SYL Rampung Diperiksa Terkait Pemerasan Firlk Bahuri, Pengacara: Tak Ada Konfrontir

SYL Rampung Diperiksa Terkait Pemerasan Firlk Bahuri, Pengacara: Tak Ada Konfrontir

Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus pemerasan Firli Bahuri.

Berdasarkan pantauan Disway.id di lokasi, SYL selesai menjalani pemeriksaan hingga pukul 16.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, SYL telah menjawab semua pertanyaan penyidik dan bersikap kooperatif selama pemeriksaan.

BACA JUGA:Anies Baswedan Diancam Penembakan di Medsos, Polri Profiling Akun

"Hari ini pemeriksaan yang kesekian kali. Saya berproses, seperti apa yang diharapkan kooperatif dan saya sehat setiap saat dibutuhkan terima kasih sudah menunggu. Selebihnya tentu ditanyakan kepada penyidik," kata SYL kepada wartawan di Bareskrim, Jumat, 12 Januari 2024.

Sementara itu, kuasa hukum, Abu Bakar Refra mengatakan pemeriksaan hari ini adalah untuk penambahan dan melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sebelumnya.

"Sebenarnya pemeriksaan hari ini penambahan saja, melengkapi dan tidak ada hal yang lebih prinsip Terkait Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kemarin. Kemudian apa yang telah diketahui dan beliau ingat sudah disampaikan semuanya," kata Abu.

Sementara itu, kuasa hukum SYL lainnya, Djamaluddin Koedoeboen mengatakan terdapat saksi lainnya pada pemeriksaan hari ini.

BACA JUGA:Kuasa Hukum SYL Minta Firli Bahuri Segera Ditahan

Meski demikian ia mengtakan sejumlah saksi itu tak dikonfrontir oleh kliennya.

"Ada saksi lain juga tadi. Tidak ada (konfrontir)," ujarnya.

Diketahui, penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri mengagendakan pemeriksaan kembali terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada hari ini, Jumat, 12 Januari 2024.

Berdasarkan pantauan, SYL tiba pada pukul 14.15 WIB dengan menggunakan batik sambil membawa map biru.

BACA JUGA:Anies Baswedan Klaim Fundamental BUMN Perlu Diperbaiki: Jangan Cari Keuntungan Saja

Sebelumnya, Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) rampung diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Januari 2024. SYL diperiksa selama kurang lebih 13 jam.

Penasihat hukum SYL, Djamaluddin Koedoeboen mengatakan kliennya diperiksa secara konfrontir terhadap tujuh orang saksi lainnya.

"Saya kira kurang lebih ada sekitar 6-7 orang lah yang dikonfrontir terkait dengan beberapa poin dari penyitaan-penyitaan yang sudah disampaikan oleh SYL maupun yang lain," kata Djamaluddin di Bareskrim Polri, Kamis, 11 Januari 2024..

Ia mengatakan pemeriksaan hari ini semakin membuat terang kasus pemerasan yang dilakukan oleh Firli tersebut.

BACA JUGA:Prabowo Protes Kadin Hanya Beri 2 Menit Bahas Ekonomi-Pertanaian: Kumaha Atuh?

"Yang jelas setiap pertanyaan secara konfrontasi antara SYL dan berbagai pihak tadi semua telah dijawab. Menurut hemat kami, sudah ada sinkronisasi dari berbagai macam pernyataan maupun jawaban," jelasnya.

"Dari masing-masing Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang mengerucut pada substansi permasalahan yang memang teman-teman penyidik ingin dapatkan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: