Bani Wolbachia

Bani Wolbachia

--

PEMERINTAH akan jalan terus, pun ketika kritik keras minta menghentikannya. 

Ini soal program pelepasan jutaan telur nyamuk terpapar Wolbachia di enam daerah: Bali, Jakarta Barat, Bandung, Semarang, Kupang, dan Bontang. 

Tujuan pemerintah: menurunkan penyakit demam berdarah. Caranya itu yang sangat baru. Sangat modern: justru dengan melepas jutaan telur nyamuk yang sudah terpapar Wolbachia. Jutaan telur itu pun menetas. Jadi jutaan nyamuk. 

Lalu mereka akil baligh. Mereka kawin –dengan nyamuk betina. Lahirlah anak-anak nyamuk Bani Wolbachia. Inilah jenis nyamuk baru yang tidak akan menularkan virus, utamanya virus demam berdarah. 

Nyamuk jantan yang terkena virus Wolbachia pun akan impotent dan mati. Dengan demikian maka penyebab utama demam berdasar berhasil dihilangkan.

Tadi malam saya menghubungi dua orang yang aktif di bidang ini. Salah satunya ahli kesehatan masyarakat Prof Dr Adi Utarini: guru besar UGM Yogyakarta. Dia sibuk: lagi menghadiri satu acara.

Lalu saya hubungi dokter Sjakon G. Tahija. Ia pendiri Yayasan Tahija: yayasan yang fokus ke soal pemberantasan demam berdarah. Nama Yayasan Tahija diambil dari nama bapaknya: Julius Tahija.

Anda sudah tahu siapa Julius Tahija: putra Ambon yang dua kali menjabat menteri di zaman Presiden Bung Karno. Juga dikenal sebagai pucuk pimpinan perusahaan minyak Caltex Indonesia. Julius Tahija juga pendiri Bank Niaga. Pernah jadi pemilik saham Freeport. Juga pemilik pembangkit listrik di Timika yang khusus untuk melistriki tambang Freeport. Ia pernah jadi salah satu dari 9 konglomerat terbesar Indonesia –pada zamannya.

Dokter Sjakon Tahija anak sulung Julius Tahija –dari dua bersaudara. Ia dokter mata lulusan FKUI. Keahliannya:  bedah retina.

Sebelum diterapkan di enam daerah itu penyebaran telur Wolbachia pernah dicoba  dilakukan secara terbatas di Yogyakarta. Berhasil. Nyamuk aedes aegypti-nya jadi terjangkit Wolbachia semua. Angka demam berdarah turun drastis. Termasuk kematian akibat DB. Efek negatif pun tidak ada.

Sri Sultan Hamengkubuwono X minta agar penyebaran Wolbachia diperluas: ke Sleman dan Bantul. Hasilnya juga nyata.

Sukses Yogyakarta itu sampai ke telinga Menkes Budi Sadikin. Kebetulan menkes kenal baik dengan Prof U-ut, nama panggilan Adi Utarini: sama-sama siswa teladan hanya beda SMA dari Yogyakarta.

Prof U-ut pun menjelaskan pelaksanaan program Wolbachia di Yogyakarta itu. Maka menkes memutuskan: melanjutkannya ke daerah-daerah lain yang sangat tinggi kasus DB-nya. 

Kemenkes tetap menggandeng pelaksana program yang di Yogyakarta: Yayasan Tahija dan Universitas Gadjah Mada –di bawah tim Prof U-ut.

Waktu itu Yayasan Tahija, bersama UGM, sudah mempelajarinya dengan sangat mendalam. Terutama saat negara bagian Queensland, Australia, melaksanakan pelepasan Wolbachia di kota Brisbane. Itu tahun 2009. Hasilnya sangat baik. Juga sangat aman.

Indonesia adalah negara kedua yang menerapkannya –setelah Australia. Kini sudah 14 negara yang akan mengikuti.

Dari mana jutaan telur Wolbachia didapat? 

''Kami ambil dari Yogyakarta,'' ujar dr Sjakon Tahija. ''Yayasan kami sudah bisa memproduksinya,'' tambahnya. 

Ketika mempraktikkannya di Yogyakarta, Yayasan Tahija bekerja sama dengan sekitar 3000 relawan. Merekalah yang mendidik masyarakat. Tidak ada paksaan. Penduduk yang rumahnya rela dipakai pelepasan Wolbachia boleh mendaftar.

Mereka diminta menyiapkan ember. Berisi air. Lalu telur-telur Wolbachia ditaruh dalam air di ember itu. Begitulah cara nyamuk berbiak.

Proses yang sama akan dilakukan di enam daerah di atas. Tahun depan sudah diketahui apakah cara baru mengatasi demam berdarah ini juga berhasil di sana.

Berbagai penelitian atas nyamuk memang dilakukan di banyak negara. Sejak Anda belum lahir: tahun 1924. Termasuk penelitian mengenai cara nyamuk berhubungan seks. Juga reproduksinya. Yang pertama melakukan adalah Simeon Burt Wolbach –dari nama belakangnya diambil.

Tapi penelitian lanjutan yang sangat gigih terjadi telah tahun 1970-an. Di seluruh dunia –terutama di Amerika.

Indonesia setidaknya tidak takut menerapkannya. Termasuk tidak takut pada kritik kelompok Gerakan Sehat untuk Rakyat yang sangat keras –yang menuntut program Wolbachia dibatalkan sekarang juga. Salah seorang di dalamnya adalah mantan Menkes Prof Dr Siti Fadilah Supari.

Yogyakarta rupanya memang istimewa. (Dahlan Iskan)


Perusuh Disway--

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisaan Edisi 15 November 2023: Nobel Robin

 

Lagarenze 1301

Embun pagi di Candi Prambanan/ 

Bening menitik di atas dedaunan/ 

Para perusuh kangen-kangenan/ 

Dijamin tak ada ular di comberan//

 

Lagarenze 1301

Waktu jima' yang baik adalah setelah Salat Subuh. Studi menyimpulkan, jima' di pagi hari membawa banyak manfaat. Pelepasan endorfin dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stress, menjadikan aktivitas pagi menyenangkan, dan menjadi mood booster sepanjang hari. Bagaimana jika berjima' sebelum Salat Subuh? Boleh saja. Asal jangan lupa langsung mandi wajib setelahnya.

 

mzarifin umarzain

Setelah bersetubuh apa tidak kecapaian & enak untuk tidur? Bersenggama sebelum tidur malam, Jadi enak karena lantas tidur.

 

Lagarenze 1301

Candi Prambanan yang dibangun oleh Raja Rakai Pikatan pada 840-856 M bercerita tentang ambisi, pengkhianatan, dan kemarahan. Keinginan Bandung Bondowoso, putra mahkota kerajaan sebelah, sangat besar untuk mempersunting putri raja, Roro Jonggrang. Ia tak peduli jika syaratnya adalah membangun 1.000 arca dalam satu malam. Bagi Bandung Bondowoso, memiliki Roro Jonggrang adalah segalanya. Apapun akan dilakukannya, termasuk meminta bantuan jin. Sebenarnya ia takkan sanggup memenuhi syarat, tapi dengan bantuan jin tadi, apapun hil jadi mustahal. Dan, Bandung Bondowoso berhasil membangun arca yang tampaknya akan selesai sebelum pagi. Maklum, ada jin yang memuluskan jalannya. Roro Jonggrang yang tidak suka Bandung Bondowoso dan karenanya memasang syarat yang tak masuk akal, jadi panik melihat ratusan arca sudah selesai lewat tengah malam. Roro Jonggrang pun memukul lesung bertubi-tubi untuk membangunkan ayam yang segera berkokok: pertanda hari menjelang pagi. Saat itu, Bandung Bondowoso baru selesai membangun 999 arca. Ia kaget mendengar kokok ayam padahal belum pagi. Oww, rupanya ulah Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso sangat marah. Ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk melengkapi 1.000 arca. Selamat gathering para perusuh Disway di Candi Prambanan 15-16 Desember 2023. Semoga bisa bertemu dengan Roro Jonggrang. Layanan Mbak Pipit dan para pesuruh Disway pasti memuaskan. Tak ada ular, tak ada longsor. Dijamin ada air hangat untuk mandi.

 

HANVINCY ADNOV

Akhirnya bisa memberi komentar di disway padahal sebelum-sebelumnya untuk login sangat sulit, sesulit memprediksi keadaan dunia 5-10 tahun kedepan. Napoleone Buonaparte hidup pada tahun 15 Augustus 1769 - 5 Mei 1821 terus Alfred Nobel hidup pada tahun 21 October 1833 - 10 December 1896 berarti Benua Biru bisa dikatakan dalam keadaan stabil n termasuk di era keemasan artinya dalam keadaan situasi n kondisi yg enak terutama negara2 yg mempunyai wilayah jajahan. Pada tahun2 itu yang sedang mengalami kesulitan adalah terutama wilayah Asia n Afrika karena sedang mengalami era penjajahan. 

 

Atho'illah

Pujangga Merana Mencari Cahaya Di malam sunyi penuh duka, Pujangga merana dalam luka. Dalam kata-kata, hatinya ternganga. Luka tak tampak, tersembunyi dalam sajak. Lirih puisi menjadi bisikan kesepian, Mengalun sepi, menari dalam kehampaan. Pujangga merana, heningnya sendiri, Menyusuri lorong-lorong kenangan yang pilu. Cinta yang sirna, layu dalam puisi, Puisi merana, mengukir luka di dalam hati. Pujangga mencoba menyembunyikan pedih, Namun, pena tak bisa membohongi perasaan. Pujangga merana, bertanya pada bintang, Apakah cinta bersemi di keheningan? Namun, jawab malam hanya bisikan angin, Menyusuri reruntuhan asmara yang kian pudar. Pada lembaran kertas putih berserak, Garis-garis hitam mencerminkan kepedihan, Namun, dalam pena, tersembunyi harapan, Pujangga merana, mencari cahaya, Cahaya cinta yang menyinari kegelapan Dan menjadi sumber kebahagiaan.

 

Lagarenze 1301

Puisi ini bagus dibacakan di pelataran Candi Prambanan tengah malam saat gathering perusuh Disway, Mas Aat. :) :)

 

Mirza Mirwan

"Ah, ini pasti NST Award yang diserahkan di Munich 9 November kemarin," batin saya ketika membaca judul CHD hari ini barusan. Dan ternyata benar. Tapi Pak DI hanya menyebut John Kerry dan Robin Yuqun Zeng sebagai penerima award. Padahal tahun ini ditambah dua award lagi untuk kategori: Outstanding Research and Development in the field of Energy, yang diberikan kepada Prof. Elena Bou dari European Institute of Innovation and Technology; dan Leadership in Implementation, yang diberikan kepada Prof. Nicholas Stern dari London School of Economics and Political Science. Nobel Prize yang lebih dulu diberikan awalnya juga hanya untuk bidang Fisika dan Kimia, lalu menyusul: Kedokteran, Kesusastraan, dan Perdamaian. Untuk bidang Ekonomi malah baru mulai tahun 1968, itupun uangnya sumbangan dari Bank Sentral Swedia, Sveriges Riksbank, dalam rangka ulang tahun ke-300 bank tersebut. Enam kategori pemenang Nobel Prize sudah diumumkan sejak 2 - 6 dan 9 Oktober yang lalu -- saya pernah tuliskan siapa pemenangnya -- tetapi penyerahan hadiahnya baru akan dilaksanakan tanggal 10 Desember mendatang di Stockholm (5 kategori) dan Oslo untuk Nobel Perdamaian.

 

Nimas

Sanad muttashil mutlak, intelektual dan spiritual melekat. Terima kasih Pak Mirza. Salam hormat dan semoga selalu sehat . Aamiin...

 

ACEP YULIUS HAMDANI

Mohon maaf kepada Abah DI, bukan saya tidak menghargai upaya Abah untuk bertemu dengan para perusuh, tapi apa daya walaupun daftar saya tidak akan kepilih, karena saya jarang rusuh, kecuali sama istri saya. Dan yang paling penting pada tanggal 15-16 Desember 2023, saya tidak kemana-mana, terima kasih.

 

Wilwa

Tidak diketahui siapa insinyurnya mungkin karena sang insinyur Low Profile. Lha Samaratungga yang mendirikan Borobudur sendiri masih jadi bahan perdebatan apakah dia orang Jawa atau orang Sumatra atau campuran Jawa Sumatra. Syailendra atau Sanjaya atau hasil perkawinan keduanya. Sama seperti asal usul kata Borobudur. Saya pribadi beranggapan bahwa nama asli Borobudur adalah Vihara Buddha. Dan kemudian mengalami banyak “plesetan” menjadi Borobudur. Viharabuddha >> Biarabuddha >> Biorobuddho >> Borobudo >> Borobudor >> Borobudur

 

Juve Zhang

Sejarah mencatat Borobudur di banguna tahun zaman siapa tapi tak mencatat siapa Insinyur Sipil nya. Sayang nama Insinyur nya tak muncul. Selayak nya nama Insinyur nya muncul. Itu Maha karya Teknik Sipil Indonesia ter hebat. Asli putra daerah. Bagaimana tahan Gempa skala 9 ratusan tahun jelas jenius ilmunya.. pun Candi Prambanan yg tinggi menjulang tahan Gempa skala 9 atau lebih. Tanpa besi tulangan dan semen. Itulah karya Insinyur Jenius. Sayang nama nya tak di catat.pasti ada Insinyur nya. Tapi kalau yg paling besar bawa Tas Echolac anda pasti tahu kan ? Wkwkkwkwk sejarah hanya di buat oleh penenteng Tas Echolac. Wkwkwkkw

 

Juve Zhang

Kalau anda tahu untuk renovasi Borobudur pemerintah menunjuk ahli struktur dab beton Indonesia Prof Ir Rooseno. Gurubesar teknik sipil. Padahal hanya renovasi .jadi yg menciptakan jelas Profesornya para Profesor. Wkwkkwk

 

Gianto Kwee

Kalau hanya butuh Satu Gelas air untuk minum, kenapa harus "Nyemplung" Ke sungai ? Mungkin inilah prinsip hidup Alfred Nobel, Salam

 

Mirza Mirwan

Pada tahun 1888 Ludvig Nobel, saudara Alfred Nobel, meninggal. Sebuah koran Perancis memberitakan judul yang seram: "Le Marchand de la Mort es Mort" -- saudagar kematian telah mati. Koran itu mengira yang meninggal adalah Alfred Nobel. Itu terlihat dari "lead" beritanya yang berbunyi: "Dr. Alfred Nobel, yang menjadi kaya-raya karena menemukan cara membunuh lebih banyak orang lebih cepat dari sebelumnya, telah meninggal kemarin." Mungkin gegara stigma pengkhianat yang diberikan Perancis, karena menjual dinamit ke Italia. Alfred Nobel membaca berita itu. Ia tertegun. Lalu ia curhat kepada Bertha Kinsky, mantan sekretaris dan wanita pujaannya, yang sudah menikah dengan Arthur Gondaccar, seorang Baron. Bertha yang tetap berkorespondensi dengan Alfred menyarankan agar menyisihkan sebagian kekayaannya untuk amal. Sejak itu Alfred menjadi donatur beberapa yayasan sosial dan gereja. Pada tahun 1895, Alfred menandatangani wasiat yang isinya menyebutkan bahwa ia mewariskan 94% dari total asetnya kepentingan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Penandatanganan itu dilakukan dalam pertemuan Klub Swedia-Norwegia di Paris. Dari situlah awal mula berdirinya Yayasan Nobel. Eh, iya, Pak DI menulis Nobel punya lebih dari 300 paten. Tepatnya 355 paten.

 

bagus aryo sutikno

Hakekat penemuan. Di suatu kelas geografi, Bu Guru bertanya ; * Ayo mulyanto, siapa penemu Amerika.? * Anu Bu, Columbus. * Betul. Ayoo kamu Leong, ada apa angkat tangan.? * Berarti saya juga penemu dong Bu.? * Kamu penemu apaaaa Leong..? * Saya penemu sutra merah. Tadi saya temukan di bawah meja Bu Guru. *Leong...!! @#£&£#@ #kelas berapa mereka yaa..? 

 

Er Gham

Acara gathering perusuh ke 2 di Prambanan pertengahan Desember. Selamat untuk 40 orang yang nanti terpilih. Perusuh diharapkan berlatih senam aerobik 1.5 jam dari sekarang, biar bisa mengikuti gerakan Abah. Biar tidak ngos ngos an. Malu atuh lebih muda dari Abah tapi napas tidak kuat. Oh ya, apakah pasang tenda di sekitar lapangan rumput Candi Prambanan. Hati hati ular, jika tidur di tenda. Hehehe. 08.03

 

Er Gham

Di sekitar candi prambanan banyak lapangan rumput yang luas. Entah, apakah boleh pasang tenda di sana dan bakar api unggun. Api unggun membuat ular menjauh juga. 08.16

 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Arah Jaran (Sel,14-11-2023) 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.ACEP YULIUS HAMDANI (1;177) [1;0] 

#2.Agus Suryonegoro III (5;183)★ [7;0] 

#3.Agus Tejo (1;9) 

#4.ahmad faqih (4;136)★★ [1;1] 

#5.Ahmad Zuhri (1;1) [0;1] 

#6.alasroban (1;6) 

#7.Alex Ping (1;23) [1;0] 

#8.Amat K. (1;20) [1;0] 

#9.Andi Perakk (1;58) 

#10.Arif Rahman (1;10)✏️ 

#11.arif surya (1;30)✏️ 

#12.Azza Lutfi (1;11) [0;1] 

#13.bitrik sulaiman (3;6) [0;2] 

#14.Citra Cilia (5;30) [0;3] 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 318

  • rid kc
    rid kc
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Nimas
    Nimas
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Rodrygo Goes
    Rodrygo Goes
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • imau compo
    imau compo
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • imau compo
    imau compo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Nimas
    Nimas
    • Wilwa
      Wilwa
    • Nimas
      Nimas
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
  • Liam Then
    Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
    • Liam Then
      Liam Then
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • agyan
    agyan
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • imau compo
    imau compo
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Em Ha
    Em Ha
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Fa Za
    Fa Za
  • yea aina
    yea aina
    • Wilwa
      Wilwa
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • imau compo
    imau compo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Sumartan
      Sumartan
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Wilwa
      Wilwa
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • yea aina
      yea aina
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • imau compo
      imau compo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko 2018
    Handoko 2018
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Handoko 2018
      Handoko 2018
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
    • Handoko 2018
      Handoko 2018
    • Handoko 2018
      Handoko 2018
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
    • Handoko 2018
      Handoko 2018
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Rodrygo Goes
    Rodrygo Goes
    • Rodrygo Goes
      Rodrygo Goes
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • imau compo
    imau compo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Em Ha
      Em Ha
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Dwi Marfuji
    Dwi Marfuji
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
    • Wilwa
      Wilwa
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Em Ha
      Em Ha
    • Em Ha
      Em Ha
    • KEY
      KEY
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • Em Ha
      Em Ha
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • yea aina
    yea aina
    • yea aina
      yea aina
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • yea aina
      yea aina
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • yea aina
      yea aina
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Sumartan
    Sumartan
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
    • Wilwa
      Wilwa
    • Em Ha
      Em Ha
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Wilwa
      Wilwa
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
  • Wilwa
    Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Em Ha
    Em Ha
    • Sumartan
      Sumartan
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Agus Suryonegoro III
      Agus Suryonegoro III
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Purnomo
    Purnomo
  • Wilwa
    Wilwa
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • Wilwa
      Wilwa
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Em Ha
    Em Ha
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • ꦲꦥꦪ ?
    ꦲꦥꦪ ?
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • Agus Suryonegoro III
    Agus Suryonegoro III
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • rid kc
    rid kc
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Wilwa
      Wilwa
  • Wilwa
    Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Nimas
    Nimas
    • Wilwa
      Wilwa
    • Nimas
      Nimas
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • alasroban
    alasroban
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • Guslurah
    Guslurah
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • nur cahyono
    nur cahyono
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301

Berita Terkait