November Rain, Jumlah Genangan Air Bertambah Jadi 69 Titik di Jakarta Akibat Hujan Lebat Semalam

November Rain, Jumlah Genangan Air Bertambah Jadi 69 Titik di Jakarta Akibat Hujan Lebat Semalam

Banjir melanda kawasan Cawang, Jakarta Timur akibat luapan Kali Ciliwung yang diguyur hujan lebat sejak semalam, Kamis 30 November 2023.-BPBD DKI Jakarta-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI JAKARTA memperbarui data sebaran titik genangan di JAKARTA akibat hujan lebat semalam. 

Total wilayah yang tergenang bertambah menjadi 69 RT dari sebelumnya 45 RT ditambah dengan jumlah sementara pengungsi satu orang di Bidaracina, Jakarta Timur. 

BACA JUGA:Antisipasi Banjir di Akhir Tahun, BPBD DKI Jakarta Lakukan Mitigasi Serta Siapkan Personel hingga Sarana dan Pra Sarana

BACA JUGA:Hujan Deras Semalam Sebabkan Banjir di Jakarta, Ini Sebaran Titiknya

Genangan itu imbas dari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Rabu 29 November 2023 malam hingga Kamis, 30 November 2023 dini hari tadi. Ditambah kiriman air dari hulu yakni Kawasan Bendung Katulampa Bogor yang berstatus Siaga 3.

"Data terbaru hingga Kamis pukul 11.00 WIB, genangan 69 RT atau 0,22 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan yang diterima Disway.id.

Berdasarkan data baru tersebut, daerah terdampak di Jakarta Selatan yang sebelumnya sebanyak 8 RT bertambah menjadi 19 RT. Rinciannya, 1 RT di Kelurahan Pondok Pinang dengan ketinggian 30 cm.

Di Kelurahan Rawajati 12 RT ketinggian 70 cm. Dan Kelurahan Pejaten Timur 12 RT dengan Ketinggian 80 sampai 160 cm.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir di Akhir Tahun, BPBD DKI Jakarta Lakukan Mitigasi Serta Siapkan Personel hingga Sarana dan Pra Sarana

BACA JUGA:Memasuki Musim Penghujan, Pemkot Jakarta Barat Gelar Simulasi Siaga Banjir di Waduk Citra 8

Sementara genangan di Jakarta Timur (Jaktim) bertambah dari yang sebelumnya 37 RT menjadi 50 RT. Rinciannya, 7 RT di Kelurahan Bidara Cina, 23 RT di Kelurahan Kampung Melayu, 2 RT di Kelurahan Balekambang, 9 RT di Kelurahan Cawang dan 9 RT di Kelurahan Cililitan.

Khusus Kelurahan Cililitan, genangan air disebabkan meluapnya Kali Item yang merupakan percabangan dari Kali Besar Ciliwung. Sementara itu, genangan di 5 RT di Kelurahan Cawang saat ini sudah surut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112," kata Isnawa.

Dalam laporan terbarunya, BPBD DKI Jakarta juga mencatat satu orang pengungsi. Satu pengungsi menempati di Gedung SKKT RW 011 Kelurahan Bidaracina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: