3 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS, PKN STAN hingga IPDN

3 Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS, PKN STAN hingga IPDN

Sekolah Kedinasan-STAN salah satu rekomendasi untuk jurusan IPS-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah sekolah kedinasan untuk jurusan IPS menarik untuk diketahui. Buat siswa jurusan IPS, ada sejumlah pilihan sekolah kedinasan untuk dipilih. 

 

Walaupun sebagian besar penerimaan tersebut ditujukan bagi lulusan IPA, namun untuk sekolah kedinasan untuk lulusan IPS juga tetap tersedia. Sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan atau juga biasa disebut sekolah ikatan dinas merupakan perguruan tinggi yang mempunyai ikatan dengan kementerian atau instansi pemerintah sebagai penyelenggara proses pendidikannya misalnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan sebagainya.

 

BACA JUGA:Mengintip Biaya Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan 2023, Cek Disini

 

Berikut beberapa daftar sekolah kedinasan untuk lulusan IPS dilansir dari ASN Institute, Selasa 9 Januari 2024. Mana saja?

 

Sekolah Kedinasan untuk Lulusan IPS

 

1. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

 

Salah satu sekolah kedinasan untuk lulusan IPS adalah PKN STAN, bahkan merupakan sekolah paling favorit untuk sekolah kedinasan, dengan peminat paling banyak untuk tahun 2021 dengan 21.300an pelamar. Alasan mengapa sekolah kedinasan ini bisa menerima pendaftar bagi lulusan IPS dikarenakan fokus utamanya berkaitan dengan keuangan negara, seperti akuntansi, pajak, aset, dan sebagainya. PKN STAN menyediakan sembilan (9) Program Studi, yang terdiri dari DIII dan DIV. Ada prodi DIV yaitu Manajemen Keuangan Negara, Akuntansi Sektor Publik, dan Manajemen Aset Publik. Dan untuk prodi DIII, ada Akuntansi, PBB/Penilai, Kepabeanan dan Cukai, Pajak, Manajemen Aset, dan Kebendaharaan Negara.

 

BACA JUGA:Pengumuman! Sekolah Kedinasan 2023 Resmi Dibuka Pendaftarannya Serentak, Tersedia 4.672 Formasi

 

2. Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

 

IPDN merupakan sekolah kedinasan favorit nomor 2 paling diminati tahun lalu. Berdasarkan data yang diambil BKN, jumlah pelamar di IPDN itu mencapai 21.100an pendaftar, beda 200an dengan PKN STAN yang menduduki peringkat pertama. IPDN merupakan sekolah kedinasan untuk lulusan IPS yang direkomendasikan, hal ini dikarenakan pada persyaratan administrasi tidak tercantum untuk jurusan IPA ataupun IPS.

 

3. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Poltek STIS)

 

Politeknik Statistika STIS, berada dibawah langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan berlokasi di Jakarta Timur, merupakan sekolah kedinasan untuk lulusan IPS yang termasuk direkomendasikan. Hal tersebut dikarenakan STIS berfokus kepada ilmu statistika kependudukan dan ekonomi yang akan berkontribusi pada Sistem Statistik Nasional. STIS menawarkan tiga program studi, yaitu Diploma III Statistika, Diploma IV Statistika, dan Diploma IV Komputasi Statistik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website