Amerika dan Sekutunya Gelar Operation Prosperity Guardian di Laut Merah, Houthi: Akan Kami Hadapi Mereka

Amerika dan Sekutunya Gelar Operation Prosperity Guardian di Laut Merah, Houthi: Akan Kami Hadapi Mereka

Amerika dan sekutunya gelar Operation Prosperity Guardian di Laut Merah dan pihak Houthi mengatakan bahwa akan menghadapi pasukan tersebut.-mmy.ye-

JAKARTA, DISWAY. ID – Akibat dari aksi pasukan Houthi menyerang semua kapal yang mempunyai hubungan dengan Israel membuat Amerika gerah.

Amerika dan sekutunya gelar Operation Prosperity Guardian di Laut Merah dan pihak Houthi mengatakan bahwa akan menghadapi pasukan tersebut.

Operation Prosperity Guardian atau Operasi Penjaga Kemakmuran ini dikatakan untuk memberikan pengamanan pada kapal barang dari berbagai negara yang akan melewati Laut Merah.

Adapun negara lain yang akan ikut ambil bagian dalam operasi Prosperity Guardian di Laut Merah ini antara lain  Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

BACA JUGA:Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres Kedua, Banyak Masyarakat Menunggu Gibran

BACA JUGA:Alasan Kakak Beradik Bunuh Pasutri di Ruko Cipulir Diungkap Kepolisian

Akibat aksi pasukan Houthi hampir 80 persen perusahaan pelayaran menghantikan berdagang dengan Israel.

Rencananya dalam operasi ini, negara yang terlibat akan bersama-sama melakukan patroli di Laut Merah bagian selatan dan Teluk Aden dalam memberikan perlindungan ada kapal barang yang akan melintas.

Pihak Houthi Yaman sendiri mengatakan jika mereka melakukan aksinya dalam rangka memberikan dukungan pada warga Palestina yang dikepung Israel di Jalur Gaza.

BACA JUGA:13 Tewas Akibat Ledakan Depot Minyak di Guinea

BACA JUGA:Brigade Al Qassam Ejek Saat Israel Temukan Terowongan Hamas: Kalian Telat Misi Telah Selesai

Lloyd Austin selaku Menteri Pertahanan Amerika saat di Bahrain mengatakan jika telah mengantongi nama-nama negara yang akan ambil bagian dalam pasukan internasional. 

Meskipun demikian negara yang ikut belum mengonfirmasi apakah mereka juga akan menembak jatuh rudal dan drone Houthi serta langsung membantu kapal komersial yang diserang.

“Ini merupakan tantangan internasional yang memerlukan tindakan kolektif. Oleh karena itu hari ini saya mengumumkan pembentukan operation Prosperity Guardian untuk menjaga keamanan multinasional,” terang Austin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: