Hari Bakti PU, Jokowi Ingatkan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur untuk Efisiensi Biaya Logistik hingga Konektivitas

Hari Bakti PU, Jokowi Ingatkan Pentingnya Pembangunan Infrastruktur untuk Efisiensi Biaya Logistik hingga Konektivitas

Presiden Joko Widodo menghadiri acara Silaturahmi dengan Para Penggiat Infrastruktur dalam rangka Hari Bakti PU Ke-78 di Istana Negara, Jakarta.-humas setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo menghadiri acara Silaturahmi dengan Para Penggiat Infrastruktur dalam rangka Hari Bakti PU Ke-78 di Istana Negara, Jakarta, Senin 04 Desember 2023. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk efisiensi biaya logistik hingga koneksitas sosial budaya

Oleh karenanya, pemerintah selama sembilan tahun kepemimpinannya hingga saat ini menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu prioritas utama.

BACA JUGA:Jokowi Pertanyakan Pengakuan Agus Rahardjo Soal Korupsi E-KTP: Kepentingan Apa Diramaikan? 

Disebutkannya, pemerintah telah membangun beragam infrastruktur baik berupa konektivitas jalan hingga infrastruktur pelayanan masyarakat.

“Negara sebesar Indonesia dengan 17 ribu pulau semuanya membutuhkan yang namanya infrastruktur. Infrastruktur konektivitas berupa jalan, pelabuhan, airport, semuanya dibutuhkan. Infrastruktur dalam rangka penyediaan air dimulai dari bendungan, irigasi, dan juga infrastruktur yang berkaitan dengan pelayanan: rumah sakit, sekolah, pasar rakyat, semuanya juga dibangun oleh pemerintah, dikerjakan oleh PUPR,” jelasnya.

Jokowi memandang penting pembangunan infrastruktur bagi negara sebesar Indonesia, karena infrastruktur memiliki beragam fungsi dan manfaat, mulai dari efisiensi biaya logistik hingga sebagai pemersatu bangsa.

Ia meyakini, kehadiran infrastruktur dapat membuat biaya logistik lebih efisien sehingga akan turut meningkatkan daya saing Indonesia dalam berkompetisi dengan negara lain.

BACA JUGA:Jokowi Bantah Bertemu Agus Rahardjo Minta Kasus Korupsi E-KTP Setya Novanto Dihentikan

“Efisiensi biaya logistik ini sangat penting sehingga akan mempengaruhi daya saing investasi negara kita. Enggak akan mungkin investor datang kalau infrastruktur kita jelek. Mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada airport, mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada seaport, mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada jalan,” jelasnya.

Selanjutnya, Jokowi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur juga dapat menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Selain itu, infrastruktur juga memiliki fungsi untuk konektivitas sosial dan budaya.

“Infrastruktur itu juga mempersatukan. Karena ada airport, orang Aceh bisa langsung terbang ke Papua, dari Papua terbang ke Jawa, dari Jawa bisa terbang ke Kalimantan dan Sulawesi. Fungsinya, sekali lagi, juga mempersatukan,” jelasnya.

Pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan secara besar-besaran sejak tahun 2014 tersebut pun membuat daya saing Indonesia meningkat.

BACA JUGA:Jumlah Kejahatan Turun 42,16 Persen Selama Operasi Mantap Brata 2023-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: