Gempa Guncang Kupang Magnitudo 6,6 SR, Kantor Gubenur dan Bupati NTT Rusak Ringan

Gempa Guncang Kupang Magnitudo 6,6 SR, Kantor Gubenur dan Bupati NTT Rusak Ringan

Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 6,6 SR mengguncang wilayah Kupang, NTT, Kamis 2 November 2023-BMKG/X-

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,26° Lintang Selatan dan 123,72° Bujur Timur, atau tepatnya terletak di darat pada jarak 15 kilometer arah tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada kedalaman 25 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal (shallow krutal gempa) yang memicu aktivitas sesar aktif. 

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal patahan),” Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Kamis 2 November 2023.

BACA JUGA: Gempa Bumi Magnitudo 7,1 SR Guncang Keerom Papua

BACA JUGA: Gempa Bumi M 5,4 Guncang Sukabumi Jawa Barat, Getaran Terasa hingga Jakarta dan Bogor!

Daryono menambahkan, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kupang dengan skala intensitas V MMI, yaitu getaran yang dirasakan hampir semua penduduk, banyak orang terbangun.

Di daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan dirasakan dengan skala intensitas IV-V MMI, yaitu getaran yang dirasakan hampir semua penduduk, banyak orang terbangun.

Di daerah Rote dan Waingapu dirasakan dengan skala intensitas III MMI, yaitu sensasi yang dirasakan nyata di dalam rumah, sensasi yang terasa seperti truk lewat.

Di daerah Alor dirasakan dengan skala intensitas II MMI, yaitu getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Gempa Bumi Guncang Lampung dan Sulawesi Utara, Masyarakat Diminta Waspada

BACA JUGA: Berita Terkini! Gempa Bumi Magnitudo 5,9 Guncang Banten, Terasa sampai Istana Negara di Tengah Upacara Kemerdekaan Indonesia

Daryono mengimbau kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Arti Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) Pada Gempa Bumi

saya MMI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: