Ini Cara Cek NISN Siswa Online untuk Seluruh Jenjang Sekolah, Gampang!

Ini Cara Cek NISN Siswa Online untuk Seluruh Jenjang Sekolah, Gampang!

SNPMB 2024-Cara cek NISN Online-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Cara cek NISN siswa online seluruh sekolah mudah dilakukan.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan dapat diakses secara online. 

Nomor ini dibutuhkan dalam berbagai program pendidikan, mulai dari Ujian Nasional hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

NISN ini dapat menjadi pembeda antara satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri seperti dikutip dari laman resmi SMPN 56 Batam. 

BACA JUGA:Data Tidak Ditemukan saat Registrasi Akun SNPMB 2024, Ini Solusinya

Melansir situs NISN Kemendikbud, berikut tujuan dan manfaat dari NISN yang dimiliki oleh setiap siswa:

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

NISN dapat dicek melalui situs pangkalan data NISN dari Kemendikbud. Ini caranya:

BACA JUGA:Perbedaan Registrasi Akun SNPMB 2024 untuk Guru dan Siswa, Ini Cara Daftarnya

Cara Cek NISN

1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smpn 56 batam