Bukan AHY, Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan SYL

Bukan AHY, Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan SYL

Presiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian untuk 11 bulan ke depan. -YouTube Sekretariat Presiden-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan). Amran menggantikan politikus Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

BACA JUGA:Isu Reshuffle Jokowi, AHY Tiba-tiba Posting Soal Pertanian dan Apel Malang, Kode Jadi Kementan?

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," demikian kata Amran mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut, Rabu, 25 Oktober 2023.

Adapun pelantikan pada Rabu pagi juga dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

BACA JUGA:Wakili AHY, 4 Organisasi Sayap Demokrat Deklarasikan Dukungan Paslon Prabowo- Gibran di Pilpres 2024

Profil Amran

Amran bukanlah wajah baru. Ia pernah menjabat sebagai mentan pada periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Sebelum menjadi menteri, Amran Sulaiman telah menelan asam garam di dunia usaha perkebunan dan perdagangan selama 15 tahun. Dia memulai karirnya sebagai pegawai PT Perkebunan Nusantara XIV.

BACA JUGA:Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian Lagi!

Amran menyelesaikan kuliah S1 hingga S3 bidang ilmu pertanian di Universitas Hasanuddin Makassar. Sebagai akademisi, Amran juga aktif melakukan penelitian di bidang pertanian.

Amran Sulaiman pernah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden Republik Indonesia di Palembang-Sumatera Utara tahun 2007. Dia juga adalah Owner sekaligus Direktur Utama Tiran Group yang membawahi 9 perusahaan bidang pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: