah terjemahannya seperti dikutip Pak Agus, saya tidak tahu. Hanya saja, menurut saya terjemahan di atas kurang tepat. Berikut saya kutip kuplet aslinya: "Pity the nation whose stateman is a fox, whose the philosopher is a juggler, and whose art is the art of patching and mimicking." Dalam kutipan Pak Agus, "fox" diartikan "serigala" (wolf), yang mestinya "rubah" -- rubah berbeda dengan serigala. Lalu "juggler" diartikan "karung nasi", padahal maksudnya "tukang sulap". Terakhir "art" diartikan "seniman" (artist), padahal harusnya hanya "seni". Kalau terjemahan versi saya begini: # Kasihan bangsa yang negarawannya rubah, yang filsufnya tukang sulap, dan yang seninya adalah seni menambal dan meniru."

 

Agus Suryono

BUKAN KARYA GIBRAN RAKABUMING.. Kasihan bangsa yang negarawannya serigala/. Falsafahnya karung nasi/. Dan senimannya tukang tambal dan tukang tiru/. ### Karya: Kahlil Gibran. Judul: Bangsa Kasihan.

 

Agus Suryono

"DI Tiongkok, kemarin, tidak ada gempa. Justru di Jakarta, yang saya dengar, gempanya sampai 15 skala Richter", begitu tulis Abah DIS di CHD hari ini. Rupanya, atau anggap aja begitu, Abah ke Tiongkok, mampir Hongkong, karena sudah dengar, kalau akan ada gempa. ### Padahal sebenarnya gempa hanya "dirasakan" di Cikeas, padahal "pusat gempa" ada di Kertanegara. Sekarang, "BMKG Politik" tidak mampu memprediksi akan terjadi atau tidak terjadinya "gempa bumi politik".. 

 

 

Pedro Patran

Hadeuh... capek² nulis, tekan tombil "send", eh.. tulisan ilang dan gak muncul dikolom komentar. Saya ulang "point"nya saja, yaaa.. - saya memang lagi kangen tulisan Abah tentang Tiongkok. - Om Robert hanya disenggil seuprit. - Abah kalau nulis tentang Tiongkok, memang asyik dibacanya. Ini akan saya tekan tombol "send", kalau sampai ilang lagi, yaaa namanya nasib, hehehe...

 

Agus Suryono

DI INDONESIA modern, pusat para pendekar itu ada di daerah Mataraman. Yang terbanyak dan memiliki banyak jurus saktu ada di Madiun. Antara lain di sana ada PSHT. Salah satu yang juga tenar adalah Tapak Suci, yang ada di Yogyakarta, yang masih nyambung dengan Mataraman. Nenek moyang para pendekar di daerah inilah yang di masa lalu menjadikan kerajaan-kerajaan Mataram menjadi "kuat" dan "berperan".. Namun setelah ibukota kerajaan pindah di Batavia, saat ini yang berperan memanaskan dunia "persilatan" adalah justru para "pendekar politik". Kebanyakan mereka juga hasil didikan dari "padepokan" di daerah Mataraman, tetapi jurusan "politik": PADEPOKAN UGM. ### Konon lokasi padepokan ini berada di Bulaksumur.

 

Agus Suryono

NEGARA yang dianggap pernah menjajah Indonesia, antara lain adalah: 1). Belanda, selama sekitar 350 tahun, dari 1592 - 1942. 2). Inggris, selama 5 tahun, yaitu pada 1811-1815. 3). Jepang, selama 3 tahun, yaitu 1942-1945. Tetapi bagi orang Hongkong, Indonesia juga dianggap menjajah Hongkong, sejak tahun 1975, sampai sekarang, meski daerah yang diduduki hanya seputarajln Taman Victoria. ### "Invasi" dilakukan "tanpo ngasorake", "tanpo tentara". Invasi dilakukan oleh "Korps ART". (Tapi bukan Artileri lho ya).

 

Lagarenze 1301

Benarkah Indonesia dijajah Belanda 350 tahun? Pernah ada diskusi mengenai hal ini. Kesimpulannya, angka 350 tahun dibuat oleh politikus di masa kemerdekaan untuk membangkitkan semangat juang. Sama seperti korban 40.000 jiwa di Sulawesi Selatan akibat pembantaian Westerling. Diperkirakan hanya berkisar 3.000 sampai 4.000 orang. Westerling mengakui 600 orang. Kembali ke masa penjajahan Belanda. Para ahli sejarah kita menyebut hitungan yang realistis ada dua: sekitar 44 tahun atau sekitar 142 tahun. Yang pertama dihitung setelah Aceh akhirnya dikuasai pemerintah Belanda pada 1901. Yang kedua dihitung sejak runtuhnya perdagangan VOC pada 1800-an. Dari mana angka 350 tahun? Diambil dari titik tahun kemerdekaan RI 1945 mundur ke tahun kedatangan Cornelis de Houtman di Banten pada 1596, dapatnya 349 yang dibulatkan jadi 350 tahun. (Kebetulan kemarin bantu anak yang SMP belajar IPS dan PPKN, materi pelajaran sudah tidak memastikan Indonesia dijajah Belanda 350 tahun). :) :) :)

 

Atho'illah

Istrinya hot itu maksudnya demam kan, Bli? Coba dikompres air dingin atau minum Paracetamol. Wkwkwk

 

thamrindahlan

Selamat pagi. Riuh Sepi. Hongkong selalu riuh terutama di Taman Victoria. Sepi bagi Abah nan selalu mandiri jalan sendiri tanpa membawa teman. Nyaman begitu ya seperti pernah menjadi sesuatu. Biasanya melekat-tempel sopir, pengawal, sekretaris, ajudan dan pembisik dalam kapasitas staf ahli. Sahabat saya Kandidat Doktor Ustazd Bahrun Mubarok sedang mempersiapkan Disertasi di UIN Syarif Hidayatullah terkait perlaku kehidupan TKW Hongkong. Beliau guru bahasa Inggris memiliki komunitas di Hongkong sehingga tertarik meneliti base on data yang ditekuni bertahun tahun. Saya pernah menyaksikan suasana meriah taman viktoria di hari libur. Untunglah majikan berbaik hati memberikan hari libur sehingga silaturahim dalam bentuk guyub rindu keluarga bisa terlepas disini. Jumlah saudara kita penjuang devisa terbanyak dibanding negara lain. Potensi ini tampaknya merembet di politik karena suara pemilik saham di desa masing masing bisa mempengaruhi sanak keluarga memilih salah tiga capres 2024-2029. Syukurlah Abah kita kita telah memastikan 15 - 16 Desember 2023 agenda khusus bertatap muka dengan perusuh. Awak sengaja mengulang ulang peristiwa yang pasti mengalahkan heboh Gibran. Alasan logis karena kopdar perusuh merupakan peningkatan status sahabat dunia maya Abah menjadi sahabat dunia nyata. 

 

Leong Putu

Pengen tau model short pant dan rok mininya saja. Mau belikan istri yang serupa itu. Hhh

 

Atho'illah

Saya ketik "Warna Merah" di kolom pencarian Disway yang muncul kebaya merah, Om. https://disway.id/read/666233/mitos-atau-fakta-warna-merah-identik-dengan-gairah-cinta-dan-seksual

 

Amat K.

Foto atas atasan merah-putih. Foto bawah atasan tinggal merah. Hilang putihnya. Apa artinya itu? Hmmmmmm

 

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata) 

#1.MULIYANTO KRISTA__(146)(1163)<1⏰2✒️> 

#2.Leong Putu__(137)(1637)<3★2✒️> 

#3.Juve Zhang__(110)(7953)<2★2✒️> 

#4.Komentator Spesialis__(102)(3670)<9★1✒️2⭐️> 

#5.Liam Then__(95)(5044)<3★> 

#6.Wilwa__(92)(4217)<1★> 

#7.Amat K.__(72)(1256)<5★> 

#8.Er Gham__(61)(1659)<4★> 

#9.Jo Neca__(60)(1084)<2★>

#10.mzarifin umarzain__(58)(772)<4★> 

#11.Udin Salemo__(57)(1758)<2★> 

#12.Lagarenze 1301__(51)(2190)<6★1⭐️> 

#13.Agus Suryono__(49)(2267)<4★1⏰> 

#14.Jokosp Sp__(46)(2314)<6★1⭐️> 

#15.Liáng - βιολί ζήτα__(45)(3815)<12★3⭐️> 

#16.yea aina__(45)(1302)<1★> 

#17.imau compo__(41)(1624)<1★> 

#18.Atho^illah__(37)(740)<2★> 

#19.Mbah Mars__(36)(830)<4★> 

#20.Jimmy Marta__(33)(1152)<4★>

#21.Gregorius Indiarto__(32)(1011)<2★> 

#22.Handoko Luwanto__(32)(2147)<15★3⭐️> 

#23.Johannes Kitono__(32)(4860) 

#24.thamrindahlan__(31)(2699)<2★> 

#25.Pryadi Satriana__(30)(1641)<1★> 

#26.Echa Yeni__(29)(552)<1★> 

#27.Hari Purwanto__(29)(660)<3★> 

#28.Mirza Mirwan__(28)(3076)<6★> 

#29.Tuan Sumartan__(27)(204)<1★> 

#30.Kang Sabarikhlas__(24)(716)<2★> 

#31.Ahmad Zuhri__(23)(373)<2⏰>

#32.Otong Sutisna__(23)(313) 

#33.alasroban__(22)(394)<1★> 

#34.Xiaomi A1__(20)(781)<1★> 

#35.Mukidi Teguh__(19)(593)<1★>

 

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang) 

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata) 

#36.Riyono ,SKP__(19)(370) 

#37.Yellow Bean__(18)(521)<1★> 

#38.Mahmud Al Mustasyar__(17)(637)<2★> 

#39.bitrik sulaiman__(16)(135)<1⏰> 

#40.AnalisAsalAsalan__(14)(670)<2★> 

#41.Gianto Kwee__(14)(359)<1★> 

#42.Guslurah__(14)(28)<1⏰> 

#43.M.Zainal Arifin__(14)(103)<1★> 

#44.doni wj__(13)(1327)<2★> 

#45.didik sudjarwo__(12)(299) 

#46.Fiona Handoko__(11)(762)<2★> 

#47.Beny Arifin__(9)(337)<3★>

 #48.KawaiChoco _003__(7)(30)<1★> 

#49.Rihlatul Ulfa__(7)(611) 

#50.Em Ha__(6)(301) 

#51.rid kc__(6)(475)<1★> 

#52.ACEP YULIUS HAMDANI__(5)(569)<1★> 

#53.Alex Ping__(5)(407) 

#54.ari widodo__(5)(409) 

#55.JIM vsp__(5)(343)<1★> 

#56.Ketut Bagiarta__(5)(86) 

#57.KEY__(5)(236) 

#58.nur cahyono__(5)(15)<1⏰> 

#59.Tao Lie__(5)(151) 

#60.1 hari__(4)(23) 

#61.Alon Masz Eh__(4)(135)<2★> 

#62.Property Property__(4)(292)<1★> 

#63.Citra Cilia__(3)(85) 

#64.DeniK__(3)(54) 

#65.Eksan Susanto__(3)(62)<1★> 

#66.Fajar Kusumo__(3)(53) 

#67.heru santoso__(3)(250) 

#68.hoki wjy__(3)(233) 

#69.HONDA CBR150R__(3)(89) 

#70.Macca Madinah__(3)(152)

 

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang) 

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata) 

#71.Muh Nursalim__(3)(270)<1★> 

#72.Pedro Patran__(3)(120) 

#73.Purnomo__(3)(384)

 #74.Republik Print__(3)(74) 

#75.siswondo sadig__(3)(219)<1★> 

#76.Zaenul Muhammad__(3)(307)<1★> 

#77.15 jam__(2)(5) 

#78.ahmad faqih__(2)(81) 

#79.Ali Maftuh__(2)(58) 

#80.Alvito Wildani__(2)(212)<1★> 

#81.Azza Lutfi__(2)(17) 

#82.Fa Za__(2)(99)<1★> 

#83.Fathir Ahsan__(2)(6) 

#84.Fra Wijaya__(2)(22) 

#85.idamha idam__(2)(124) 

#86.Mpok Dipa__(2)(140) 

#87.Mulia Rezq__(2)(152)<1★> 

#88.Pangeran Jawa__(2)(49)<1★> 

#89.pendatang baru__(2)(217)<1★> 

#90.Rachmad Saleh__(2)(39) 

#91.Re Hanno__(2)(138) 

#92.Siswanto AJI__(2)(353)<1★> 

#93.Someone Random__(2)(40) 

#94.Tommy Prasetyo__(2)(66)<1★> 

#95.# Darko__(1)(43)

 #96.adi Nugraha__(1)(17) 

#97.Antonio Samaran__(1)(96) 

#98.Aron Sihombing__(1)(11) 

#99.Asep Sumpena__(1)(84) 

#100.Ashan Bangka__(1)(8) 

#101.Azwar Anas__(1)(68) 

#102.Bangun Bisaptohadi__(1)(10) 

#103.Barokah Selamanya__(1)(27) #104.dabudiarto71__(1)(9)

 #105.Edyanto__(1)(7)

 

Handoko Luwanto

Singgasana Perusuh Disway periode: 15-10-2023 s/d 21-10-2023 (139 orang) 

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata) 

#106.Fantra Salahuddin__(1)(31) 

#107.Fauzan Samsuri__(1)(25) 

#108.Fokus Photocopy__(1)(81) 

#109.HANVINCY ADNOV__(1)(148) 

#110.Harun Sohar__(1)(61) 

#111.Heiruddin Arafah__(1)(17) 

#112.Herdi Agusthio__(1)(4) 

#113.hilman g__(1)(83) 

#114.idamalika indi__(1)(53) 

#115.IdaMoerid Darmanto__(1)(97) 

#116.ikhwan guru sejarah__(1)(66) 

#117.Iqbal Safirul Barqi__(1)(35) 

#118.iva fitriana__(1)(5) 

#119.Jarvis A.__(1)(36) 

#120.Kartosuwiryo__(1)(72)<1★> 

#121.Koko Koswara__(1)(20) 

#122.Lensa Glori__(1)(13) 

#123.Lukman Nugroho__(1)(114) 

#124.M . S. Ismail__(1)(54) 

#125.m note__(1)(114)<1★> 

#126.mamat__(1)(9) 

#127.Mew Mixue__(1)(25) 

#128.mister har__(1)(33) 

#129.Musbi Ayu__(1)(13) 

#130.Parganago Lumbanahor__(1)(22) 

#131.Purnawan HW__(1)(10) 

#132.Rafia Akhya Fajrie__(1)(33) 

#133.Roland Nug__(1)(14) 

#134.saeful uyun__(1)(142)

 #135.Ulik Kopi__(1)(25)<1★> 

#136.widia saputra__(1)(22) 

#137.Yugi Porkdelicious__(1)(9) 

#138.Yuli Triyono__(1)(47) 

#139.yulian yulian__(1)(49)

 

mamat

Saya suka cerita perjalanan seperti ini, mungkin karna secara tidak langsung mengajari banyak hal, tanpa merasa digurui.. Mungkin selain saya, banyak juga yang suka tulisan seperti ini, buktinya novel Paulo Coelho - the alchemist juga laris manis, walau kritikus banyak yang bilang ceritanya cetek, sederhana, gampang ditebak, dll..

 

Jokosp Sp

Abah kesepian karena lewatnya Surabaya - Hongkong - Tianjin. Coba kalau lewat jalur Surabaya - Singapura - Tianjin pasti rame. Ada temen-temen team Durian Traveler Indonesia lagi di Singapura. Lagi incip-incip durian premium. Sayang disayang durian premiumnya tetap Musang King Malaysia dan Kan Yao dari Thailand. Cari Bawor dari Banyumas Jawa Tengah tidak ada, cari Montong dari Parigi Sulawesi tidak ada, cari Super Tembaga dari Bangka tidak ada, cari Bantal Mas dan Rencong Mas dari Aceh tidak ada. Ngenes rasanya, hasil pertanian kita masih jauh dari mereka. Apa ini karena pola pikir mereka yang buat kebijakan yang sukanya cuma impor, impor dan impor itu. Kapan kita bisa ekspor?. Kapan - kapan katanya.......duhhhhhhhh.

 

Leong Putu

Setelah saya zoom dan memperhatikan ppnya dengan Hp sedikit miring, woww saya berdecak kagum pada foto ceweknya (jika memang itu pacarnya) yang dia tujnukkan di CHD hari ini. Sempurna. Perfeckto. Bibir hidung dan alis berada di titik yang sangat baik. Jika mengacu pada kriteria Bibit, Bebed dan Bobot, si gadis sangat masuk kreteria tersebut. Cantik, setidaknya si cowok bisa memperbaiki keturunan. Melihat garis hidung dan alis, cewek ini punya potensi unggul jika kelak menjadi seorang istri. Saya secara jujur dari hati yang terdalam mengucakpan : SELAMAT, kepada Mas Aat. Selamat bergabung menjadi calon anggota ISTI. **potensi unggul maksudnya : punya potensi lebih unggul atas suami. Sehingga menjadikan suami DKI lalu menjadi anggota ISTI.

 

Mirza Mirwan

Ini reply untuk Bung Macca Madinah di bawah. Kutipan yang Anda maksudkan itu jga dari "The Garden of The Prophet"-nya Kahlil Gibran. Kuplet aslinya begini: "Pity the nation that wears a cloth it does not weave, eat a bread it does not harvest, and driks a wine that flows not from its own wine-press." Terjemahannya, versi saya: "Kasihan bangsa yang mengenakan pakaian (dari kain) yang tidak ditenunnya sendiri, (yang) makan roti (dari gandum) yang tidak dipanennya sendiri, dan minum anggur yang tidak mengalir dari pemerasan-anggurnya sendiri." Versi "Taman Sang Nabi" -- saya lupa siapa penerjemahnya -- mungkin tidak seperti saya.

 

Xiaomi A1

Huo Guo? Wah nama depannya persis dgn tokoh idola baru keluarga kami..Huo Yuan Jia, sama2 dari Tianjin pula.. Buat kami yg jarang nonton TV, tiba2 mengikuti serial Heroes setiap hari itu terasa aneh, saya dan istri saling menertawakan..saya pun mencoba menggogling rating tv, ternyata Heroes selalu berada di 10 acara dgn rating tertinggi nasional sejak ditayangkan..

 

Mahmud Al Mustasyar

Kalau pemerintah sa'at ini telah gagal mewujudkan food estate; tidak demikian dengan yg terjadi di Arab Saudi. Negara yang dikelilingi padang pasir itu justru berhasil mengembangkan lahan pertanian dan masuk dalam Guinness Worid Records melaui penciptaan lahan pertanian terbesar di dunia. Mudah² an saja, sekembalinya Jokowi dari Saudi Arabia, dapat meniru sukses yg telah dicapai oleh negara gurun tsb..

 

Johannes Kitono

Suatu hari ketika landing di Juanda, Surabaya. Mendengar suara wanita bercengkrama di bandara. Dengan bahasa Mandarin yang fasih logatnya. Kedua wanita berkerudung itu sangat happy. Mereka baru tiba dari Taipeh,cuti kerja jadi TK. " Nie te lau pan ih ching ke nie Hung Pao mah " , goda cewek asal Sidoardjo dalam pu tung hua. " Pu pie Hung Pao,sien cai wa sie Lao pan niang ", jawab temannya sambil tertawa. Memang setelah tiga tahun kerja merawat orang tua bosssnya. Dia nikah sama bosssnya yang sudah duda tanpa anak. Otomatis naik pangkat dari ART menjadi nyonya rumah alias lao pan niang. Happy ending seperti Cindelera ala Sidoarjo.Umumnya pengalaman TKI di Hongkong , Taiwan dan Singapura. Jarang ada cerita yang ditipu atau di lecehkan majikannya.Selain pengawasan yang ketat dari pemerintah.Budaya Confucius juga memengaruhi pola hidup masyarakatnya.Menurut Presiden Gusdur, umumnya masyarakat elit Timur Tengah. Masih anggap TKW sebagai budaknya. Dengan pendidikan tentu perbedaan kultur ini bisa diperbaiki.Semoga Disway kolaborasi dengan Depnaker. Bisa sponsori Kajian ilmiah tentang Kesejahteraan TKW Timur Tengah dibandingkan TKW Asia Timur.

 

Fiona Handoko

selamat siang bp thamrin, bung mirza, bp jo, bp gregorius, bp sumartan dan teman2 rusuhwan. sedikit info utk abah. maskapai flyscoot untuk segmen surabaya - singapore memang all economy. tapi untuk segmen sigapore - tianjin. ada kelas bisnisnya. dinamakan scootplus. tarif kira2 2 x lipat yg scoot economy. namun sudah termasuk bonus makanan berat dan bagasi 30 kg. cukup murah, dibandingkan dengan tiket business class maskapai full service, yg harga tiketnya bisa 3 sd 4x lipat economy. namun menurut review traveller. kursinya scootplus kalau di maskapai full service. setara kursi premium economy. belum selebar dan senyaman business class maskapai full service.

 

Liam Then

Saya kebetulan kerja bidang garment waktu di Jakarta. Memang celana jean robek itu lebih mahal Bang Joko, karena ada harus lalui proses produksi ekstra untuk robek dan jahit tambelan kaypangnya. Dunia sudah edan, orang kaya pakai baju robek dibilang keren. Orang miskin pakai baju robek, penuh tambelan dibilang melarat ,anggota partai Kay Pang

 

Jokosp Sp

Impor kebiasaan. Ada yang sempat diperhatikan: pakai short pant, pakai rok mini, pakai celana jeans. Perlu berapa detik untuk mengetahui pakaian mereka?. Sedetik, dua detik, tiga detik, sepuluh detik?. Celana jeans pendek, yang robek-robek, driwul-driwul dulu dianggap celana usang, harus ganti baru. Sekarang malah jadi mode. Dari baru memang sudah robek-robek, bolong dan driwul-driwul. "Tun, Atun.....dulu kamu berangkat ke Hongkong pakai rok panjang kesukaanmu, atau celana panjang". "Loh sekarang pulang kok malah celanamu mok potong, bolong-bolong, driwul-driwul lagi, maksudmu ki piye?". Mak ini gag tau model, sekarang ya gini mak sehari-hari di sono. "Duh nduk, ini hasil impormu yang kamu bawa ke sini kata mbah kakung sambil ngudud klembak". Ah simbah ini juga, gag update, gag tau model. "Duh piye ini putu saktekane dadi TKI malah ngene?"

 

imau compo

Baru dengar, dan membanggakan pula ide Bank Mandiri punya program pelatihan pekerja migran jadi pengusaha. Awalnya bisnis kebutuhan sesama pekerja migran seperti mukena, daster dan restoran nasi bungkus. Bisnis yg cukup gemuk, mengingat jumlah pekerja migran yg ratusan ribu dalam ruang kota Hongkong yg terpusat dalam satu wilayah yg terbatas. Sebagai perbandingan, jumlah pekerja migran Korea yg tidak terlalu besar didukung oleh restoran Korea, barber shop sampai bisnis "pijat" Korea. Saya pernah nemani tamu Korea saya gunting rambut di Barber Shop Korea di Tangerang. Mudah-mudahan pekerja migran ini bisa jadi hub ekspor kita di Hongkong serta negara terdekat, Taiwan, Cina, Jepang dan Korea. Restoran Vietnam, konon, mendunia juga akibat pengungsi Vietnam yg menyebar ke seluruh dunia. Sekarang dengan mudah ditemukan restoran Vietnam di Batam, Jakarta, Hongkong, dan kota-kota besar di Amerika. Asian Food di Amerika banyak didatangkan dari Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 357

  • ghazian faris
    ghazian faris
  • ghazian faris
    ghazian faris
  • ghazian faris
    ghazian faris
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Fachrizal Fadilah
    Fachrizal Fadilah
  • Fachrizal Fadilah
    Fachrizal Fadilah
  • laila alfina
    laila alfina
  • Eciya Assemargandy
    Eciya Assemargandy
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
    • Habib Hafid
      Habib Hafid
  • anisa feby
    anisa feby
  • anisa feby
    anisa feby
  • Fauzi Prayoga
    Fauzi Prayoga
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • lailatul qodariyah
    lailatul qodariyah
  • lailatul qodariyah
    lailatul qodariyah
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Amat K.
      Amat K.
  • Beny Arifin
    Beny Arifin
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • idamalika indi
    idamalika indi
  • idamalika indi
    idamalika indi
  • idamalika indi
    idamalika indi
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Er Gham
    Er Gham
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Amat K.
      Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Wilwa
    Wilwa
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Wilwa
      Wilwa
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • pendatang baru
    pendatang baru
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Liam Then
    Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • imau compo
    imau compo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • imau compo
      imau compo
  • imau compo
    imau compo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Er Gham
    Er Gham
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
  • imau compo
    imau compo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Purnomo
    Purnomo
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • ACEP YULIUS HAMDANI
      ACEP YULIUS HAMDANI
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Wilwa
      Wilwa
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • HONDA CBR150R
    HONDA CBR150R
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Sumartan
      Sumartan
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Citra Cilia
    Citra Cilia
  • Alex Ping
    Alex Ping
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Property Property
    Property Property
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Wilwa
      Wilwa
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Sumartan
      Sumartan
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Em Ha
    Em Ha
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • imau compo
      imau compo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Er Gham
    Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Habib Hafid
    Habib Hafid
  • Er Gham
    Er Gham
  • Habib Hafid
    Habib Hafid
  • Purnomo
    Purnomo
    • Wilwa
      Wilwa
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Tao Lie
    Tao Lie
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Jihani uliya
    Jihani uliya
  • hildanifa nazala
    hildanifa nazala
  • Jihani uliya
    Jihani uliya
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
  • hildanifa nazala
    hildanifa nazala
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
  • hildanifa nazala
    hildanifa nazala
  • Jihani uliya
    Jihani uliya
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Warung nasi Ibu joko
    Warung nasi Ibu joko
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
    • Wilwa
      Wilwa
  • Sumartan
    Sumartan
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • Eksan Susanto
    Eksan Susanto
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • Sumartan
      Sumartan
    • Wilwa
      Wilwa
    • Er Gham
      Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Alvito Wildani
    Alvito Wildani
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
  • Liam Then
    Liam Then
  • Mang Somat
    Mang Somat
    • Mang Somat
      Mang Somat
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Fra Wijaya
    Fra Wijaya
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • suryanto bagelen
    suryanto bagelen
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Andi Udique
      Andi Udique
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Wilwa
      Wilwa
    • Sumartan
      Sumartan
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • imau compo
      imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • Wilwa
      Wilwa
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • heru santoso
    heru santoso
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • alasroban
    alasroban
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • imau compo
      imau compo
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Rachmad Saleh
    Rachmad Saleh
  • siswondo sadig
    siswondo sadig
  • Er Gham
    Er Gham
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • alasroban
      alasroban
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Guslurah
    Guslurah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Guslurah
      Guslurah
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • nur cahyono
      nur cahyono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna