Kemenhub Terus Sosialisasikan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Kemenhub Terus Sosialisasikan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Kemenhub Terus Sosialisasikan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Demi mendukung percepatan kendaraan ramah lingkungan untuk transisi energi berkelanjutan di bidang transportasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar acara sosialisasi dan edukasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan tema Electric Vehicle Fun Day pada Minggu 12 November 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Digelarnya acara ini menjadi salah satu bentuk upaya pemerintah di bidang transportasi dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke energi berkelanjutan.

BACA JUGA:Jadwal Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024 Sudah Keluar, Ini Dia Tanggalnya!

Isu global yang menjadi pembahasan saat ini adalah mengenai low emission mobility. Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mempercepat penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 39 tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

"Peraturan ini disusun bertujuan untuk mewujudkan energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca khususnya pada sektor transportasi jalan," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan ketika membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Darat pada Minggu 12 November 2023.

BACA JUGA:Deretan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan KTT AIS 2023 di Bali

Selain itu, Indonesia merupakan pasar potensial dari segi produksi dan penggunaan kendaraan listrik

Oleh karena itu, pemerintah turut mendorong penguasaan teknologi industri dan rancang bangun kendaraan demi mewujudkan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, Danto menuturkan bahwa perlu adanya sebuah sinergitas untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

"Dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, pelaku industri otomotif, industri kreatif, dan komunitas serta masyarakat pada umumnya," tuturnya.

BACA JUGA:Menteri PPPA Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik di Ajang InaRI Expo 2023

Sebagai informasi, saat ini populasi kendaraan listrik di Indonesia sudah mencapai 95 ribu unit kendaraan yang terdiri dari sepeda motor roda dua, roda tiga, mobil penumpang, mobil bus dan mobil barang.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam pelaksanaan acara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: