Hari Jadi Berubah, Persib Kini Berusia 100 Tahun Lebih

Hari Jadi Berubah, Persib Kini Berusia 100 Tahun Lebih

Hari jadi berubah, Persib kini berusia 100 tahun lebih-Screnshoot/Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sah! Persib Bandung secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi dari tanggal 14 Maret 1933 ke tanggal 5 Januari 1919. 

Perubahan tersebut langsung diumumkan  CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita setelah menerima hasil riset dari Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Prof. Kunto Sofianto, Ph.D di Graha Persib, Minggu, 17 Desember 2023.

Kesebelasan kebanggan masyarakat Jawa Barat termasuk salah satu pendiri PSSI yang lahir pada tanggal  19 April 1930 di Yogyakarta.

BACA JUGA:Tutup Jendela Transfer, Persib Bandung Datangkan Pemain Eks Juventus Gantikan Levy Madinda

BACA JUGA:Liga 1 Pekan 20 Berlanjut Hari Ini, Ada Duel Seru Tersaji di Tangerang Antara Dewa United vs Persib Bandung

Sedangkan Persib sendiri yang identik dengan 1933 disebut-sebut sebagai hari jadi Maung Bandung, jauh berdiri pada tahun tersebut.

Sehingga manajemen Persib menggandeng akademis Universitas Padjajaran (Unpad) untuk mencari kapan sebenarnya Persib bandung didirikan.

" Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933," jelas Prof. Kunto.

Penetapan tanggal 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib dilakukan setelah tim peneliti yang beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA.

BACA JUGA:Termahal di Asean! Nilai Pasar Liga 1 Indonesia Tembus Rp1,21 Triliun: Skuat Persib Bandung Paling Gemuk!

BACA JUGA:Bocor! Persib Bandung Beri Sinyal Sosok Pelatih Pengganti Luis Milla: Mantan Asisten Shin Tae-yong?

Tim tersebut bekerja cukup lama melakukan riset sejarah dengan merujuk pada sumber primer dan sumber sezaman.

“ Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930," jelasnya.

Narasi yang menyebutkan bahwa Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) merupakan salah satu dari tujuh perserikatan (bond) pendiri PSSI pada 19 April 1930 menjadi alasan lain timnya melakukan kajian ilmiah dan riset hari jadi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: