Indonesia- Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik

Indonesia- Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik

Indonesia- Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik-Kemenperin-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia dan Vietnam terus memperkuat kerja sama bilateral yang komprehensif, termasuk dalam sektor industri. 

Kolaborasi itu diharapkan mendorong peningkatan investasi baru di sektor industri yang berujung pada pertumbuhan ekonomi kedua negara.

BACA JUGA:Mobil Listrik MG4 EV dan MG ZS EV Produksi Lokal Hanya 400 Jutaan Rupiah, Sayang TKDN Belum 40 Persen

Komitmen itu tertuang dalam pertemuan antara Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam Nguyen Hong Dien di Hanoi, Kamis 11 Januari 2024. 

Kegiatan itu dalam rangkaian agenda Menperin Agus mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada kunjungan kenegaraan di Vietnam.

BACA JUGA:PLN Jadikan Tiang Listrik Sebagai SPKLU Mobil Listrik, Ngisi Baterai Makin Gampang

“Vietnam adalah salah satu negara mitra dagang utama bagi Indonesia. Secara keseluruhan total perdagangan Indonesia dan Vietnam terus mengalami peningkatan. Pada 2022, nilai perdagangan kedua negara sebesar USD13,3 miliar,” ujar Menperin Agus dalam keterangannya, Kamis 11 Januari 2024.

Pada pertemuan kedua menteri tersebut, Menperin menyampaikan, pada 2023 Indonesia sukses menjadi tuan rumah pada Keketuaan ASEAN dengan mengusung tema "Epicentrum of Growth". 

BACA JUGA:Mobil Listrik Honda 0 Series Diperkenalkan di Ajang CES 2024

Salah satu kesepakatan yang telah dicapai, yakni pembentukan task force yang bertugas untuk meningkatkan penurunan karbon dan good regulatory practice (GRP).

“Kami mengusulkan perlunya kerja sama pengembangan ekosistem industri baik secara bilateral ataupun melalui wadah ASEAN,” ungkapnya.

Menperin juga menyampaikan, Indonesia mengundang Vietnam untuk turut berkolaborasi mendorong keterlibatan sektor swasta dalam ASEAN Industrial Project Based Initiative (AIPBI), yang merupakan usulan Kementerian Perindustrian RI.

BACA JUGA:Mobil Listrik Sony Afeela Bisa Dikendalikan Pakai Joy Stick PS5

Menperindag Nguyen Hong Dien menyambut baik usulan Menperin Agus untuk melakukan kerja sama bidang industri karena Vietnam perlu banyak belajar dari Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: