Ribuan Personel Polisi Dikerahkan Jelang Debat Pemilu 2024

Ribuan Personel Polisi Dikerahkan Jelang Debat Pemilu 2024

Gedung KPU RI di Jalan Imam Bonjol No.29 Menteng Jakarta Pusat -Intan Afrida Rafni/disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melangsungkan debat capres-cawapres tahap pertama di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Namun terkait pengamanan selama acara debat tersebut, Wakil Ketua Satuan Tugas (Wakasatgas) Preventif Penyelenggaraan Pemilu, Brigjen Pol Rudi Antariksa mengatakan, pihaknya akan menurunkan ribuan personel untuk mengawal jalannya acara.

Dia menambahkan bahwa ribuan personiln yang dilibatkan itu merupakan dari Mabes, Polda Metro Jaya, Satgas lainnya.

BACA JUGA:Polri Siapkan Pengamanan Tiga Lapis Jelang Debat Pertama Capres dan Cawapres

"Personil yang dikerahkan ini dari Mabes kemudian dari Polda Metro Jaya. Ini juga termasuk dari satgas-satgas yang ada di pusat maupun yang ada di wilayah," ujar Brigjen Pol Rudi Antariksa di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

"Jumlahnya sekitar, Kalau dari kita, Mabes ada 271, kemudian dari Polda Metro Jaya ini sekitar ribuan (personil)," tambahnya.

Adapun pengamanannya sendiri, kata Brigjen Pol Rudi Antariksa, akan dilakukan dengan 3 lapis pengamanan, yaitu mulai dari ring 1, ring 2, dan ring 3.

Hal tersebut diperlukan agar acara debat Pemilu 2024 yang dilakukan oleh ketiga capres-cawapres bisa berlangsung dengan lancar.

"Teknis pengamanannya, baik di ring 1, ring 2, dan ring 3, termasuk kegiatan yang berada di luar atau di jalur (kendaraan bermotor) sehingga pelaksanaannya baik di dalam maupun di luar ini bisa berjalan dengan baik," jelas Brigjen Pol Rudi Antariksa.

BACA JUGA:Peta Elektoral Capres-Cawapres di Pulau Jawa Kompetitif

Lebih lanjut, untuk rekayasa lalu lintasnya sendiri, Brigjen Pol Rudi Antariksa tidak bisa menjelaskannya secara mendetail karena itu merupakan ranahnya Dirlantas Polda Metro Jaya.

Namun yang pasti, tambah Brigjen Pol Rudi Antariksa, sepanjang Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, akan diseterilisasikan mulai pukul 16.00 WIB.

"Rekayasa lalu lintas akan diatur oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, seperti kemarin-kemarin mungkin juga akan diatur jalannya mengarah Diponegoro. Kemudian di depan sini (Jalan Imam Bonjol) juga akan diseterilisasikan. Pukul 16 sudah kita steril," jelasnya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Komisioner KPU RI, August Mellaz. Dia mengatakan bahwa akan ada sterilisasi di sekitar kawasan Kantor KPU RI, yaitu tepatnya di sepanjang Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: