Perusahaan Ini Duga Ada Praktik Permainan Usai Kalah dalam Tender Pengelolaan MCK Pasar Jaya

Perusahaan Ini Duga Ada Praktik Permainan Usai Kalah dalam Tender Pengelolaan MCK Pasar Jaya

Gedung Pusat Perumda Pasar Jaya di Cikini, Jakarta Pusat-Dok. PD Pasar Jaya-

JAKARTA, DISWAY.ID - Proyek tender jasa pengelolaan mandi cuci kakus (MCK) pasar-pasar paket 1 dan paket 2 pada tahun 2023 oleh Perumda pasar Jayadiduga sarat permainan.  

Dugaan itu mencuat usai salah satu peserta tender tersingkir dalam tender dengan Kode lelang No. 219704 dan Kode lelang No. 222704 tersebut, dimenangkan oleh PT Inti Karunia Alam. 

BACA JUGA:Harga Bawang Merah Rp 60 Ribu per Kg di Pasar Jayapura, Zulhas Sebut Didatangkan dari Jawa

BACA JUGA:Pasar Jaya Lelang 920 Ton Beras Sisa di Gudang Pulo Gadung Akhir Bulan Ini

Sementara PT Alpadilah Utama Indonesia kalah dalam tender tersebut. Hal ini diungkapkan seorang Manager di PT Alpadilah Utama Indonesia bernama Abas, mengungkapkan kekecewaannya atas proses tender yang terkesan tendensius itu.

"Perumda Pasarjaya terkesan tendensius memenangkan perusahaan tertentu untuk mengelola MCK dengan waktu yang sangat singkat." tulis Abas dalam keterangannya, Minggu 31 Desember 2023. 

Menurut Abas, Pasarjaya mengalami kemunduran dalam hal proses beauty contest dalam pengadaan tendee MCK. Bahkan proyek tender pengelolaan MCK terkesan buru-buru untuk memenangkan perusahan tertentu.

"Karena lelang itu menghilangkan proses masa sanggah dan metode penilaian dan kualifikasi yang tidak Normatif ditetapkan." imbuhnya. 

BACA JUGA:Temuan Beras Bansos di Gudang Sewaan, Begini Kata Pasar Jaya

BACA JUGA:Korupsi Bansos Pandemi Covid-19, PD Pasar Jaya Bakal Dipanggil Komisi B DPRD DKI Jakarta

PT Inti Karunia Alam kata Abas  menang tender pengelolaan MCK tanpa ada kualifikasi penilaian dan evaluasi. Hal itu membuat pihaknya heran karena perusahaan tersebut tidak memiliki pengalaman pengelolaan MCK.

"PT. Inti Karunia Alam merupakan Perusahaan Jasa Umum dan Perdagangan (Jasa Perparkiran, Usaha Jasa Konstruksi, Maintanance Building termasuk Pengadaan dan Perawatan Instrument AC, Pengelolaan Air Bersih dan Limbah STP/WTP, WWTP, Mecanical Electrical serta Cleaning Service) yang berbasis di Jakarta Timur. PT Inti juga merupakan pelaksana kontraktor untuk Revitalisasi Pasar Induk yang saat ini mangkrak tidak berjalan," ungkapnya. 

Sementara pihak Perumda Pasar Jaya terlalu singkat dalam melaksanakan proses lelang. Tender itu hanya berlangsung kurang lebih 14 hari. 

"Proses telalu singkat, yaitu dari tanggal 14 sampai 29 Desember 2023 saja. Selain itu Perumda Pasar Jaya tidak ditentukan metode evaluasi dan nilai, tidak memuat masa sanggah hasil tender atau beauty contest dan tidak memuat kualifikasi Daftar pengalaman pekerjaan di bidang pengelolaan dan perawatan MCK dan/atau badan usaha. Padahal sebelumnya Perumda Pasarjaya mempersyaratkan memiliki pengalaman pengelolaan minimal 5 (lima) tahun." terangnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: