Raboyamin Gibran

Raboyamin Gibran

Keluarga Boyamin dalam sebuah kesempatan berwisata di pantai.--

Ia lahir hari Rabu. Karena itu diberi nama Boyamin. Ayahnya seorang petani di Desa Ngumpul, antara Ponorogo dan Slahung. Pelosok sekali. Pelosoknya pelosok.

Sampai hari ini ia jadi berita besar. Dua sekaligus. Anaknya menang di Mahkamah Konstitusi: Gibran pun bisa memenuhi syarat maju sebagai cawapresnya Prabowo. Lalu, sebagai pendiri Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin berkometar keras.

Yakni soal mangkirnya Ketua KPK Firli Bahuri dari panggilan pertama Polda Metro Jaya. Yang Jumat pekan lalu. Soal Firli kirim surat kepada Kapolda yang pakai tindasan ke presiden dan ke menko Polhukam. 

Tindasan itu, kata Boyamin, menandakan pengakuan KPK sebagai bagian dari eksekutif. KPK sudah tidak mandiri.

Boyamin memang aktivis sejak mahasiswa di Solo. Lalu diminta oleh Mudrick Sangidu masuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Anda sudah tahu siapa Sangidu: tokoh politik di balik gerakan Mega-Bintang yang legendaris di Solo. Yakni bersatunya PDI-Perjuangan yang dipimpin Bu Mega dengan PPP yang saat itu berlogo bintang. Nasionalis bersatu partai agama. Boyamin sangat aktif di Mega-Bintang.

Boyamin pun jadi caleg DPRD kota Solo. Terpilih. Paling muda. Sampai jadi pimpinan sementara DPRD. Masih jantan: wakil rakyat yang berani tetap membujang. Masih tetap ikut demo. Gajinya habis untuk membiayai demo.

Setelah tidak di DPRD lagi, Boyamin kembali ke kampus lama: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ia meneruskan kuliah hukumnya. Di lantai 1.

Saat itu, di lantai 2 kampus itu, dipakai untuk Fakultas Tarbiyah. Ada satu mahasiswi di lantai 2 itu: Rosidah. Kenal. Lengket di hati. Rosidah itulah yang kini jadi istrinya.

Pasangan ini punya anak 5 orang. Anda sudah tahu anak sulung mereka: Almas Tsaqib Birru ReA. Mahasiswa hukum semester 8 Universitas Surakarta. Disingkat Unsa. Kampusnya di timur Bengawan Solo. Di pinggir jalan ke arah Surabaya dan Tawangmangu. Itulah ''Kampus Bumi Bengawan''.

Tiga pemain sepak bola terkenal lulusan Unsa: Rochy Putiray, Eduard Cong, dan Adi Swandana.

Sebentar lagi nama Almas akan masuk di hall of fame kampus itu: mahasiswa semester akhir yang menang di MK dengan kehebohan 15 skala Richter.

Adik Almas, bernama Arkan, sebenarnya juga menggugat ke MK. Di soal yang sama. Beda keinginan. Permohonan Arkan ditolak. Arkan kalah. Mahasiswa hukum UNS semester 3 kalah dengan mahasiswa Unsa semester 8. Kakak sulung mengalahkan adik nomor 2.

BACA JUGA:Saset Kompor

Yang sebenar-benar adalah bapak-ibu mereka. Sang ayah pengacara. Sang ibu guru agama. Pakai jilbab dan penutup muka. Nama-nama anak itu dipilihkan oleh sang ibu. Karena itu berbau bahasa Arab.

Kakak-kakak Boyamin juga aktivis. Di desa. Ada yang jadi ketua PPP ada yang jadi ketua Parmusi. Ayahnya: NU, tapi politik ayahnya Masyumi. Boyamin sendiri NU yang dibesarkan di Muhammadiyah. Anak nomor 4 dan 5, perempuan, sekolah di pondok NU di Boyolali dan Sukoharjo.

Kini keluarga Boyamin jadi sorotan. Penuh kontroversi: dapat amplop seberapa tebal? Terutama dari pihak Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka?

Dari hasil observasi saya di sekitar Boyamin, keluarga ini tidak berteman dengan keluarga Jokowi. Tidak ada hubungan. Kecuali ada info tandingan yang akuratnya melebihi info yang saya dapat ini.

Bahwa Boyamin menggugat ke MK itu memang salah satu hobinya. Sudah dua kali menang. Sering juga kalah. Soal masa jabatan di KPK itu, salah satu yang ia menang.

Ia memang pengacara. Punya kantor di Jakarta. Di Solo. Di BSD. Di Surabaya. Di Palembang.

Si sulung Almas, setelah lulus beberapa minggu lagi akan buka kantor pengacara di Balikpapan. Mandiri. Tidak gabung sang ayah.

BACA JUGA:Luka Puan

Di desa Ngumpul, pun di desa saya, nama orang itu biasa hanya satu kata. Boyamin. Kalau lahir hari Kamis akan bernama Kademo, Katiyem, atau Kadimun. Bahwa namanya jadi Boyamin Saiman itu mirip dengan nama temannya yang dari Surabaya yang kini lagi di pedalaman Tiongkok. Sama-sama dari desa. Sama-sama anak petani: comot nama bapak sebagai nama belakang.

Sebagai pendiri MAKI, Boyamin masih bisa dibilang konsisten. Ia selalu menolak uang tutup mulut. Yang paling besar ketika ia menolak mulutnya ditutup dengan uang dalam perkara Djoko Tjandra.

Boyamin memang orang yang suka bikin sejarah dalam hidupnya. Pun kalau itu menimbulkan gempa di seluruh Indonesia.

Anda pun mengira: gugatan PSI yang akan dikabulkan. Gugatan PSI inilah yang menimbulkan prasangka atur-mengatur. Justru kalah. Anak Boyamin yang menang.

Kejelian gugatan Almas adalah di soal legal standing. Almas memang masih mahasiswa. Tapi dalam gugatan ia menyebut dirinya punya cita-cita menjadi presiden. Maka ia merasa dirugikan konstitusi. Ia menjadi punya legal standing.

Lalu ia menang dalam yurisprudensi. Waktu MK memutuskan soal umur pimpinan KPK, ada klausul ''atau pernah memimpin KPK''.

Bahwa yang ia pakai adalah ''pengalaman sebagai wali kota atau bupati"' (bukan gubernur), pertimbangannya adalah: justru otonomi daerah itu adanya di kota atau kabupaten. Bukan di provinsi.

Siapa pun yang kelak menggugat konstitusi ke MK harus belajar dari Almas.

Dan yang terpenting: Almas membuat gugatan yang kalau dikabulkan tidak sampai membuat MK dianggap menggantikan DPR.

Dalam gugatan itu ia memohon agar batas 40 tahun itu diberi pengertian atau sudah berpengalaman jadi bupati/wali kota. Dengan demikian putusan MK tetap sebatas hanya mengabulkan atau menolak. Tidak membuat sendiri. Dan ketika putusannya mengabulkan yang diuntungkan Gibran.

Almas tidak hanya mengalahkan adiknya. PSI pun kalah taktik dengannya. Itulah perlunya pengacara hebat yang dilahirkan hari Rabu. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi  25 Oktober 2023: Prof Provokasi

Hari Purwanto
MANTU SANTRI KAGAK PROPESOR

ipeh : nyaak...ipeh dilamar
nyak: ame siape
ipeh: seorang santri nyak
nyak: terime aje
ipeh: kok langsung trime aje
nyak: Tuhan yg gak kasat mata aje die patuhin n dicintai...apelagi elu sorangan
ipeh: tapi hanya santri, kagak punya gelar...apelagi propesor
nyak: alaaaah propesor...hanya pinter ilmu tertentu...tapi santri bisa menguasai ilmu beriman, sabar, tawadhu', ngalah, pandai ,bersyukur, n banyak lagi.....
ipeh : tapi tampilanye cuma peci ame sarung aje loh nyaaak
nyak: sarung ntu cume bungkusnye, nyang penting isinye...dalemnye sarung tuh gerakannya lebih liberal dan lebih demokratis, gesiiit nglebihin gesitnya pak RW Pak Lurah atawa Cawapres...
ipeh: masaaak sih nyak
nyak: laah iyaaa....babe elu dulunye santri, mangkenye nyak ampe sekarang mingsih lengket aje
ipeh: alamaaaaak....pantesan saban taon ane dapet adik

Jimmy Marta
Membaca dan menulis itu punya hubungan sangat erat. 'Reading is like breathing in. Writing is like breathing out', kata Pam Allyn. Dua kegiatan itu saling terkait satu sama lain. Membaca dan menulis ibarat napas, yg dpt memperpanjang usia. Bagi seorang dokter yg sudah terbiasa dg membaca, tentu tak sulit tulis menulis. Apalagi ada yg memberi tambahan motivasi. Dibimbing dan disemangati oleh mentor kelas suhu nya wartawan. Selamat untuk bu Delapan Puluh. Semangat anda luar biasa. Tidak mudah untuk menjadi dokter, wartawan, dosen profesor, seorang ibu dan istri...

Lagarenze 1301
//KESATUAN// Suatu hari engkau bertanya kepadaku/ manakah yang lebih penting bagimu/ hidupku atau hidupmu?// Aku berkata, hidupku/ lalu engkau pergi tinggalkan aku/ Tanpa kau tahu/ Engkaulah sejatinya hidupku itu/ Puisi: Kahlil Gibran

Amat K.
Waktu penyembuhan memang agak lama dan yang pasti meninggalkan bekas luka. Sakit selama persalinan disebut sebagai puncak rasa sakit. Dalam skala 1-10, sakitnya persalinan berada di level 10. Begitulah pengorbanan seorang ibu. Pantas saja surga di telapak kaki ibu. Caesar atau normal ada plus minusnya. Hanya bapack-bapack yang tahu itu. Yang Jomlo mana tahu.

Amat K.
Ehm Jadi begini, caesar atau bukan, itu adalah pilihan dan bukan pilihan (terpaksa; pilihan terakhir). Maksud saya, keduanya bisa jadi kondisional. Ada ibu yang karena kondisi tertentu mengharuskan diambil tindakan caesar berdasar diagnosis dokter. Dokter yang tahu itu, demi keselamatan ibu dan janinnya. Sebelum tindakan ops, dokter akan menjelaskan berbagai alasan pertimbangan. Lalu suami pasien/ keluarga setuju, tanda tangan, baru diambil tindakan. Ada juga yang memang atas keinginan pasien. Ingin langsung caesar saja. Kebeneran saya punya tiga anak. Ketiganya dilahirkan secara caesar. Anak pertama, kesulitan dalam persalinan karena posisi sungsang, janin terlilit tali pusar. Kala kelahiran anak kedua dan ketiga pun diputuskan caesar tanpa menunggu sakit tanda awal persalinan (bersebab si ibu punya riwayat caesar dan pernah kecelakaan retak panggul jadi berisiko jika melahirkan normal). Jadi, dokter akan mengevaluasi berdasar hasil USG, saat perkiraan usia janin sudah cukup bulan, tinggal memilih tanggal persalinan.

Leong Putu
Agak ngecap tapi ini fakta. Saya termasuk suami bertanggung jawab. Tiga anak kami semua lahir normal dan ditiga kali proses persalian istri saya itu, saya selalu menemani. Dari awal sampai akhir. Dari sana saya jadi mengerti, perjuangan seorang istri saat melahirkan, bagai "bertaruh" nyawa. Juga membuat saya semakin sayang padanya. Mungkin dia juga begitu. Dan kepada anak-anak, saya selalu ceritakan bagaimana perjuangan ibu mereka saat melahirkan mereka. Dan berpesan :"jangan pernah lukai hatinya". I ❤ my wife verry much. And always be **Jangan percaya cerita ini.

Johannes Kitono
Congrat untuk Profesor Provakator yang dapat Paten berkat Pandemi. Dulu ada dua orang dokter yang rajin menulis. Yaitu dr Marga T ( 1943 -2023 ) alias Marga Tjoa alumni FK Trisakti. Sangat produktif dengan 128 cerpen dan 67 buku. Novel Karmila dan Badai Pasti Berlalu jadi Best seller dan sudah difilmkan.Kemudian dr Handrawan Nadesul ( lahir 1948 - ) alias Gouw Han Goan. Dr H Nadesul menghasilkan 74 buku kesehatan dan membentuk grup Dokter Kecil dengan 400 murid SD di Bogor.Dokter alumni FK Atmajaya, Jakarta ini pernah menjabat Kadinkes Bogor. Memang seorang dokter yang selalu sibuk dengan kegiatan rutinnya. Juga harus bisa mencuri waktu menulis pengalamannya, khususnya ketika dinas di daerah terpencil. Seperti yang dialami dokter muda yang bertugas di Balai Karangan, Sanggau. Masyarakat bayar pengobatan tidak hanya dengan rupiah.Terkadang bayar dengan buah-buahan hasil kebunnya.Disinilah jiwa pengabdian dokter diuji. Ketika hari Minggu sedang tidur siang.Tiba-tiba rumah diketok orang. Bukan oleh pasien, tetapi oleh penduduk yang minta di foto, untuk KTP. Seorang dokter di kampung dianggap serba bisa.Kebetulan punya kamera dan HP waktu itu masih langka. Tahun ini adalah Tahun Kelinci yang akan disusul Tahun Naga. Pasangan muda khususnya etnis Tionghoa pengin sekali punya anak Naga. Tahun Naga yang dimulai 10-2-2024 s/d 28-1-2024. Saatnya para dr Obgyn dulang rezeki dari cessio.Semoga hopeng dr Azen Salim,Obgyn juga ikut menikmati rezeki yang terulang setiap 12 Tahun sekali.

Hari Purwanto
Dokter sekarang sudah banyak yang pinter "menulis", buktinya...saya bisa baca tulisan di resep....duluu angel tenan...melebihi tulisan steno wartawan.

Fiona Handoko
selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp leong, bp mul, bp sumartan, bp jm, ka macca dan teman2 rusuhwan. seorang wanita pirang irlandia yg sexy tampak sedikit mabuk di casino. dia bertaruh € 10.000 untuk satu lemparan dadu. dia berkata "semoga tidak ada yg keberatan. tapi saya merasa beruntung saat bertelanjang dada." segera ia melepas pakaian dan bra nya, melempar dadu dan berteriak, " ayo sayang. mama butuh baju baru." saat dadu berhenti. dia melompat sampai payudaranya berguncang guncang. katanya" puji tuhan. saya menang, saya menang. " dipeluklah setiap dealer olehnya. mengambil koin kemenangannya, memungut pakaiannya lalu pergi. para dealer saling menatap, tercengang. akhirnya salah satu dari mereka bertanya," nomor berapa yg ditampilkan dadu? " dealer lainnya berkata," saya tidak tahu. saya pikir anda yg mengawasinya." pesan moral cerita di atas. tidak semua pemabuk mabuk tidak semua wanita pirang sexy itu lugu tapi semua laki2 tetaplah laki2

Hari Purwanto
aduuuuh saya terguncang......karena saya tetaplah laki-laki

Jokosp Sp
Pesannya : janganlah sekali-kali salah fokus. Apalagi saat ini. Fokus ke trik lawan sangat dibutuhkan. Cari kelemahannya dan di sesi akhir serang dengan sekuat-kuatnya. Maka lawan (musuh) anda akan keok. #buat para team sukses dan para politbiro partai.

Ahmad Zuhri
Alhamdulillah anak2 lahir normal semua.. kl normal itu masa penyembuhan istri jg lebih cepat daripada sesar. Di kota kenapa kok lebih suka sesar, menurut saya: gaya hidup, tidak mau susah payah/sabar menahan sakit, ada oknum dokter juga yg maunya instan biar semakin banyak yg bisa ditangani mungkin ini jg pengaruh dari banyak nya pasien yg antri, dll.

Kang Sabarikhlas
Prestasi Bu Eighty sungguh mengagumkan, selain mendapat gelar profesor juga punya 3 hak paten. mungkin Abah lupa memberi juga gelar 8i,.... Selamat & Sukses. anu...maaf, meski saya sebagai petugas perusuh chd. saya kan boleh main 2 - 3 kaki yang penting sudah wajib lapor..eh anu..komen. Permisi...saya ke tetangga sebelah nonton yang mau daftar ke KPU juga nanti nunggu pengumuman reshuffle kabinet,.. siapa ya?……

Xiaomi A1
Beberapa kali saya lihat sahabat disway ada yg menyuarakan Camp Perusuh jilid-2.. Terkait kekinian, jangan2 Abah Dis akan terpikir untuk menetapkan batas bawah atau bahkan jg batas atas usia peserta camp.. Buat calon peserta yg gak setuju dgn batas bawah/umur (seandainya aturan itu bnr ada) maka bisa mengajukan uji materi ke MK, krn memang kebetulan sahabat disway ada yg MK, lengkapnya Muliyanto Krista.. Jangan2 hasil keputusannya akan begini..tetap ada batasan umur perusuh calon peserta camp disway, namun pengecualian untuk yg sudah nikah atau pernah menjabat sbg ketua RT..

imau compo
Saatnya saya beri komentar khusus pada admin setelah Pak DI membanggakan wartawannya yg terspesialisasi hingga sekarang jadi profesor. Sepertinya, hal yang paling tertinggal di CHD adalah admin. Kesimpulan ini diambil dari saran, keluhan sampai tantangan panco dari perusuh. Keluhan-keluhannya juga masih pada butir-butir fundamental seperti komentar yg terpotong, editing tulisan acakadut dan waktu terbit yg terlambat hingga sejam. Admin CHD belum masuk pada selera. Misalnya, koran sebelah sampai mengiklankan, anda nyaman membaca berita kami tanpa diganggu iklan. Padahal, koran modern internasional sampai memikirkan segmen warna ilustrasi/lay out utk segmen pembaca dgn ras tertentu. Misalnya, warna merah di Cina dimaknai berbeda dengan di Indonesia. Di Cina warna merepresentasikan kemarahan sementara di Indonesia dimaknai berani. Paragraf terakhir ini saya singkatkan dengan ungkapan beda makna lempar handuk oleh petinju dan wanita. Petinju yg lempar handuk artinya menyerah sementara wanita yang lempar handuk bermakna "menantang".

Jokosp Sp
Titip tolong tanyakan ke Ibu dokter Eghty, kenapa yang melahirkan lewat sesar sudah 70% di perkotaan?. Apakah nantinya akan didorong menjadi 100%. Berarti nantinya tidak ada lagi profesi bidan yang membantu proses melahirkan secara normal. Alasan sebenarnya apa sih Abah, apakah biar masih utuh, dan takut robek?. Atau alasan awal untuk mencegah tingkat resiko lebih besar jika melahirkan normal bagi bayi dan ibunya?. Pilihannya kan jadi dua : robek bawah, pengembaliannya dioperasi (pinjam istilah overhoul engine unit "distandarisasi ulang"), atau sesar dengan disobek bagian perut dan dijahit ulang. Padahal disesar ada yang sulit bagi si ibu : tidak bisa angkat yang berat-berat, takut sobek dan ada rasa nyeri karena belum lengket antar kulit. Perut tidak bisa tertekan berlebihan, akan menimbulkan sakit. Akibat dari sesar itu setahun juga ada dampak buat bapaknya, harus tahu diri, gaya mainnya perlu dirubah dari belakang. Ternyata "main belakang" itu tidak selalu berkonotasi tidak baik. Mungkin saat ini sesar sudah sangat moderen, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit, dan proses penyembuhannya sudah sangat cepat.

Jimmy Marta
Bukan prof provokasi, tp wartawan provokasi. Itu judul yg cocok. Dokter yg dikompori untuk mengeluti dunia tulis menulis. Jadi wartawan. Berkat kompor yg apinya terkendali, sang dokter menghasilkan banyak karya. 100 jurnal internasional, 29 scopus dan 19 buku itu sangat hebat. Bu Eighty memang Profesor dokter dan ibu yg luar biasa.

Mirza Mirwan
Kalau Trump tak mengaku bersalah, padahal dakwaannya paling banyak, ya hukumannya penjara, Bung Jimmy. Tapi, pada akhirnya, kyknya Trump juga plead guilty. Ketimbang gagal nyapres. Yang "plead guilty" baru 4, bukan 5 : Scott Graham Hall, Sidney Powell, Kenneth Chesebro, dan Jenna Ellis. Sebenarnya bukan karena hukumannya hanya peecobaan (probation) yang membuat mereka ngaku salah. Tetapi sidangnya bisa berlarut-larut. Pun blm tentu bebas. Bukti pelanggaran yang dipunyai Fani Willis cukup kuat. Sulit untuk membantahnya.

Mirza Mirwan
Satu lagi sekutu Trump dalam kasus usaha pembalikan hasil pilpres di Georgia "plead guilty", ngaku salah. Kali ini giliran Jenna Ellis. Ia menerima dengan ikhlas hukuman 5 tahun dalam masa percobaan dan denda US$5000. Sementara itu GOP di DPR belum juga memutuskan siapa yang akan dijadikan calon dalam perebutan kursi Speaker. Dari semula 9 calon masih tersisa 6 calon yang berebut tiket menuju voting melawan Hakeem Jeffries. Beralih ke mabes PBB. Dubes Israel, Gilad Erdan, minta agar Sekjen Antonio Gutteres mundur, karena dinilai m

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 279

  • fadlel muhammad
    fadlel muhammad
  • fadlel muhammad
    fadlel muhammad
  • fadlel muhammad
    fadlel muhammad
  • anas mahmudii
    anas mahmudii
  • anas mahmudii
    anas mahmudii
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Fauzi Prayoga
    Fauzi Prayoga
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Eciya Assemargandy
    Eciya Assemargandy
  • Habib Hafid
    Habib Hafid
  • Lilik ulfa
    Lilik ulfa
  • laila alfina
    laila alfina
  • Jihani uliya
    Jihani uliya
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
    • Jihani uliya
      Jihani uliya
  • anisa feby
    anisa feby
    • Jihani uliya
      Jihani uliya
  • lailatul qodariyah
    lailatul qodariyah
  • M. Junianto Tri Gunawan
    M. Junianto Tri Gunawan
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • imau compo
    imau compo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • imau compo
      imau compo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Sumartan
    Sumartan
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Er Gham
    Er Gham
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Liam Then
    Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • ibul daful
    ibul daful
  • Azwar Anas
    Azwar Anas
  • Hendry
    Hendry
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Amat K.
      Amat K.
    • imau compo
      imau compo
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • ibul daful
    ibul daful
    • Liam Then
      Liam Then
  • KEY
    KEY
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • imau compo
      imau compo
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Sumartan
    Sumartan
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • ahmad faqih
      ahmad faqih
    • Liam Then
      Liam Then
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Liam Then
      Liam Then
  • Purnomo
    Purnomo
  • Super Peyek
    Super Peyek
    • Sumartan
      Sumartan
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • imau compo
    imau compo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • imau compo
      imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
  • ibnuhidayat setyaningrum
    ibnuhidayat setyaningrum
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • imau compo
    imau compo
  • Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
    Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
  • Edi Wijaya Kusuma
    Edi Wijaya Kusuma
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Warung Faiz
    Warung Faiz
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Liam Then
      Liam Then
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
  • Er Gham
    Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • edi susanto
    edi susanto
    • Sumartan
      Sumartan
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • imau compo
      imau compo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • KEY
      KEY
    • KEY
      KEY
    • KEY
      KEY
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • ahmad faqih
      ahmad faqih
    • alasroban
      alasroban
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Beny Arifin
    Beny Arifin
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • Supri Yanto
      Supri Yanto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Amat K.
      Amat K.
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Rachmad Saleh
    Rachmad Saleh
  • Kartosuwiryo
    Kartosuwiryo
  • anisa feby
    anisa feby
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • ari widodo
      ari widodo
    • Muin TV
      Muin TV
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • imau compo
      imau compo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Frederick James Antolie
    Frederick James Antolie
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Nurhasan UIN Jakarta
    Nurhasan UIN Jakarta
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • kritikItuSehat
    kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • Supri Yanto
      Supri Yanto
    • KEY
      KEY
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Zak cen Fu
    Zak cen Fu
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Guslurah
    Guslurah
  • MUHAMMAD ARAB
    MUHAMMAD ARAB
  • rid kc
    rid kc
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • alasroban
    alasroban
  • nur cahyono
    nur cahyono
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • nur cahyono
    nur cahyono
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301