3 Manfaat Ganti Oli Secara Rutin

3 Manfaat Ganti Oli Secara Rutin

Bengkel resmi Yamaha-yamaha-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Oli menjadi bagian dari sepeda motor yang tidak boleh dianggap remeh. Karenanya, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk pemilik dinilai penting bagi pengendara. 

Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Telat, Ini Dia 3 Manfaat Ganti Oli Secara Rutin

Penggantian oli mesin itu harus dilakukan karena oli punya peranan vital dalam melumasi komponen mesin sehingga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu sepeda motor tetap terjaga.

Yamaha DDS 3 (jawa Tengah – Yogyakarta) membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya. 

Berikut beberapa manfaat melakukan penggantian oli secara rutin :

1. Suhu mesin terjaga dan performa motor tetap optimal

Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja. 

BACA JUGA:Tips Ganti Oli Sepeda Motor, Bikin Performa Mesin Jadi Maksimal

Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli di dalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. 

Jika terus dibiarkan kondisi ini justru membuat kinerja mesin terganggu seperti menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

2. Komponen mesin lebih awet dan hemat biaya servis

Manfaat lain dari rutin mengganti oli adalah dapat membuat masa pakai mesin menjadi lebih awet. 

Hal ini dikarenakan kualitas oli tetap terjaga sehingga dapat melumasi secara maksimal dan mencegah keausan komponen-komponen mesin akibat gesekan berlebih, melindunginya dari korosif atau karat dan juga membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: