Selamat Jalan Kolonel Subhan, Perwira AU yang Gugur dalam Jatuhnya Pesawat Tucano Baru Selesaikan Misi Kemanusiaan ke Gaza Palestina

Selamat Jalan Kolonel Subhan, Perwira AU yang Gugur dalam Jatuhnya Pesawat Tucano Baru Selesaikan Misi Kemanusiaan ke Gaza Palestina

Danwing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh Malang saat memimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023-Instagram lanudabdsaleh-

JAKARTA, DISWAY.ID - Duka cita mendalam dirasakan Korps TNI Angkatan Udara atas insiden jatuhnya pesawat latih Super Tucano di Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. 

Kolonel (Pnb) Subhan adalah salah satu Perwira TNI AU yang gugur dalam insiden jatuhnya Super Tucano di Pasuruan baru saja mengemban misi kemanusiaan untuk mengirimkan bantuan logistik ke Palestina.

BACA JUGA:TNI AU Berterima Kasih Atas Bantuan Warga Lokal yang Laporkan Lokasi Jatuhnya Pesawat Tucano

BACA JUGA:3 Korban Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU Sudah Ditemukan

Adapun pengiriman bantuan ke Palestina itu dilepas pada 4 November 2023 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Saat itu, Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melepas dua unit Hercules C-130 TNI AU ke Mesir untuk dikirimkan ke Gaza, Palestina.


Kolonel Pnb Subhan (tengah) saat mengemban misi kemanusiaan pengiriman bantuan logistik ke Gaza, Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, 4 November 2023-militer.udara-

Melansir keterangan dari Puspen TNI, total ada 44 personel TNI yang turut serta dalam misi kemanusiaan mengirim bantuan RI ke Palestina.

Mereka di antaranya Kolonel Pnb Subhan, satu personel Deputy Mission Commander, satu personel Dalops Sops TNI, 17 personel Crew Pesawat A-1327, 17 personel Crew Pesawat A-1328, 6 personel Tim Pam Kopasgat, dan satu orang Puspen TNI.

BACA JUGA:Kadispen AU: Kecelakaan Pesawat Tempur Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Memakan 3 Korban Jiwa

BACA JUGA:Bila Dibutuhkan, Basarnas Siap Bantu Proses Evakuasi Korban Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

Dalam misi kemanusiaan ini Komandan Wing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh ini bertindak sebagai “mission commander”. Dalam misi kemanusiaan itu, Subhan bersama timnya membawa total dukungan logistik seberat 26.000 kilogram itu untuk rakyat Gaza, Palestina.

Dalam misi itu, pesawat hercules TNI itu terbang ke Palestina pada 4 November dan kembali ke Tanah Air pada 8 November.

Kolonel Subhan merupakan salah satu lulusan terbaik AKABRI pada tahun 1998. Puncak kariernya adalah saat dilantik untuk mengemban jabatan Komandan Wing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh Malang sejak Februari 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: