Terungkap Skandal Kecurangan Daihatsu, Ada di Model Toyota Produksi Indonesia

Terungkap Skandal Kecurangan Daihatsu, Ada di Model Toyota Produksi Indonesia

Toyota mengaku mendukung kebijakan pemerintah dengan skema mobil rakyat demi meningkatkan penjualan-Dok. Toyota-

BACA JUGA:6 Orang Tewas Tabrakan Maut Daihatsu Luxio dengan Kereta Api Dhoho di Jombang

Meskipun verifikasi teknis memastikan bahwa airbag memenuhi standar kinerja perlindungan penumpang, selama pengujian ditemukan bahwa "Standar Kinerja Keselamatan untuk Evakuasi Penumpang (Membuka)" pada uji tabrakan samping Daihatsu Cast / Toyota Pixis Joy mungkin tidak mematuhi hukum. 

"Saat ini, kami tidak mengetahui adanya informasi kecelakaan terkait masalah ini, namun kami sedang melakukan verifikasi teknis menyeluruh dan menyelidiki penyebabnya untuk mengambil tindakan yang diperlukan sesegera mungkin," jelasnya.

BACA JUGA:6 Orang Tewas Tabrakan Maut Daihatsu Luxio dengan Kereta Api Dhoho di Jombang

"Untuk kasus lainnya, kami telah mengonfirmasi bahwa standar kinerja yang ditentukan oleh peraturan telah dipenuhi, dan validitas hasil serta proses verifikasi juga telah dikonfirmasi oleh TUV Rheinland Japan (TRJ), sebuah organisasi sertifikasi pihak ketiga," tambahnya.

Sejak tahun 2013, Toyota telah meningkatkan jumlah model OEM yang diterimanya dari perusahaan lain, terutama kendaraan kompak. 

"Kami sangat menyesal bahwa pengembangan kendaraan ini mungkin menjadi beban bagi Daihatsu dan kami tidak mengetahui situasi operasi sertifikasi perusahaan," lanjut pernyataan Toyota.

BACA JUGA:Gahar! Daihatsu Sirion ‘Hayabusa’ Segera Masuk Kit Stage-3, Project Panjang Bikin Decak Kagum

"Daihatsu telah memberi tahu kami bahwa, ke depan, pihaknya akan mengklarifikasi situasi tersebut dengan pihak berwenang dan mengambil tindakan yang tepat berdasarkan arahan mereka," tuturnya.

"Pihaknya juga akan menyelidiki secara menyeluruh apakah ada kasus serupa lainnya untuk memastikan keselamatan pelanggan terlebih dahulu. Kami di Toyota juga akan bekerja sama sepenuhnya dalam penyelidikan ini.

"Kami percaya untuk mencegah terulangnya kembali, selain peninjauan ulang operasi sertifikasi, diperlukan reformasi mendasar untuk merevitalisasi Daihatsu sebagai sebuah perusahaan," imbuhnya.

BACA JUGA:Gahar! Daihatsu Sirion ‘Hayabusa’ Segera Masuk Kit Stage-3, Project Panjang Bikin Decak Kagum

Menurut Toyota, ini akan menjadi tugas yang sangat penting yang tidak dapat diselesaikan dalam semalam. 

Hal ini tidak hanya memerlukan tinjauan terhadap manajemen dan operasional bisnis, namun juga tinjauan terhadap organisasi dan struktur, serta perubahan dalam pengembangan sumber daya manusia dan kesadaran setiap karyawan. 

Toyota akan memberikan dukungan penuh terhadap revitalisasi Daihatsu agar dapat kembali ke akarnya sebagai “perusahaan mobilitas kompak” yang dicita-citakan Toyota dan Daihatsu, serta mendapatkan kembali kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: