Peneliti Senior Sebut Gibran Rakabuming Bakal 'Gerus' Suara Ganjar di Jawa Tengah: Simbolisasi Pak Jokowi

Peneliti Senior Sebut Gibran Rakabuming Bakal 'Gerus' Suara Ganjar di Jawa Tengah: Simbolisasi Pak Jokowi

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pasangan capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.--kilatsolo.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Peneliti Senior dari Populi Center, Usep Saepul Ahyar, meyakini bahwa elektabilitas Prabowo Subianto akan mengalami kenaikan yang signifikan karena kehadiran Gibran sebagai calon wakil presidennya.

Menurut Usep, dengan melibatkan Gibran sebagai cawapres, peluang Prabowo untuk memenangkan suara dari kalangan milenial akan semakin besar.

"Saya percaya bahwa faktor Gibran ini secara signifikan akan memberi tambahan suara bagi Prabowo, namun di sisi lain juga berpotensi mereduksi suara yang seharusnya diterima oleh Ganjar.

BACA JUGA:Sinopsis Film Panggonan Wingit, Diambil dari Kisah Nyata di Semarang

Mengingat Gibran adalah simbolisasi dari Pak Jokowi, hal ini tentu berhubungan erat dengan Ganjar," ungkap Usep dalam keterangan resminya pada Sabtu, 11 November 2023.

Berdasarkan data survei terbaru yang dirilis oleh Populi Center, Prabowo adalah kandidat capres yang mendapatkan dukungan terbanyak dari masyarakat, dibandingkan dengan Ganjar Pranowo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) maupun Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Survei yang dilakukan mulai tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2023 tersebut menunjukkan bahwa Prabowo berhasil menduduki peringkat pertama dengan total dukungan sebesar 35,1 persen.

Disusul oleh Anies dengan dukungan sebesar 18,2 persen dan Ganjar yang berada diposisi ketiga dengan dukungan sebesar 18,0 persen.

BACA JUGA:Cara Membuat Soto Ayam Ambengan Khas Surabaya Terenak 2023

"Berdasarkan pertanyaan terbuka, Prabowo Subianto merupakan tokoh yang paling banyak dipilih sebagai presiden jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini dengan persentase dukungan sebesar 35,1 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan 18,2 persen dan Ganjar Pranowo dengan 18 persen," tambah Usep.

Oleh karena itu, dengan kekuatan kombinasi Prabowo-Gibran yang kuat, Usep menjelaskan bahwa peluang Prabowo untuk meraih kemenangan dalam Pilpres 2024 semakin terbuka lebar. Terlebih lagi, dukungan yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada pasangan Prabowo-Gibran semakin menambah keyakinan mereka.

"Baik Pak Ganjar maupun Pak Prabowo, keduanya mendapatkan dukungan dari Pak Jokowi. Sebelumnya, endorsement dari Pak Jokowi terbagi diantara kedua pasangan tersebut (Prabowo-Gibran), tetapi sekarang endorsement yang diberikan lebih condong kepada Prabowo-Gibran," tutur Usep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: