Tarif Retribusi Kunjungan ke 10 Museum di DKI Jakarta Naik, Segini Biaya dan Lokasinya

Tarif Retribusi Kunjungan ke 10 Museum di DKI Jakarta Naik, Segini Biaya dan Lokasinya

Rumah Si Pitung-Penyesuaian tarif retribusi daerah termasuk pada museum dan rumah si Pitung-Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta

Rumah Si Pitung menjadi ikon kisah perjuangan dan perlawanan masyarakat Betawi terhadap penjajahan Belanda. Dahulu, rumah ini adalah milik seorang saudagar kaya bernama H.Safiuddin.

Rumah ini adalah lokasi shooting film “Pitung Jago Betawi” dan pada tahun 1993, bangunan ini dinyatakan sebagai bangunan cagar budaya.

8. Museum Seni Rupa dan Keramik

Tahun 1977 Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan gedung sebagai Museum Keramik. 1986 Gedung menjadi Balai Seni Rupa dan Keramik.

Tahun 1990 diresmikan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik

9. Museum Wayang

Dilansir situs Asosiasi Museum Indonesia (AMI), bangunan Museum Wayang dulunya merupakan sebuah gereja tua yang didirikan oleh VOC pada tahun 1640 dengan nama 'de oude Hollandsche Kerk'.

Kemudian, gedung tersebut berfungsi sebagai tempat peribadatan penduduk sipil dan tentara Belanda yang tinggal di Batavia, Jakarta 

10. Museum Tekstil

Peresmian Museum Tekstil dilakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 28 Juni 1976. Seiring bertambahnya koleksi museum, pada tahun 1985 dua gedung tambahan dibangun.

Gedung-gedung yang dibangun digunakan sebagai ruang perawatan, ruang penyimpanan koleksi, ruang pengenalan wastra, auditorium, perpustakaan dan kantor.

Berawal dari piagam Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO yang mengakui Batik sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia, maka diresmikanlah Galeri Batik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2010, Museum Tekstil bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia meresmikan Galeri Batik yang menyajikan koleksi Batik dari seluruh Indonesia.

 

Penyesuaian Tarif:

1. Dewasa/Umum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kebudayaan dki jakarta