Terowongan Hasidic

Terowongan Hasidic

Penampakan terowongan di Sinagog Chabad-Lubavitch, Brooklyn, New York, Amerika Serikat. --crownheights

SENGKETA rumah ibadah ini jadi berita besar di New York. Bukan di satu gereja atau masjid, tapi di satu rumah ibadah Yahudi: sinagog.

Berita besar itu: telah ditemukan terowongan rahasia bawah tanah di bawah sinagog Chabad-Lubavitch di Brooklyn, New York. Yang membangunnya 10 anak muda militan dari jemaat di sinagog itu.

Beritanya kian besar karena terowongan itu dianggap membahayakan konstruksi gedung-gedung sekitarnya. Pemkot New York menegaskan: pembangunan terowongan itu illegal.

Beritanya kian besar setelah polisi menggerebek sinagog tersebut. Polisi mendapat perlawanan dari anak-anak muda di situ. Mereka ingin mempertahankan terowongan.

Alasan mereka: itu sesuai dengan ajaran suci dari rabbi agung mereka. Yakni Rabbi Menachem Schneerson, almarhum. Begitu hebatnya keulamaan Menachem sampai dianggap seorang nabi yang suci. Disejajarkan dengan tuan guru.

Tentu polisi New York tidak mengenal ajaran seperti itu.

Polisi ingin menegakkan hukum tanpa pandang bulu apa pun.

Anak-anak muda itu juga ngotot.

Terjadilah ketegangan. Ricuh. Akhirnya mereka diringkus. Dibawa ke kantor polisi. Ditahan.


Penahanan anak-anak muda yang menempati terowongan di Sinagog Chabad-Lubavitch, Brooklyn, New York, Amerika Serikat.--

Sinagog Chabad-Lubavitch, Anda sudah tahu, adalah tempat ibadah golongan paling fanatik dalam agama Yahudi: kelompok Hasidic.

Aliran Yahudi Hasidic dibawa ke Amerika oleh para pengungsi Yahudi dari Eropa Timur. Khususnya dari sekitar Ukraina sekarang.

Pengikut Hasidic, di seluruh dunia, hanya sekitar 100.000 orang. Kini berpusat di New York, di sinagog Chabad-Lubavitch tersebut.

Tuan Guru Rabbi Menachem sudah meninggal tahun 2004 lalu. Usiannya saat itu 92 tahun. Tuan Guru Menachem telah menjadi ulama Yahudi paling terkemuka di Amerika saat itu.


Mendiang Rabbi Menachem Schneerson.--

Pun di agama Yahudi, muncul berbagai kelompok dan aliran. Masing-masing aliran mempraktikkan ajaran agama yang berbeda.

Hasidic adalah kelompok yang ibadahnya dianggap paling murni. Paling sesuai dengan kitab suci. Tidak boleh makan babi. Daging harus dari binatang yang disembelih secara benar –dengan doa-doa yang sesuai ajaran.

Pun dalam berpakaian: kepala harus ditutup kopiah khas Yahudi.

Rupanya terjadi perbedaan pendapat di antara jemaat sinagog tersebut. Begitulah di agama. Masing-masing merasa paling sesuai dengan ajaran agama mereka.

Perselisihan itu memuncak. Anak-anak muda di sinagog tersebut lantas tidak diakui. Bahkan tidak boleh masuk rumah ibadah itu. Jadilah rebutan sinagog.

Anak-anak muda itu kalah. Lalu membangun terowongan di bawahnya. Ketika yang lain ibadah di sinagog, mereka ibadah di bawahnya.

Informasi tersebut belum tentu benar. Masalah ini berusaha ditutupi sebagai urusan internal sinagog.

Pengurus sinagog mengecam pemberitaan di media, khususnya yang mengaitkan terowongan itu dengan cerita-cerita fanatisme beragama. Atau yang menghubungkannya dengan persiapan untuk menghadapi hari kiamat. Termasuk berita yang menduga terowongan itu akan bisa tembus langsung ke wilayah Hamas di Gaza. 

Ditepis juga anggapan bahwa terowongan itu akan tembus ke jalan terdekat. Lalu anak-anak muda yang dilarang masuk sinagog dari pintu depan masih bisa beribadah di situ lewat jalan rahasia.


Posisi terowongan di Sinagog Chabad-Lubavitch, Brooklyn, New York, Amerika Serikat. --NY Post

Terowongan Hamas dan Hisbullah di Palestina telah memberi inspirasi untuk membuat terowongan serupa di New York.

Tapi di New York penuh dengan hutan gedung pencakar langit. Tentu tidak sama dengan alam padang pasir di Gaza.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 14 Januari 2024: Lai Ching-te

Lagarenze 1301
Bagaimana ceritanya Lai Ching-te berpasangan dengan Hsiao Bi-khim di pilpres? Pada Januari 2022, Wapres Ching-te singgah di Amerika seusai mengunjungi Honduras. Di situlah ia melamar Bi-khim untuk menjadi cawapres. Bi-khim waktu itu mengira Ching-te bercanda. Pasalnya, pilpres masih lama. Partai pun baru mencalonkan Ching-te pada April 2023.

Lagarenze 1301
Lebih suka yang mana, kucing atau serigala? Bagi Hsiao Bi-khim (52), perempuan dengan "5i", kucing pasti lebih menarik. "Kucing jauh lebih menyenangkan ketimbang serigala," katanya. Kucing dan serigala adalah istilah diplomasi untuk menggambarkan "kucing perang" Taiwan dan "serigala perang" Tiongkok. Hsiao Bi-khim sebagai cawapres, bersama Lai Ching-te sebagai capres, memenangi Pilpres Taiwan, Sabtu (13/1/2024). Jika dilihat dari latar belakangnya, Bi-khim "lebih Amerika" ketimbang Ching-te. Dia lahir di Kobe, Jepang. Dari pasangan seorang pendeta Taiwan dan guru musik Amerika. Bi-khim besar di Tainan, Taiwan. Lalu pindah ke Amerika. Menempuh pendidikan ilmu politik di Universitas Colombia. Meski separuh Amerika, dia memilih untuk melepas kewarganegaraannya pada 2002. Dia pulang ke Taiwan, terjun ke politik menjadi anggota legislatif. Terakhir dia menjadi diplomat dengan menjabat Kepala Perwakilan Taiwan untuk Amerika di Washington selama tiga setengah tahun. Bi-khim, selama keberadaannya di Washington, berhasil membangun hubungan paling harmonis AS-Taiwan (meski tanpa hubungan diplomatik). Dia pun mendapat "perhatian" khusus Beijing yang menjulukinya "separatis fanatik". Bi-khim membuka jalan bagi kunjungan bersejarah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, ke Taipei pada Agustus 2022. Beijing marah dan melarang Bi-khim dan keluarganya memasuki Tiongkok. "Di mana ada penindasan, di situ ada perlawanan,” tulis Bi-khim di media sosialnya.

Saiful Ahmad
Kendati selalu dibayang-bayangi ancaman Invasi Tiongkok, tidak lantas membuat Taiwan mengalokasikan APBN-nya paling besar untuk pertahanan. Ini sangat berbeda dengan adagium "Si Vis Pacem Para Belum", If you want peace, prepare for war. Yg diimani oleh AS, Rusia, dan Korut. Dengan mengalokasikan porsi APBN paling banyak untuk pertahanan. Di Taiwan justru porsi APBN (2020) paling banyak malah untuk Pendidikan dan Kebudayaan, diikuti anggaran untuk kesejahteraan masyarakat, pembangunan ekonomi, administrasi umum, baru kemudian anggaran pertahanan nomor 5 (Statista, 2020). Data sengaja diambil pre-covid-19, karena post-covid umumnya APBN semua negara paling banyak digunakan untuk social net security, di mana masuk pos kesejahteraan masyarakat.

Saiful Ahmad
Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan adalah sekutu dekat AS. Tapi di AS sana, warga dari tiga negara tersebut sering jadi korban rasisme. Gara-garanya mereka dikira Chinese (Tiongkok daratan). Pun saya, pernah punya pengalaman jadi korban rasisme ketika berada di negara-negara Non-Asia. Gara-garanya dikira Chinese.

Mirza Mirwan
Wkwkwkwk...waktu ngambil kan dalam mimpi, Bung Kliwon. Kalau mau mbalikin ya nunggu kalau mimpi lagi dong. Kecuali kalau mau mbalikin lewat Pak Sabarikhlas, bisa langsung.

Kliwon
Semalam mimpi ketemu pak Dahlan. Serasa ketemunya kayak di pertemuan keluarga di kampung. Anehnya disitu melihat pak Dahlan rokok'an dengan nikmatnya. Tapi tak lihat asapnya ngga masuk hidung. Cuma klebas-klebus keluar masuk mulut. Trus tak tanya, "Loh, pak Dahlan sekarang rokok'an..?" Beliau diem saja ga dijawab. Akhirnya tanpa ijin aku ambil sebatang rokoknya pak Dahlan. Ehhh, pak Dahlan marah trus langsung pergi naik mobil sedan uelek. Tak teriak'in, "Mau kemana Pak..?". Tetap ga jawab. Akhirnya bangun tidur pun masih nggondok gara² pak Dahlan marah gegara dimintain rokok. "Sharelok posisi Pak..., tak balekno rokok sampean sak sloppp..!!"

Mirza Mirwan
Walaupun Lai Ching-te memenangi kursi Presiden Republik Tiongkok, ia tak akan semudah Tsai Ing-wen dalam menjalankan kereta pemerintahan. Pemerintahan Tsai Ing-wen dulu cukup kuat karena parlemen (Legislative Yuan) yang 113 kursi dikuasai Partai Progresif Demokratik yang punya 61 kursi. Eh, masih ditambah 3 kursi independen dan 2 kursi partai gurem. KMT sebagai oposisi hanya punya 38 kursi, ditambah 5 kursi dari TPP dan 3 kursi dari NPP. Totalnya hanya 46 kursi. Satu kursi Yuan kosong. Tetapi dalam pemilu kemarin DPP-nya Lai Ching-te kehilangan 10 kursi Yuan. Hanya meraih 51 kursi. Sementara KMT melonjak dari 38 kursi menjadi 52 kursi, dan TPP dari 5 kursi menjadi 8 kursi. Kalau ditambah dengan 2 kursi Independen, kursi Yuan pendukung Lai hanya 53 kursi. Ceritanya akan lain kalai DPP bisa menarik TPP sebagai pendukung pemerintah. Tetapi dari dulu TPP itu bestie-nya KMT. Sebenarnya Lai bukanlah anti Tiongkok. Lebih tepatnya hanya anti re-unifikasi. Sementara Hou Yu-ih dalam kampanyenya juga tak pernah menyinggung reunifikasi, bahkan bilang tak mau Tiongkok mengatur Taiwan. Pada prinsipnya Hou tidak ingin Taiwan menjadi seperti Hongkong. Ia ingin demokrasi tetap terjaga di Taiwan. Mungkin karena itulah perolehan kursi KMT di Yuan pada pemilu kemarin bisa bertambah 14 kursi.

Handoko Luwanto
Singgasana Prusuh Disway of the Week: 07-01-2024 s/d 13-01-2024 (103 orang) 
Rookie of the Week 

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.djokoLodang (24;968)✏️;4★;1⭐️ [12:5] 

#2.Najmi Alvaro (4;281)✏️;1★ [3:0] 

#3.Anom Saksana (2;211)✏️;1★ [2:1] 

Nama: djokoLodang, Rookie of the Week, Periode: 07-01-2024 s/d 13-01-2024 

#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.08-01-2024=Gaza Rock (3;72)✏️ [2:0] 

#2.09-01-2024=__Hamas Shekel (4;177)★★★⭐️ [2:1] 

#3.10-01-2024=Rizal Ramli (1;35) 

#4.11-01-2024=Me Time (7;472)★ [4:2] 

#5.12-01-2024=Kecil Besar (7;171) [3:2] 

#6.13-01-2024=Sekolah Duduk (2;41) [1:0] 

Nama: Najmi Alvaro, Rookie of the Week, Periode: 07-01-2024 s/d 13-01-2024 

#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.13-01-2024=Sekolah Duduk (4;281)✏️★ [3:0] 

Nama: Anom Saksana, Rookie of the Week, Periode: 07-01-2024 s/d 13-01-2024 

#.Edisi (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain] 

#1.12-01-2024=Kecil Besar (1;18)✏️★ [0:1] 

#2.13-01-2024=Sekolah Duduk (1;193) [2:0]

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
@Handoko Luwanto.. Pak Handoko Ysh.. Terima kasih. Sudah dibuatkan data nama para "tukang nggacor".. Saat menulis, pikiran kami hanya "'pingin nggacor". Gatel, pingin komen.. ### He he…

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
@Jimmy Marta.. Pak Jimmy Ysh.. Dengan dua sikap Amerika dan China seperti itu hasilnya "win win" kan ya pak.. "Selalu tegang. Tapi tak ada perang".. ++ AMERIKA: Tetap bisa jualan ketegangan dan senjata. CHINA: Tetap selalu siaga dan waspada. Karena itu tetap harus melakukan riset bikin senjata canggih.. Pabrik senjata di China ikutan cuan. Pembelinya pemerintah sendiri. Dibayar dari dana APBN. Dan bisa ikutan "lomba pembuatan senjata canggih". Hampir pasti, suatu saat, jumlah senjata China akan melebihi Amerika dan Rusia. Jumlah maupun kecanggihannya. Dan mengantarkan China menjadi negara "super super power".. TAIWAN: Tetap bisa dagang. Yang penting cuan, cuan dan cuan. ### Indonesia juga ikutan tegang. Jadi ikutan beruntung. Karena kemudian bisa ikut "membuat" dan "jualan" alutsista ringan. Kapal, panser, tank, berbagai pesawat ringan versi PTDI.

Jimmy Marta
Prinsipnya tetap sama. Amerika : Boleh perang, asal jangan di amerika. China : Tidak akan perang, selama taiwan tdk proklamasi kemerdekaan.

Sen Young Tan
biden menarik mileter amerika dari afganistan, unt fokus ke ekonomi dalam negeri. dan sepertinya fokus untuk melemahkan ekonomi tiongkok. strategi awalnya “mengompori” tiongkok dalam urusan taiwan. lalu “face to face” lg dgn tiongkok dalam urusan laut china selatan, kali ini mendukung filiphina. sebelum itu jg terlibat konflik tidak lgsg dgn rusia unt urusan nato-nya ukraina. yg terbaru, dlm urusan konflik di gaza, melibatkan diri lg dalam konflik dgn houti di terusan suez/laut merah. awalnya berusaha memancing tiongkok supaya perang dengan taiwan (unt melemahkan ekonomi tiongkok). yang terjadi sekarang: amerika terlibat dalam 4 konflik militer di ukraina, taiwan, laut china selatan, dan gaza/laut merah. ironisnya tiongkok masih tenang2 saja, fokus memperbaiki ekonomi mereka, yg sempat tersendat krn bisnis properti.

Fiona Handoko
selamat sore bpk thamrin. gonta ganti pleciden. mau pilih no 1, no 2 atau no 3. semua boleh. semua ingin memajukan negara dan bangsa. namun harus diingat bahwa negara menjadi baik bukan (hanya) karena gonta ganti pleciden. negara menjadi baik karna ada perbaikan di berbagai segi. pendidikan, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, kedisiplinan, etos kerja dll. masih banyak agenda penting bangsa ini yg tidak bisa diselesaikan hanya dengan pesta rakyat 5 tahunan seharga 71.3 ton. gonta ganti pleciden, jika agenda2 itu cuma jadi wacana dan bahan kampanye. hmmm, tetap saja negeri ini akan jalan di tempat. salah2 seperti yg dikhawatirkan rusuhwan bp jz. menyusul slagentina

thamrindahlan
Untuk mencapai kosakata Emosi Abah kita muter muter. Ke Taiwan Cina Amerika baru sampai di Indonesia. Kenapa tidak langsung menulis Paslon Capres 1 .2 dan 3 tingkat emosi berada di angka sekian. Oh ya Abah bukan ahli gestur apalagi psikologi sosial. Tetapi sebagai pesohor jurnalis tiada ada salahnya Abah kita menyampaikan opini perihal debat punya KPU Posisi keberpihakan sepertinya sulit bagi Abah. Hal itu disampaikan pada acara musyawarah perusuh di bawah pohon rindang Prambanan . '"3 Paslon sahabat saya termasuk cawapres 2 Bapake si anak saya kenal." Mungkin kata kunci keberpihakan (ghirah) bisa mencontoh sikap Burung Pipit Si Burung kecil paham bantuannya meneteskan air untuk memadamkan api membakar Nabi Ibrahim AS akan sia sia. Namun sikap keberpihakan jelas sebagai bukti perlawanan terhadap ke dzaliman. Pertanyaan yang tak perlu dijawab anda berada diposisi mana khusus 14 Februari Februari 2024. Salam salaman.

Lagarenze 1301
Tiga pria tertimbun di bawah tanah longsor di Tiongkok. Mereka berada di dalam mobil ketika musibah itu terjadi, dan secara ajaib masih memiliki koneksi telepon seluler. Orang pertama menelepon polisi: "Saya warga negara dan suami yang baik, tolong selamatkan kami!" Polisi mengatakan kepadanya bahwa mereka baru bisa datang menjemput dalam 24 jam. Orang kedua menelepon tentara: “Kawan, aku mengabdi pada negara seperti kamu, tolong keluarkan aku dari sini!” Tentara itu memberitahunya bahwa mereka baru bisa datang menjemput dalam 12 jam. Pria terakhir membuat panggilan telepon ke seseorang, bicaranya sambil berbisik sehingga tak dapat didengar oleh dua pria lainnya. Hanya dalam waktu satu jam, polisi dan tim SAR segera berdatangan. Ketiga orang itu berhasil dievakuasi. Sekelompok polisi lalu menghampiri orang-orang yang kelelahan itu. “Baiklah, siapa di antara kalian yang tadi di telepon mengatakan Taiwan adalah sebuah negara?”

HONDA CBR150R
Mengapa KPU harus pilih tgl 14 feb untuk pemilu, hari rabu(kenapa tidak hari sabtu atau minggu), hari valentine(mungkin dimaksudkan untuk siang coblos malam coblos juga) dan masih dalam suasana imlek. Festival cap go meh dan arak arakan naga dan barongsai untuk tahun ini sudah di tiadakan untuk kota Pontianak.

Fiona Handoko
selamat sore bp agus, bp marwan, bp sumartan, bp jz. menulut bp jz. kalo mau tilu2 nasib slagentina. pilih calon yg mudeng SGIE (susu gede itu enaaak)

AnalisAsalAsalan
Kok pilpres di Taiwan ga kemarin-kemarin, sih? Tiga paslon, ga perlu 50% lebih dll bisa menang langsung. Kalau berlangsung kemarin-kemarin kan bisa judicial review ke MK, mumpung paman masih jadi ketua MK. Mkmkmkmkmk.

Xiaomi A1
Budayawan.. 5 hari lalu podcast Deddy Corbuzier merilis obrolan dengan Sabrang (putra Cak Nun), sampe dengan hari ini telah ditonton 2,4 jt kali di youtube. Di awal pembicaraan, mereka langsung mengkritisi tulisan seorang budayawan di akun X, soal beda dlm dukung mendukung adalah hal biasa, tp yg disesalkan oleh Sabrang dan DC adalah adanya narasi berbau bulliying yg dirasa kurang elok untuk tulisan dari seorang tokoh senior.. Budaya artinya pikiran, akal budi, hasil, adat istiadat atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan (kbbi)..bagi seorang jurnalis sudah tentu budayanya adalah menulis..dari semua jenis/topik tulisan Abah DI, saya paling suka klo Abah nulis tentang cerita traveling, sering kali hal2 kecil menjadi bumbu yg sangat menarik..Artikel CHD dianggap sukses, salah satu kriterianya adalah klo bisa bikin keki perusuh Disway.. Piss..wkwk

Jokosp Sp
Abah DI kalah parak wan ulun, jadi kalah capat.

MULIYANTO KRISTA
Numpang absen siang. Biar ndak di-bully dulur kae.

Udin Salemo
sejak pukul sembilan pagi tadi wong darjo durung komentar maning. opo hp kena sita?

Saiful Ahmad
Tidak peduli Tiongkok Taiwan atau Tiongkok Daratan, yang penting bisa menjadi ladang untuk mengais pundi-pundi dolar bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Yellow Bean
Obrolan santai kami ketika almarhum suami masih hidup. Bukan untuk mengungkit amal kebaikan . tapi saya selalu mengingat lembutnya hati beliau pada persoalan yang orang lain hadapi. Bapak. : Bu... Mas gagah jadi berhenti dari PNS Saya. : Oh jadi tho ikut Pilkada Bapak. : Iya. eman eman karirnya. Dia pinter masih muda dan baik hati. Saya. : Kalau sudah pilihan dia. Kita cuma bisa mendoakan semoga karirnya sukses di masa depan. Bapak. : Kalau tetap PNS juga karirnya bisa moncer. Saya. : Ya kalau dia benar benar pintar dan baik insyaallah akan ada partai yang menggaetnya. Jadi ilmu dan kepintarannya tetap terpakai. Bapak : Aamiin

Udin Salemo
#everyday_berpantun Aku belanja ke Pasar Keputran/ Untuk kulakan buah dan kentang/ Pemilu itu cukup satu putaran/ Tentu hemat waktu dan uang/ Kalau tuan pergi ke Peniti/ Disana ada pabrik kelapa/ Kalau waktu pemilu nanti/ Pilih pemimpin yang beretika/ Udin kecelakaan di Pantai Cerita. Pertolongan diberikan Pak Panji/ Pemilu di negeriku tercinta/ Hambur-hamburkan uang dan janji/ -------------------------------------------------------- merdu bakicau buruang pipik/ ditingkah dek buruang punai/ asa lai namuah adiak dijapuik/ oto xpander cross uda bali tunai/ banyak urang ka pasa cikini/ ambo pai mambali puluik katan/ banyak urang nan gilo kini/ dek obesesi cari jabatan/

Everyday Mandarin
Pernah ada yang tanya saya, "Gimana cara gampang bedain orang China (RRC) dan orang Taiwan?" Misal situasinya di restotan umum. Anda bebas duduk di mana pun. Jika kamu ingin permisi duduk di sebelah seseorang, dan dia ga berespon alias ga bereaksi, itu orang China. Jika dia bereaksi, misal angguk kepala atau senyum, dia orang Taiwan.

Pryadi Satriana
Yuk bernostalgia Pak Dahlan, silakan baca: "Nostalgia Dahlan Duet dengan Gus Dur Kelola Bank Nusumma," JawaPos.com, 15 April 2017. Salam. Rahayu.

Everyday Mandarin
Nama dan bendera Chinese Taipei (Zhonghua Taipei) baru disetujui dan digunakan Taiwan di acara olahraga dan organisasi internasional sejak 1981. Sebelumnya di Resolusi Nagoya 1979, China menulis Taiwan sebagai China Taipei/Zhongguo Taipei (Zhongguo = negara China). sementara Taiwan menulisnya menjadi Chinese Taipei/Zhonghua Taipei (Zhonghua = orang-orang Tionghua). Semua lancar saja hingga Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Saat Tokyo 2020, media China mulai membangkitkan ilusi lama dan menulis menjadi China Taipei. Pemerintah Taiwan memprotes ini. Rakyat membiarkan. Yang penting status quo. Rakyat Taiwan hanya pengin bisa jalan2 ke luar negeri dengan bebas. Ingin lancar cari duit seperti saat ini. Apalagi paspor Taiwan lebih diakui banyak negara ketimbang paspor China. Rakyat pun sabodoh teuing.

Rizal Falih
Seperti yang sudah diketahui, dalam cabang olahraga bulu tangkis, Taiwan memiliki atlet-atlet mentereng di level dunia. Pada sektor tunggal putri ada nama, Tai Zu Ying, yang saat ini menduduki peringkat 4 dunia, bahkan pernah ada diposisi 1. Pada sektor tunggal putra, ada nama Chou Tien Chen, yang pernah menduduki peringkat 2 dunia. Lalu di sektor ganda, ada nama besar Lee Yang/Wang Chi-Lin peraih medali emas pada olimpiade 2020 di Tokyo. Namun saya baru tahu, mengapa dalam acara-acara olahraga internasional tidak ada negara Taiwan dalam list daftar peserta atau daftar klasemen. Tetapi yang muncul adalah China Taipei, ternyata hal ini adalah istilah yang digunakan oleh dunia internasional, termasuk IOC, untuk merujuk kepada partisipasi Taiwan dalam acara-acara olahraga di tingkat internasional, seperti olimpiade. Pihak berwenang Taiwan menggunakan nama China Taipei, dalam partisipasi resmi mereka pada even olahraga internasional sebagai bagian dari perjanjian dengan PRC dan IOC. Dengan menggunakan istilah Chinai Taipei, berarti Taiwan mengakui secara de facto adalah bagian dari Tiongkok, meskipun tetap mempertahankan kemerdekaan dalam pemerintahan dan kebijakan internalnya. Sejatinya, olahraga dan politik adalah dua kutub yang berbeda. Namun sering kali sportivitas dalam dunia olahraga, tercoreng oleh perilaku aktor-aktor politik yang memanfaatkan dunia olahraga sebagai jembatan untuk mencapai hasrat dan keinginannya.

Johannes Kitono
Farmers - Market. Pagi ini tepat jam 08.00 dr Michael Lie sudah jemput di Apartemen Aria, Adelaide. Rencananya ke Dermaga melihat nelayan menjual ikan hasil tangkapan dilaut. Tiba disana kok sepi hanya ada beberapa kapal Trawl di dermaga. Ternyata hari Minggu ini nelayan libur dan tidak ada pasar seperti minggu-minggu lalu. Dengan cepat dr Michael yang hari ini libur dari RS memutar.arah. Dan tibalah kami bertiga di Adelaide Farmers Market yang buks setiap minggu, dari 08.30 AM - 12.30 PM.Pasar ini menjual hasil pertanian dan perikanan. Semuanya produksi South Australia dengan harga murah, tangan pertama. Khusus member dengan iuran $.85,/ th dapat discount 10 % lagi. Tertarik dengan kios yang jual Scallop dan Bulu Babi, langsung mampir kesana. Scallop atau Kerang Kipas yang ukurannya sangat besar di Indonesia, ternyata disini diameternya hanya 8 - 10 cm saja. Paul sedang membuka cangkang dan mengeluarkan dagingnya. Harganya $ 25,/ lusin dan tinggal dimakan mentah. Ternyata baby Scallop ini diambil dari alam,bukan hasil budidaya. Dari kedalaman 20 meter.. Tentu hanya Diver profesional yang bisa melakukannya.Kata Paul, Diver prof tsb terkadang juga mendapat Abalon yang sebesar bola tenis. Tentu Paul tidak info dimana lokasinya. Ketika tahu berasal Indonesia, langsung ybs sudah mendengar keindahan Pulau Komodo dan ingin diving disana.Paul memberi sepotong Scallop dan langsung makan disana tanpa lemot.Memang rasanya lebih enak dari Oyster htl Mulia, fresh dan juice. Thx Paul !!!

Gregorius Indiarto
Emosi yang terkendali bisa membuat maju. Emosi yang tidak terkendali = liar = bikin rusak. Namanya juga liar, hampir pasti bikin rusak. "Liar" yang tidak bikin rusak, ya "susu kuda liar", yang pernah populer di jamannya, jaman doeloe. #remusuh Met petang, salam sehat dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 151

  • Maman Lagi
    Maman Lagi
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • jadijenius
    jadijenius
  • Maman Lagi
    Maman Lagi
    • Maman Lagi
      Maman Lagi
  • Musbi Ayu
    Musbi Ayu
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
  • Aku dan kita Official
    Aku dan kita Official
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Everyday Mandarin
    Everyday Mandarin
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Fa Za
    Fa Za
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • sinung nugroho
    sinung nugroho
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Liam Then
    Liam Then
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Liam Then
      Liam Then
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Afa
    Afa
  • DeniK
    DeniK
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Amat K.
    Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
    • DeniK
      DeniK
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lukman Nugroho
    Lukman Nugroho
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • DeniK
      DeniK
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Dacoll Bns
      Dacoll Bns
  • Sumartan
    Sumartan
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Jo Neca
      Jo Neca
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • DeniK
    DeniK
  • Dacoll Bns
    Dacoll Bns
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • DeniK
      DeniK
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
  • dwi s
    dwi s
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Afa
      Afa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Ng
    Ng
  • alasroban
    alasroban
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • rid kc
    rid kc
  • DeniK
    DeniK
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
    • Aku dan kita Official
      Aku dan kita Official