Heboh Koper Pintar Tak Bisa Masuk Kabin, Begini Penjelasan Garuda Indonesia

Heboh Koper Pintar Tak Bisa Masuk Kabin, Begini Penjelasan Garuda Indonesia

Ilustrasi. Kenapa koper pintar tak bisa masuk bagasi kabin?-Foto/Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Belakangan heboh di media sosial koper pintar tak diperkenankan masuk ke bagasi kabin. Apa tanggapan Garuda Indonesia?

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan bahwa larangan koper pintar saat ini sudah diatur sedemikian rupa.

Aturan tersebut merujuk The International Air Transport Association (IATA) dan peraturan dalam negeri.

BACA JUGA:Kejagung Tetapkan 6 Tersangka Dalam Kasus Korupsi Jalur KA Besitang-Langsa

BACA JUGA:Madonna Digugat Penggemar Gegara Terlambat Datang ke Konser, Minta Ganti Rugi

Irfan mengatakan terdapat sejumlah poin-poin penting yang menjelaskan barang jenis apa saja yang bisa diangkut ke dalam bagasi kabin.

Irfan menyoroti karena adanya aturan batas minimal untuk koper pinter yang ditenagai oleh baterai.

"Sehubung dengan adanya pemberitaan yang berkembang terkait ketentuan bagasi, yakni penggunaan smart luggage atau jenis koper bertenaga baterai di dalam penerbangan, ketentuan barang penumpang yang dapat dibawa sebagai bagasi kabin mengacu pada aturan keselamatan penerbangan," ujar Irfan dalam keterangan resmi, Jumat, 19 Januari 2024.

Lebih jelas, Irfan menyebut bahwa khusus koper pinter akan diukur beberapa aspek, yakni ukuran, berat maksimal, kapasitas baterai serta spesifikasi lainnya.

BACA JUGA:Ngeri! Seekor Ular Merayap di Kabin Pesawat AirAsia, Langsung Ditangkap Pramugara

BACA JUGA:Gandeng Maudy Ayunda Jadi Brand Advocate Pertama, UNIQLO Rilis Koleksi Spring/Summer 2024

"Itu ditentukan berdasarkan ukuran, berat maksimal, dan kapasitas baterai lithium, serta spesifikasi lainnya dari cabin baggage yang tertuang pada kebijakan IATA maupun regulasi terkait di dalam negeri," tambahnya.

Merujuk aturan IATA, kebijakan yang ditetapkan untuk standar bagasi yang diperkenankan bisa masuk kabin, termasuk koper pintar yakni berat maksimal 7 kilogram.

Muatan atau koper diukur dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm (linear 115 cm) dan kapasitas baterai koper pintar tak lebih dari 100 Wh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: