Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 5 Bus Sekolah Khusus Siswa Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 5 Bus Sekolah Khusus Siswa Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 5 Bus Sekolah Khusus Siswa Penyandang Disabilitas-Pemprov DKI-

BACA JUGA:Pemprov DKI Pastikan Tak Ada Pembatasan Usia Kendaraan Masuk Jakarta

"Jadi mereka terfasilitasi dengan baik. Untuk teknologinya disiapkan hidrolik, sehingga kursi roda tidak harus didorong tapi cukup di tempatkan di platform dan lifting (diangkat ke bus, kemudian masuk, dan sebaliknya," terang Syafrin.

Upaya Pemprov DKI Jakarta tersebut mendapat apresiasi dari Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia. 

Menurutnya, upaya tersebut sejalan dengan visi misi pemerintah pusat dan sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 yang mengatur tentang akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas.

”Kita melihat hari ini adik-adik penyandang disabilitas dan keluarga tidak perlu khawatir kalau ke sekolah. Karena fasilitasnya sudah ada dari Jakarta dan diakomodir oleh Pemprov DKI. Harapannya DKI Jakarta menjadi percontohan untuk provinsi lainnya. Mudah-mudahan ini dapat diterapkan di provinsi lainnya karena ini sangat membantu penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa sekolah sebagaimana mestinya,” jelas Angkie.

BACA JUGA:Catat! Pemprov DKI Jakarta Hapus Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Terkait rute bus sekolah khusus penyandang disabilitas saat ini melayani lima rute, yaitu Rorotan-Marunda yang melewati SLB Negeri 8, Plumpang-Kemayoran melewati SLB Negeri 9, YPAC Kebayoran Baru yang terdiri dari tiga rute meliputi Kalideres, Lubang Buaya, dan Muara Baru. 

Rute tersebut dipilih berdasarkan lokasi SLB dan dinilai dari banyak siswa yang membutuhkan akses transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: