Bokek Gak Punya Duit Terbukti Bikin Stres dan Picu Penyakit

Bokek Gak Punya Duit Terbukti Bikin Stres dan Picu Penyakit

Dampak tak punya uang-Stres hingga picu penyakit-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Pusing tujuh keliling kalau tak punya uang.

Ternyata tidak punya uang juga bisa memengaruhi kesehatan seseorang. 

Sebuah penelitian yang representatif di Inggris menemukan bukti bahwa stres karena uang berkaitan dengan perubahan jangka panjang pada kesehatan, termasuk perubahan yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan sistem hormonal.

Para ilmuwan di University College London (UCL) dan Kings College di Inggris mengatakan bahwa analisis mereka adalah yang pertama mengeksplorasi bagaimana berbagai jenis stres kronis berhubungan dengan penanda kesehatan pada kelompok lansia.

Dilansir dari Science Alert, data untuk penelitian ini mencakup hampir 5.000 orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun.

Dari keenam penyebab stres umum yang diteliti dalam kelompok ini – termasuk tekanan keuangan, pengasuhan anak, kecacatan, kehilangan, penyakit, dan perceraian – tekanan keuangan dikaitkan dengan kesehatan yang paling berisiko dalam jangka panjang.

Indikator Stres

Profil risiko ini ditentukan dengan menggunakan empat biomarker dalam darah: kortisol, yang merupakan hormon yang diproduksi sebagai respons terhadap stres, protein C-reaktif (CRP) dan fibrinogen, yang merupakan pemain kekebalan yang merespons peradangan, dan faktor pertumbuhan insulin-1. (IGF-1), yang terkait dengan penuaan dan umur panjang.

Peserta penelitian yang dilaporkan mengalami stres secara umum, 61 persen dalam kategori risiko tinggi dibandingkan kategori risiko sedang atau rendah setelah empat tahun masa tindak lanjut.

Namun, orang-orang yang stres karena keuangan saja, hampir 60 persen lebih mungkin menunjukkan risiko tinggi empat tahun kemudian.

Untuk setiap tekanan tambahan, seperti perceraian, kemungkinannya melonjak sebesar 19 persen.

Asosiasi ini tetap signifikan terlepas dari faktor genetika, sosial ekonomi, usia, jenis kelamin, atau gaya hidup.

“Kami menemukan bahwa tekanan finansial paling merugikan kesehatan biologis, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hal ini secara pasti,” kata ahli epidemiologi Odessa Hamilton dari UCL.

“Ini mungkin karena bentuk stres ini dapat menyerang banyak aspek kehidupan kita, menyebabkan konflik keluarga, pengucilan sosial, dan bahkan kelaparan atau tuna wisma,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: science alert