Penting Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Penting Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi-Lakukan 5 hal ini sebelum mengonsumsi kafein di pagi hari-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Tak lengkap rasanya jika tidak menyeruput secangkir kopi di pagi hari.
 
Namun, agar perut dan tubuh tetap nyaman saat mengonsumsi kafein di pagi hari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengonsumsinya.
 
Ahli gizi The Fast 800, Gabi, mengatakan bahwa mendukung rutinitas, minum kopi di pagi hari membawa perubahan besar bagi kecara keseluruhan, termasuk membuat perbedaan besar dalam pencernaan, tingkat stres dan energi, serta keseimbangan hormon.
 
Hanya saja, minum kopi saat perut kosong memicu pelepasan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol.
 
"Jadi daripada langsung minum kopi, usahakan untuk menunggu sampai sarapan," katanya.
 
Meskipun kortisol penting untuk membuat kita bersemangat di pagi hari, terlalu banyak kortisol pada kopi pertama dapat menyebabkan pelepasan hormon yang berlebihan, sehingga menimbulkan respons stres yang tidak diinginkan.
 
 
Hal ini dapat menimbulkan sedikit kerusakan pada usus, hormon, adrenal, dan membuat kita merasa kurang nyaman 

Oleh karena itu, Gabi menyarankan beberapa hal untuk dilakukan sebelum meneguk kopi. Apa saja?
 
5 Hal Sebelum Minum Kopi

1. Rehidrasi

Tubuh mengalami dehidrasi dalam semalam, jadi sebelum menikmati minuman pagi, Gabi mengatakan bahwa penting untuk minum segelas besar air (idealnya pada suhu kamar) untuk mengisi kembali hidrasi sebelum minum kopi.
 
Tambahkan perasan lemon untuk poin pencernaan ekstra sehat.
 
BACA JUGA:6 Cara Efektif Hilangkan Noda Bekas Kopi di Gigi

2. Konsumsi serat dan protein

Seperti yang telah disebutkan, kopi saat perut kosong dapat merangsang kortisol yang dapat meningkatkan gula darah.
 
“Peningkatan gula darah dapat memicu peradangan dan membuat gula darah kita naik turun sepanjang hari, sehingga mengurangi pasokan energi kita,” kata Gabi. 
 
"Tetapi jika kita memulai hari dengan serat dari sumber makanan utuh, kita dapat membantu menyeimbangkan gula darah," katanya.
 
Selain serat, protein adalah nutrisi utama lainnya yang mengimbangi lonjakan gula darah, jadi mengonsumsinya sebelum minum kopi atau bersama kopi adalah hal yang ideal.

3. Olahraga

Meskipun kafein dapat membantu membuat olahraga berat terasa lebih mudah, minum kopi sebelum pergi ke gym dapat membuat deg-degan gemetar selama berolahraga, dan hal ini tidak ideal jika mengangkat beban berat.
 
Atau cobalah berjalan-jalan terlebih dahulu, sebagai pemanasan di gym.
 
4. Tunggu 90 menit setelah bangun tidur

Ini adalah skenario ideal menurut Gabi karena menunda kafein selama 90 menit pertama setelah bangun tidur (setidaknya) memungkinkan keseimbangan hormon terbaik.
 
Tidak mengonsumsi kafein selama 90 menit pertama membantu meningkatkan respons kebangkitan kortisol yang paling seimbang dan bahkan dapat mendukung tingkat energi kita dengan lebih baik sepanjang hari.

5. Berjemur

Penting mendapatkan paparan cahaya alami dalam satu jam pertama atau lebih setelah bangun tidur adalah cara yang bagus untuk mendukung keseimbangan hormon yang optimal.
 
Paparan cahaya pagi hari adalah pengatur ritme sirkadian yang sangat besar dan paparan cahaya memicu pelepasan kortisol yang sehat di pagi hari untuk mendukung ritme alami tubuh.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the fast 800