Ini Alasan Ilmiah Bumil Alami Morning Sickness, Mual di Pagi Hari

Ini Alasan Ilmiah Bumil Alami Morning Sickness, Mual di Pagi Hari

Ibu hamil-Alasan terjadinya morning sick-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Saat hamil, hal yang umum terjadi biasanya mengalami mual di pagi hari.
 
Kondisi ini sering disebut dengan istilah morning sickness.
 
Mengapa hal itu terjadi?

Mengalami mual di pagi hari merupakan hal yang umum terjadi, terutama pada trimester pertama kehamilan.
 
Namun, hingga 20% wanita hamil terus mengalami gejala-gejala ini sepanjang masa kehamilannya.
 
 
Kapan mual terjadi?
 
Dilansir dari Science Times, mual, terkadang disertai muntah, dipicu oleh bau atau makanan tertentu selama kehamilan.
 
Pengobatan rumahan, seperti ngemil, menyeruput minuman jahe, atau menggunakan obat bebas, sering kali disarankan untuk meredakan mual.

Biasanya dimulai sebelum sembilan minggu dan mencapai puncaknya pada tiga bulan pertama, mual di pagi hari secara bertahap membaik pada pertengahan atau akhir trimester kedua.
 
Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini berkembang menjadi hiperemesis gravidarum, suatu kondisi parah yang melibatkan mual dan muntah berlebihan, yang menyebabkan kehilangan cairan secara signifikan atau penurunan berat badan sebelum hamil lebih dari 5%. 
 
Bentuk ekstrem ini mungkin memerlukan rawat inap untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
 
Hiperemesis gravidarum, yang menyerang kurang dari 1% wanita, dapat melemahkan, terkadang memerlukan rawat inap dan rehidrasi. 
 
 
Alasan Ilmiah
 
Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami mual di pagi hari mungkin menderita baik secara fisik maupun psikologis. 
 
Gejala mual dan muntah akibat kehamilan cenderung meningkat setelah bangun tidur, itulah sebabnya penyakit ini dikenal dengan istilah mual di pagi hari meskipun dapat muncul kapan saja sepanjang hari.

Didorong oleh fluktuasi hormonal pada awal kehamilan, kondisi ini tidak memiliki penyebab pasti, menurut sebuah ulasan di International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics, and Gynecology pada tahun 2016.

Lonjakan hormon reproduksi, khususnya human chorionic gonadotropin (hCG) pada trimester pertama, diduga terkait langsung dengan rasa mual yang berhubungan dengan mual di pagi hari.
 
Namun, mekanisme pasti bagaimana hCG menyebabkan mual masih belum diketahui secara pasti.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa hCG mungkin merangsang sekresi cairan di saluran pencernaan, dan hal ini juga dikaitkan dengan peningkatan pesat tiroksin, hormon buatan tiroid yang mengatur pencernaan. 
 
Estrogen dan progesteron, hormon lain yang berhubungan dengan kehamilan, dapat menyebabkan gejala mual di pagi hari dengan mengendurkan otot perut dan usus, sehingga memperlambat pencernaan.
 
Kadar hormon dan faktor genetik dapat berbeda-beda pada setiap individu, sehingga memengaruhi tingkat keparahan mual di pagi hari

Selain itu, gula darah rendah, yang diperburuk oleh hipoglikemia, dikaitkan dengan rasa mual yang semakin parah, terutama di pagi hari ketika kadar gula darah secara alami rendah.

Faktor Pemicu Mual

Faktor-faktor seperti perut kosong, penurunan tekanan darah sementara saat bangun tidur, dan peningkatan kebutuhan energi tubuh selama kehamilan dapat menyebabkan gejala yang lebih jelas di pagi hari.
 
Stres, kecemasan, dan kelelahan dapat semakin memperparah mual di pagi hari, karena emosi negatif berdampak pada hubungan erat antara sistem saraf dan pencernaan.

Individu yang rentan mengalami mual, misalnya mereka yang mudah mabuk perjalanan atau mengalami mual akibat efek samping obat tertentu, lebih besar kemungkinannya mengalami mual di pagi hari.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: science times