Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Pendapat Ulama

Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Pendapat Ulama

Isra Miraj 2024-Tanggal berapa dan jadwal-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Isra Mi’raj 2024 tanggal berapa?

Salah satu peristiwa penting yang terjadi pada bulan Rajab adalah Isra Mi’raj.

Tahun 2024 ini, Isra Mi’raj tanggal berapa?

Dikutip dari laman NU Online, Isra mengandung pengertian perjalanan malam, dan Mi’raj adalah naik ke atas dengan tangga.

Dalam peristiwa tersebut diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem).

Kemudian dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha (suatu tempat gaib yang tidak mungkin ditangkap pancaindera).

Seperti banyak diketahui, Isra’ Mi’raj diperingati pada tanggal 27 Rajab.

Di negara kita, pada tanggalan tahun Masehi yang bertepatan dengan 27 Rajab kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Apakah kita dapat memastikannya peristiwa Isra’ Mi’raj benar terjadi pada 27 Rajab tersebut?

BACA JUGA:2 Perjalanan Nabi Muhammad SAW Penuh Hikmah saat Isra Miraj, Intip 5 Tradisi Perayaannya di Indonesia

Para ulama ternyata berbeda pendapat tentang kapan terjadinya Isra’ Mi’raj. Sofiyurrahman Al-Mubarakfuri dalam Rakhiqul Makhtum-nya menyebutkan enam macam pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra dan Miraj. 

Meski begitu, tidak ada satupun yang pasti kebenarannya. Hal ini didukung oleh Al-Aini dalam Umdatul Qari-nya dan An-Nawawi dalam Al-Minhaj-nya yang menyebutkan beberapa tanggal terjadinya Isra’ dan Mi’raj, seperti dilansir dari NU Online.

Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa Isra’ dan Mi’raj terjadi pada tahun kedua setelah diutusnya Nabi Muhammad sebagai Nabi.

Kedua, Isra’ dan Mi’raj terjadi pada tahun ke-5 setelah diutusnya nabi. Pendapat ini diamini oleh An-Nawawi dan Al-Qurthuby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu online