KPK Operasi Tangkap Tangan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Hotel Jakarta Selatan

KPK Operasi Tangkap Tangan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Hotel Jakarta Selatan

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (kiri).-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta Selatan dan di Ternate, Maluku Utara.

Dari OTT tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba turut terjaring. Ia tertangkap tangan di sebuah hotel di Jakarta Selatan, Senin 18 Desember 2023.

KPK sebelum menangkap gubernur dua periode itu menggelar rangkaian OTT di Ternate, Maluku Utara dan telah menangkap 15 orang. 

BACA JUGA:Alhamdulilah, Tunjungan Profesi Guru Non PNS di SPM dan Pendidikan Diniyah Formal Sebesar Rp5 Miliaran Cair

"Tempat penangkapan di antaranya di sebuah hotel di Jakarta Selatan," kata Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, Selasa 19 Desember 2023.

Sedangkan di antara 15 orang yang ditangkap, yaitu beberapa pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Maluku Utara dan pihak swasta. 

Ali mengatakan, penyidik masih meminta keterangan kepada pihak-pihak yang ditangkap tersebut.

Keterangan masih dikumpulkan penydidik KPK untuk mengusut kasus yang menjerat eks wakil gubernur Maluku Utara ini.

Sementara kasus yang menjerat eks anggota Fraksi PKS DPR RI itu yakni dugaan suap jual beli jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa.

BACA JUGA:Anies Optimistis Suara di NTB: Masyarakat Punya Semangat untuk Perubahan

"Hingga saat ini (tangkap tangan) masih berproses, sehingga jumlah yang ditangkap tentu bisa saja nanti bertambah," kata Ali Fikri.

Disebutnya, penyidik KPK masih melakukan pemeriksaan intensif dan memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status para pihak yang diamankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: