Memasuki Musim Penghujan, Pemkot Jakarta Barat Gelar Simulasi Siaga Banjir di Waduk Citra 8

Memasuki Musim Penghujan, Pemkot Jakarta Barat Gelar Simulasi Siaga Banjir di Waduk Citra 8

Pemkot Jakarta Barat menggelar simulasi kesiapsiagaan banjir di Waduk Citra 8,Pengadungan, Kalideres, Jakarta Barat-Pemkot Jakarta Barat-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggelar simulasi kesiapsiagaan memasuki musim penghujan di Waduk Perumahan Citra 8, Kelurahan Pengadungan, Kalideres, Jakarta Barat

Simulasi penanganan banjir ini dilakukan untuk menyiasati dan melatih kesiapsiagaan warga saat banjir melanda.

BACA JUGA:Jembatan Tol Kaligawe Banjir, Polisi Rekayasa Lalu Lintas

BACA JUGA:BMKG Sebut Jabodetabek Bakal Diselimuti Hujan Deras, Serukan Waspada Banjir!

"Simulasi agar pihak terkait dan masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiasati jika terjadi banjir," kata Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto dalam keterangannya Selasa, 28 November 2023. 

Uus menjelaskan, terdapat sejumlah titik rawan genangan di Kecamatan yang harus diantisipasi di Jakarta Barat. Diantaranya wilayah kecamatan Cengkareng di Rawa Buaya, Duri Kosambi, termasuk di wilayah Kebon Jeruk.

"Jalan Panjang itu menjadi titik rawan genangan saat musim-musim hujan. Nah, simulasi ini untuk bisa siasati itu," ungkapnya.

Uus mengatakan, berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan akan kemungkinan terjadi mulai pekan kedua Februari 2024.

BACA JUGA:Ratusan Rumah Terendam Banjir di Bogor, Longsor Ancam Keselamatan Warga

BACA JUGA:Optimis Pj Gubernur Heru, Sodetan Ciliwung Bisa Atasi Banjir Jakarta

Oleh karena itu, simulasi kesiapsiagaan banjir ini penting untuk melatih kesiapan unit terkait saat musim hujan tiba. Selain itu, simulasi ini juga melatih persiapan pengamanan kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakbar.

"Termasuk juga disinergikan dengan simulasi kegiatan KPU dalam rangka pengamanan kotak suara pada saat terjadi musim hujan. Jadi, misalnya terjadi banjir, bagaimana pengamanan kotak suara yang ada di wilayah," ungkap Uus.

Uus menuturkan bahwa berdasarkan informasi BMKG yang menyatakan bahwa puncak musim hujan akan terjadi pekan kedua Februari atau bertepatan dengan hari pemungutan suara, maka pengamanan logistik Pemilu dari KPU mesti ditingkatkan.

"Maka dari itu, alhamdulillah di sini juga hadir Ketua KPU Jakbar. Karena berdasarkan BMKG ini diperkirakan sekitar pekan kedua Februari 2024, tepat dengan pelaksanaan pemilu. Tapi saya yakin dan percaya pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan aman, tertib," kata Uus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: