KPU: Debat Capres Jadi Pertimbangan Masyarakat Untuk Memilih

KPU: Debat Capres Jadi Pertimbangan Masyarakat Untuk Memilih

Debat Capres-Omon Omon mendadak viral-X/BTV

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, debat ketiga pada Minggu 7 Januari 2024 dapat menjadi pertimbangan bagi pemilih untuk menentukan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden di Pemilu 2024.  

"Kita sama-sama menyaksikan bersungguh-sungguh untuk menjadi bahan pertimbangan dalam tema yang menjadi perdebatan," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari melalui keterangan tertulisnya,  Minggu 7 Januari 2024.

BACA JUGA:Kekecewaan Ganjar pada Prabowo di Debat Capres 2024, Kalau Tidak Siap Jangan Berdebat

Seperti diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. 

"Pada kesempatan nanti yang akan berdebat adalah masing-masing capres," ungkap Hasyim.

Debat Capres tersebut dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.

BACA JUGA:Timnas AMIN Puas dengan Penampilan Anies Saat Debat: Bukan Militer Tapi Mampu Kuasai Materi Pertahanan

Sebelumnya, Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan desain tata letak panggung debat tak mengalami banyak perubahan dari debat sebelumnya, meskipun lokasi debat berpindah dari Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) ke Istora Senayan.

"Perubahan itu akan terjadi karena lokasi saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin tata letak dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu 3 Januari 2024. 

BACA JUGA:Alasan Grace Natalie Hampiri Moderator Debat Saat Jeda Iklan

Sementara itu, terkait format debat, KPU tidak mengubah dari debat sebelumnya.

Sehingga, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. 

Selanjutnya, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima ialah pendalaman visi, misi, dan program kerja.

BACA JUGA:Anies dan Prabowo Tak Bersalaman Usai Debat, Begini Tanggapan Mereka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: