Toyota Kerjasama CATL Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Toyota Kerjasama CATL Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Dalam mengembangkan kendaraan listriknya, Toyota kerjasama CATL bangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.-catl-

JAKARTA, DISWAY.ID – Dalam mengembangkan kendaraan listriknya, Toyota kerjasama CATL bangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Kerjasama ini seiring dengan ditandatangani perjanjian antara Contemporary Amperex Technology Limited atau CATL dengan Toyota Motor Corporation (Toyota) beberapa waktu lalu.

CATL sendiri merupakan salah satu pabrikan baterai kendaraan listrik terbesar di China dan sebelumnya juga telah berkerja sama dengan BUMN dalam mengembangkan pabrik Indonesia Battery Corporation.

BACA JUGA:IMOS+ 2023 Resmi Dibuka Menteri Perindustian RI

BACA JUGA:Alasan Polda Metro Belum Cekal Firli Bahuri di Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap SYL

Dikabarkan bahwa CATL tengah menyiapkan pembangunan pabrik sebesar 5.1 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 7.2 triliun di Indonesia.

Kerjasama ini semakin menguatkan komitmen dari Toyota dalam mengembangkan Kendaraan Energi Baru atau NEV. 

Toyota dan CATL juga telah memulai merumuskan berbagai bidang pengembangan di antaranya, penyediaan baterai, pengembangan teknologi baru, peningkatan kualitas produk, serta penggunaan kembali dan daur ulang baterai.

BACA JUGA:MIND ID Kebut Percepatan Hilirisasi Pertambangan

BACA JUGA:Bukan AHY, Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan SYL

Robin Zengselaku CEO dari CATL mengungkapkan bahwa perusahaannya merupakan selian mamasok baterai untuk kendaraan listrik di China dan Eropa, CATL juga memasok baterai untuk Tesla.

Sedangkan Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang di bidik oleh CATL dalam mengembangkan industi baterai mengingat besarnya pasokan sumber daya alamnya.

Pras Ganesh selaku wakil presiden eksekutif Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing, mengatakan bahwa Toyota ingin mengembangkan rantai EV dan ekosistem di Indonesia.

BACA JUGA:Gunung Ile Lewotolok NTT Kembali Erupsi, PVMBG : Warga Diimbau Menggunakan Masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: