Segini Budget Hotel Paling Besar yang Dipersiapkan Calon Pengantin, Ini Tipsnya

 Segini Budget Hotel Paling Besar yang Dipersiapkan Calon Pengantin, Ini Tipsnya

Budget Pernikahan-Cara menentukan besaran biaya nikah-Freepik

3. Mahar Perkawinan

Menjadi aspek penting dalam suatu pernikahan. Untuk menghemat biaya mahar pernikahan, Anda bisa memilih alat ibadah atau uang tunai dengan nominal yang diinginkan dan disesuaikan dengan budget.

4. Dekorasi Pernikahan

Anda bisa memilih dekorasi rustic atau minimalis yang tidak memerlukan begitu banyak ornamen.

Tambahkan lampu, meja, dan kursi yang sudah ada sebagai pelengkap dekorasi agar dapat menekan budget pernikahan sederhana.

5. Gaun Pengantin dan Riasan

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tempat sewa gaun pengantin untuk pernikahan dengan range harga yang beragam.

Untuk makeup pengantin, Anda bisa mengandalkan kemampuan makeup sendiri atau meminta bantuan keluarga dan teman yang mahir dalam merias wajah.

BACA JUGA:7 Momen Resepsi Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah, Saling Tatap Mesra

6. Dokumentasi Pernikahan

Sebelum memutuskan untuk memakai jasa dokumentasi, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk membandingkan biaya antara vendor satu dengan vendor lainnya.

Jika Anda memiliki kenalan teman atau keluarga yang mahir dalam fotografi dan videografi, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan mereka untuk mendapatkan budget yang lebih disesuaikan.

7. Wedding Organizer

Anda bisa memilih paket pernikahan dengan jumlah tamu undangan yang tidak banyak.

Bahkan, beberapa pasangan pengantin pun sudah ada yang berhasil mewujudkan pernikahan tanpa bantuan WO, namun dengan mengandalkan bantuan keluarga dan kerabat mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bridestory