Mengenal Platform OTT untuk Promosi Pariwisata Jakarta, Ini Penjelasan Kadis Parekraf DKI Andhika Permata
Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta--Instagram Andhika Permata
JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menggunakan kampanye promosi pariwisata terbaru yang bertujuan untuk memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi wisata leisure dan MICE bertaraf internasional.
Kampanye dengan tagline Jakarta Nice For MICE ini berlangsung dari Juli hingga Oktober 2024, menggabungkan strategi digital modern dengan memanfaatkan platform Over-The-Top (OTT) populer, seperti IQIYI, WeTV, dan Viu.
BACA JUGA:Hadir di Indonesia, Taksi Online Xanh SM Siap Dukung Pariwisata Ramah Lingkungan
Apa itu Platform OTT untuk Pariwisata Jakarta?
Melalui pendekatan multimedia yang inovatif, kampanye ini menampilkan berbagai format iklan digital yang interaktif dengan menyertakan fitur - fitur unggulan dari kampanye ini seperti video promosi yang menyoroti berbagai destinasi menarik di Jakarta, dari keindahan alamnya hingga keragaman budaya dan infrastruktur modern kota metropolitan ini dengan highlight bahwa Jakarta siap menjadi tuan rumah dari event MICE berskala internasional, yakni Jakarta Nice for MICE.
Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan fungsinya secara detail.
“Video promosi merupakan jantung dari kampanye kami, dengan menyajikan narasi visual yang menarik dan informatif, kami ingin menarik perhatian audiens global dan memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi wisata yang tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, tetapi juga memiliki infrastruktur terintegrasi yang modern lengkap dengan venue MICE dan akomodasi bertaraf internasiona,” jelasnya kepada wartawan.
Kampanye ini memanfaatkan format iklan yang dinamis dan menarik, yang telah ditampilkan pada momen-momen strategis saat penonton berinteraksi dengan platform OTT (Over-The-Top).
Iklan yang tampil di awal aplikasi dijalankan memberikan eksposur maksimal, sementara video ads yang mencuri perhatian akan memikat penonton selama periode kampanye berlangsung.
Iklan dirancang untuk mempertahankan kesadaran merek kepada penonton secara konsisten.
BACA JUGA:Pembaruan Pariwisata dan Pengetahuan Produk Bosnia dan Herzegovina
Fokus dari kampanye ini tidak hanya terbatas pada penonton domestik, tetapi juga mencakup pasar di Asia Timur dan Asia Selatan seperti Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan India, serta negara-negara di Asia Tenggara termasuk Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.
Keberhasilan kampanye ini tercermin dari optimasi iklan di berbagai platform, seperti IQIYI (24 juta pengguna di Asia Tenggara dan 112 juta pengguna secara global), WeTV (70 juta pengguna di Asia Tenggara dan Total 159 juta secara global) dan Viu (49 juta pengguna di Asia Tenggara yang memang menjadi top-brand OTT di banyak negara Asia Tenggara.
Adapun serial khusus oleh VIU Original yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dari Indonesia, Julia Baretto dari Filipina dan Sang Heon-lee dari Korea Selatan. Iklan Jakarta Nice For Mice melalui drama regional bernama Secret Ingredients ini ditayangkan di 16 negara, termasuk Indonesia. Drama ini juga meraih National Winner of the Philippines for Best Branded Programme dan Best Original Production by a Streamer (Fiction) di Asian Academy Creative Awards tahun ini.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: