10 Tradisi Natal di Indonesia, dari Misa Tengah Malam Sampai Tukar Kado

10 Tradisi Natal di Indonesia, dari Misa Tengah Malam Sampai Tukar Kado

10 Tradisi Natal di Indonesia, dari Misa Tengah Malam Sampai Tukar Kado-pressfoto-Freepik

Di beberapa wilayah, terutama daerah pedesaan, pesta rakyat merupakan tradisi yang populer selama perayaan Natal. Masyarakat berkumpul dan mengadakan acara dengan berbagai kegiatan seperti pentas seni, pertunjukan musik, tarian daerah, serta bazaar makanan dan kerajinan tangan. Tradisi ini memupuk persaudaraan dan kebersamaan antarwarga.

5. Makan Bersama Keluarga

Tradisi makan bersama keluarga merupakan bagian tak terpisahkan dari perayaan Natal di Indonesia seperti halnya di negara-negara Barat. Seluruh anggota keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan lezat dan spesial yang disiapkan dengan penuh kasih sayang. Rasakan aroma nasi kuning, rendang, opor ayam, dan berbagai hidangan tradisional khas Natal di meja perjamuan pesta keluarga.

BACA JUGA:Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Sopir Angkutan Umum Tes Kesehatan di Bandara Soetta

6. Perayaan Tugu Khatulistiwa

Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, perayaan Natal sering dirayakan secara khusus karena letak geografisnya yang berada di garis khatulistiwa. Tradisi ini dikenal sebagai Tugu Khatulistiwa. Anggota komunitas gereja berbaris berkeliling kota dengan menyanyikan nyanyian Natal sambil membawa bendera-bendera gereja. Perayaan ini menampung nilai ekumenis dan menggabungkan unsur kebudayaan lokal.

7. Ratu-Lomba LovF

Tidak hanya di dunia Barat, sumbangan tradisional Indonesia dalam merayakan Natal adalah lomba Ratu-Lomba LovF (Love for All). Lomba ini biasanya diadakan oleh komunitas gereja setempat yang mengajak seluruh anggotanya untuk menunjukkan kasih sayang dan kebaikan kepada sesama dengan berbagai kegiatan sosial seperti memberi makan orang miskin, mengunjungi panti jompo, atau menyumbangkan pakaian layak pakai.

8. Injil Jalan

Di beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur, tradisi unik bernama Injil Jalan masih dilestarikan. Anggota komunitas gereja di sebuah desa mengenakan pakaian khas, termasuk penghias kepala, dan berjalan sambil menyanyikan nyanyian Natal. Mereka menyebarkan pesan Natal kepada masyarakat sekitar dan memainkan drama perjalanan Yesus Kristus.

BACA JUGA:Lirik dan Terjemahan Lagu First Snow - EXO, Viral di TikTok Jelang Natal

9. Latihan Paduan Suara Natal

Banyak gereja dan komunitas musik di Indonesia yang menyelenggarakan latihan paduan suara Natal. Paduan suara ini akan mempersiapkan lagu-lagu Natal yang akan dinyanyikan pada malam perayaan Natal. Tradisi ini mendorong partisipasi aktif dari anggota gereja dan komunitas serta menghasilkan suasana musikal yang indah dan penuh semangat Natal.

10. Pemberian Kado Natal

Seperti di berbagai belahan dunia, tradisi pemberian kado saat Natal juga menjadi salah satu kebiasaan di Indonesia. Umat Kristiani memberikan kado Natal kepada keluarga, teman, dan orang-orang terdekat sebagai simbol kasih sayang dan penghargaan. Tradisi ini menggambarkan kegembiraan dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: